Sukses

Ini 5 Keuntungan Punya Teman yang Usianya Lebih Tua Darimu

Keuntungan ini bisa kamu dapatkan saat berteman dengan mereka yang usianya lebih tua darimu.

Liputan6.com, Jakarta Teman atau sahabat menjadi salah satu hal penting dalam hidup seseorang. Pasalnya, manusia diciptakan sebagai makhluk sosial yang membutuhkan manusia lainnya.

Umumnya, sebagian orang akan memilih berteman dengan orang-orang yang sebaya atau seumuran dengannya. Namun, tak sedikit pula yang memilih untuk berteman dengan orang yang usianya jauh lebih tua atau lebih mudah darinya.

Bahkan sebuah penelitian yang terbit dalam AARPP Research menyebutkan bahwa hampir 93% orang mengaku berteman dengan orang-orang yang memiliki perbedaan usia yang jauh berbeda memiliki beberapa manfaat.

Nah, berikut 5 manfaat yang bisa kamu dapatkan saat berteman atau bersahabat dengan seseorang yang memiliki rentang usia lebih tua dari Anda.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Memperluas sudut pandang

Umumnya saat berkumpul atau nongkrong dengan teman sebaya, pokok bahasan obrolan hanya itu-itu saja. Berbeda halnya ketika kamu bergaul dengan mereka yang lebih tua. Pasalnya, secara sadar atau tidak pengetahuan dan sudut pandang kamu akan bertambah luas.

3 dari 6 halaman

2. Santai menghadapi masa depan

Memiliki teman yang usianya jauh berada di atasmu, secara tak langsung akan memberikan kamu pandangan mengenai kehidupan di masa depan.

Tak jarang mereka akan menceritakan berbagai pengalamannya yang lebih dulu menyikapi persoalan-persoalan di ranah orang dewasa. Hal tersebut tentu membantu dan membuat kamu belajar sehingga nantinya tak akan kaget lagi.

4 dari 6 halaman

3. Harimu akan jauh dari drama tak penting

Tak ada salahnya berteman dengan mereka yang sebaya denganmu. Hanya saja, emosi yang masih berada di level yang sama tak jarang menciptakan perselisihan sehingga berujung drama.

Berbeda hal nya ketika kamu adalah anggota paling muda, tentu kamu akan diperlakukan sedikit lebih spesial. Pasalnya, mereka akan mudah memaklumi emosimu yang belum stabil dan memilih mengalah ketimbang berdebat.

5 dari 6 halaman

4. Membuatmu lebih dewasa

Seperti kata pepatah, berteman dengan tukang minyak akan membuatmu bau minyak, sedangkan berteman dengan tukang minyak wangi akan membuat dirimu ikut wangi.

Hal ini juga berlaku ketika kamu berteman dengan mereka yang lebih tua. Meskipun kamu yang paling muda di antara mereka, tak dapat dipungkiri berkumpul dengan orang yang lebih tua atau dewasa membuat dirimu juga menjadi bersikap lebih dewasa dari seharusnya tanpa disadari.

6 dari 6 halaman

5. Mendapat rasa aman

Tak jarang berteman dengan orang yang lebih muda membuat mereka akan bergantung padamu. Namun, hal sebaliknya terjadi saat kamu berteman dengan orang yang lebih tua. Mereka akan memberikan rasa aman dan setidaknya kamu bisa saling bertukar pikiran saat sedang mengalami masalah.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.