Sukses

Deretan Resep Olahan Ayam Lezat yang Bisa Anda Lihat di Vidio

Banyak sekali berbagai macam resep makanan yang bisa dibuat dan langsung dipraktekkan di rumah. Salah satunya adalah resep olahan ayam yang lezat.

Liputan6.com, Jakarta - Buat Anda yang masih harus di rumah saja, mungkin sudah mulai bingung mengisi kegiatan apalagi yang menyenangkan? Memasak dengan resep makanan yang praktis dan mudah bisa menjadi salah satu alternatif kegiatan menyenangkan.

Banyak sekali berbagai macam resep makanan yang bisa dibuat dan langsung dipraktikkan di rumah.

Salah satunya adalah resep olahan ayam yang lezat. Resep ini sangat praktis dan bahan-bahannya pun tidak sulit untuk dicari, sehingga memudahkan Anda untuk membuatnya dimana saja.

Apalagi di rumah, mungkin Anda bosan disuguhkan dengan hidangan yang itu-itu saja. Dengan resep makanan ini, Anda bisa membuat kreasi makanan dari olahan ayam yang lezat dan nikmat. Ini juga bisa menjadi hidangan sarapan, makan siang serta malam.

Nah, berikut ini sederet resep makanan berbahan dasar ayam yang bisa Anda praktikkan di rumah dengan bahan yang simpel dan proses membuatnya yang mudah. 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Ayam Besengek

Olahan ayam yang satu ini mungkin patut dicoba di rumah sebagai makan siang Anda. Resep ayam besengek ini merupakan hidangan khas Jepara. Ini cocok sekali untuk Anda yang ingin makan ayam dengan sensasi yang berbeda.

Cukup siapkan bahan-bahan seperti satu ekor ayam yang dibagi menjadi delapan potongan. Kemudian, siapkan juga bumbu-bumbu seperti lengkuas, serai, daun jeruk, santan, gula merah, merica, garam, asam jawa serta parutan kelapa.

Cara membuatnya pun cukup mudah, pertama aduk rata potongan ayam dan bumbu perendam. Diamkan selama 30 menit kemudian tiriskan. Selanjutnya, Bakar ayam dengan menggunakan grill pan hingga berubah warna dan harum.

Lalu tumis bumbu halus, serai, dan daun jeruk hingga harum. ⁣Masukkan ayam, santan, gula merah, garam, merica, air asam jawa dan kelapa parut, aduk rata. Masak hingga minyak dari santan keluar. Angkat. Sajikan hangat.⁣

3 dari 4 halaman

2. Opor Ayam

Hidangan ini mungkin sudah tidak asing bagi kita semua, karena biasanya tersaji saat hari raya tiba. Nah, resep opor ayam ini sangat mudah dibuat sebenarnya dan tidak membutuhkan bahan yang rumit pula.

Cukup siapkan bahan yang terdiri dari ayam, kemudian daun salam, bawang merah dan putih, ketumbar, jahe, serta kunyit sebagai bumbunya. Selanjutnya, siapkan pula santan, air, garam dan gula sebagai pelengkap.

Cara membuatnya, yang pertama haluskan semua bumbu hingga halus. Kemudian tumis bumbu yang sudah dihaluskan dengan minyak secukupnya. Setelah itu, masukkan ketumbar, daun salam dan sereh. Tambahkan air dan santan, serta terakhir masukan ayam kemudian tunggu hingga matang.

4 dari 4 halaman

3. Soto Ayam

Soto ayam bisa menjadi hidangan yang menyegarkan dikala sedang tidak bergairah. Resep soto ayam ini pun sangat mudah dibuat dan dipraktekkan di rumah. Memasaknya pun tidak membutuhkan waktu yang lama.

Cukup sediakan bahan yang terdiri dari ayam, kemudian siapkan bawang merah dan putih, jahe serta kunyit sebagai bumbunya. Untuk pelengkapnya bisa siapkan tomat, tauge, kol telur rebus dan bawang.

Cara membuatnya cukup mudah, cukup campur semua bahan-bahan untuk bumbunya kemudian haluskan setelah itu tumis dengan secukup minyak hingga matang. Rebus ayam dan tambahkan garam, setelah setengah matang masukan bumbu yang sudah ditumis tadi dan tunggu hingga ayam empuk. 

Selanjutnya rebus secara cepat kol dan taugenya agar lebih nikmat ketika dimakan. Nah, setelah semua matang satukan semua sayuran, telur rebus dan bawang goreng secukupnya. Kemudian ayam yang sudah direbus tadi bisa disuir dan ditambahkan ke dalam sayuran. Tak lupa campurkan dengan kuah rebusan soto ayamnya.

Nah, itu dia sederet resep olahan ayam yang bisa dibuat di rumah dengan mudah dan praktis. Untuk yang mau lihat lengkapnya bisa saksikan semua videonya di platform streaming Vidio. Segera download dan berlangganan Vidio Premier untuk melihat kreasi resep masakan lezat lainnya!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.