7 Perayaan Tahun Baru Unik dari Berbagai Penjuru Dunia

Oleh Camelia pada 01 Jan 2021, 16:01 WIB
Diperbarui 01 Jan 2021, 16:01 WIB
Ilustrasi Tahun Baru
Perbesar
Ilustrasi Tahun Baru (Image by Anja🤗#helpinghands #solidarity#stays healthy🙏 from Pixabay)

Liputan6.com, Jakarta Di beberapa negara termasuk Indonesia, perayaan Tahun Baru identik dengan memasang kembang api dan juga berkumpul bersama orang-orang terdekat. Namun rupanya ada banyak negara yang memiliki perayaan tahun baru cukup berbeda dan unik.

 

Beberapa negara seperti Ekuador, Jepang, dan Denmark memiliki tradisi paling tidak biasa ketika merayakan malam Tahun Baru.

Tak hanya itu masih ada beberapa negara lainnya yang juga memiliki tradisi perayaan tahun baru unik yang mungkin belum kalian ketahui. Dikutip dari Mirror, berikut ulasannya.

2 dari 9 halaman

Ekuador - Membakar Orang-orangan Sawah

Ilustrasi Orang-Orangan Sawah
Perbesar
Ilustrasi orang-orangan sawah (@hls44/Unsplash).

Untuk menghalau nasib buruk atau hal buruk yang telah terjadi selama 12 bulan terakhir, warga Ekuador membakar orang-orangan sawah yang dipenuhi kertas pada tengah malam di Malam Tahun Baru. Mereka juga membakar foto hal-hal yang mewakili tahun lalu.

3 dari 9 halaman

Denmark - Memecahkan Piring

piring
Perbesar
ilustrasi piring/Photo by Brooke Lark on Unsplash

Ternyata, bukan hanya orang Yunani yang senang menghancurkan barang pecah belah selama acara perayaan. Orang Denmark juga melemparkan piring-piring tak terpakai yang telah disimpan sepanjang tahun di depan pintu keluarga dan teman-teman pada Malam Tahun Baru.

4 dari 9 halaman

Jepang - Membunyikan Lonceng 108 Kali

Tempat Wisata di Osaka Jepang
Perbesar
Tempat Wisata di Osaka Jepang (Sumber: Pixabay)

Di Jepang, lonceng dibunyikan 108 kali dalam tradisi Budha yang diyakini bisa menghapus semua dosa manusia dalam setahun terakhir. Anda juga ikatakan akan mendapatkan keberuntungan jika tersenyum atau tertawa menjelang Tahun Baru.

5 dari 9 halaman

Filipina - Mengenakan Benda Berbentuk Bulat

Dekor
Perbesar
Mural motif polka dots untuk ubah suasana kamar kos Anda. (dok. pixabay.com/Asnida Riani)

Berharap membawa kemakmuran dan kekayaan untuk tahun depan, orang Filipina mengelilingi diri mereka dengan benda-benda bulat pada Malam Tahun Baru. Hal yang dilakukan antara lain mengonsumsi anggur, menyimpan koin di saku dan mengenakan pakaian dengan bintik-bintik.

6 dari 9 halaman

Italia - Melempar Furnitur Keluar Jendela

Meja kayu
Perbesar
Ilustrasi meja kayu. Sumber: Pixabay

Pada Malam Tahun Baru di beberapa bagian Italia, membuang furnitur lama dari balkon merupakan tradisi untuk melambangkan awal yang baru untuk tahun depan. Meski untuk mencegah cedera, sebagian besar penduduk setempat hanya melempar benda kecil dan lunak.

7 dari 9 halaman

Amerika Selatan - Pakaian Dalam Berwarna

Ilustrasi
Perbesar
Ilustrasi pakaian yang dijemur. (dok. unsplash.com/Asnida Riani)

Di negara-negara Amerika Selatan seperti Meksiko, Bolivia, dan Brasil, keberuntungan Anda untuk tahun depan ditentukan oleh warna pakaian dalam Anda. Mereka yang ingin mencari cinta mengenakan celana dalam warna merah untuk Tahun Baru, sementara mereka yang mengharapkan kekayaan harus memilih warna kuning. Jika Anda hanya mencari kedamaian, celana putih sudah cukup.

8 dari 9 halaman

Rumania - Berbicara dengan Binatang

Ilustrasi Hewan Peliharaan
Perbesar
Simak hewan apa saja yang ternyata harus memiliki paspor di sejumlah negara. (Foto: Unsplash)

Petani Rumania menghabiskan Tahun Baru mereka untuk mencoba berkomunikasi dengan ternak mereka, hal ini dipercaya dapat memberikan keberuntungan.

9 dari 9 halaman

Saksikan Video di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓