Bikin Haru, Viral Perjuangan Dokter Selamatkan Bayi yang Reaktif Covid-19

Oleh Ignatia Ivani pada 08 Jan 2021, 16:00 WIB
Diperbarui 08 Jan 2021, 16:00 WIB
Perjuangan seorang dokter menyelamatkan nyawa bayi.
Perbesar
(@chilmiarosilanda/tiktok.com)

Liputan6.com, Jakarta - Saat ini menjadi saat yang paling sibuk sekaligus melelahkan bagi para dokter di seluruh dunia. Bahkan hampir seluruh waktu, tenaga, dan pikiran dikerahkan demi memulihkan kondisi para pasien dari virus Corona COVID-19

Nyawa mereka pun turut dikorbankan saat bergulat dengan ganasnya virus COVID-19. Tak kenal lelah, sebagai garda terdepan mereka terus berusaha semampunya untuk menyembuhkan para pasien.

Berbagai cara pun dilakukan demi menyelamatkan nyawa para pasiennya. Belum lama ini beredar video yang menunjukkan perjuangan seorang dokter yang berjuang menyelamatkan nyawa seorang bayi. 

Sebuah akun Tiktok @chilmiarosilanda menunjukkan perjuangan seorang dokter spesialis kandungan yang diketahui bernama dr. Edison berusaha menyelamatkan nyawa bayi mungil yang reaktif COVID-19. 

2 dari 5 halaman

Melakukan Proses CPR

Perjuangan seorang dokter menyelamatkan nyawa bayi.
Perbesar
(@chilmiarosilanda/tiktok.com)

Insiden ini terjadi ketika sistem pernapasan bayi itu terhenti. Dokter yang buka praktik di RS Wijayakusuma, Lumajang, itu langsung ambil tindakan darurat melakukan CPR pada bayi tersebut.

Selama dua jam dr. Edison setia menunggu respon dari bayi itu tanpa mau digantikan oleh staf medisnya. Sesekali, ia mengecek selang oksigen yang dimasukkan ke dalam mulut si bayi. Beruntung, secara perlahan pasien bayi mulai menunjukkan tanda-tanda bernapas hingga bisa napas secara teratur.

 

3 dari 5 halaman

Perjuangannya

@chilmiarosilanda

ngedit sambil nangis , 🥲

♬ Demi Raga Yang Lain - Eka Gustiwana & Yessiel Trivena
4 dari 5 halaman

Respon Warganet

Unggahan perjuangan seorang dokter menyelamatkan seorang bayi mungil itu mengundang simpati warganet. Sebagian dari mereka ikut mendoakan dokter beserta timnya agar selalu diberikan kesehatan.

"Sampaikan ke dr.edison, semua netijen mendoakan beliau selalu sehat & kuat. Semangat para nakes," tulis akun @AdSha.

"Dokter berhati malaikat semoga doa netizen bersama dokter dan sehat selalu 🙏🏾🙏🏾🙏🏾," ujar akun @oeoen271.

"Insyaalloh semua dokter & nakes selalu sehat-sehat. Aamiin allohumma aamiin 🥰," balas akun @vitri ria.

"Tiap bulan kontrol ke dr.edison meskipun antriannya panjang..dokter yang super duper suabar poll, sehat terus dok🙏," kata akun @imandaapristia.

"Tanggung jawabmu benar-benar kamu laksanakan, sehat selalu dr.edison, engkau tau harapan terbesar seorang ibu setelah melahirkan adalah melihat anak baik-baik saja," ungkap akun @Yuliana Tuka. 

5 dari 5 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓