Sukses

Deretan Alasan Mengapa Kucing Suka Menggigiti Kaki Manusia

Rupanya ada beberapa alasan yang menyebabkan kucing senang menggigiti kaki manusia, berikut ulasannya.

Liputan6.com, Jakarta - Kucing menjadi salah satu hewan yang digemari banyak individu. Tak heran banyak individu yang memilih kucing sebagai hewan peliharaan mereka. Belum lagi tingkahnya yang menggemaskan membuat kita selalu senang bermain dengan kucing.

Bagi Anda yang memelihara kucing, mungkin sudah tak asing dengan salah satu kebiasaannya yang gemar menggigiti kaki Anda.

Mungkin banyak yang belum tahu rupanya ada beberapa alasan yang menyebabkan kucing senang menggigiti kaki manusia. Melansir dari Brightside, Jumat (1/1/2021), berikut ulasannya.

1. Bosan

Salah satu alasan utama kucing menggigit kaki Anda adalah karena kebosanan. Naluri berburu yang melekat pada semua kucing membuat mereka secara alami ingin menangkap semua yang mereka lihat saat berada di luar rumah.

Dan jika kucing Anda menghabiskan banyak waktu sendirian atau Anda tidak cukup memperhatikannya, kemungkinan besar dia akan mencoba mengejar Anda. Itu karena bermain adalah cara untuk merangsang insting berburu mereka.

Jika kucing Anda harus mengembangkan naluri berburu sendiri, kaki atau pergelangan kaki Anda adalah “mangsa” yang tepat untuk dikejar karena mudah diakses dan selalu bergerak. Dengan cara ini, kucing akan senang mencoba menangkap Anda, dan pada saat yang sama, mereka akan memastikan Anda memperhatikan kebutuhannya.

Untuk mencegah hal ini terjadi, cobalah untuk sering bermain dengan kucing dan jika tidak bisa, berikan mainan yang aman yang dapat membantunya tetap terhibur sepanjang hari.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Sedang Merasakan Kegembiraan yang Berlebihan

Hewan peliharaan sering kali tidak tahu cara mengelola energi dan kegembiraan berlebih mereka. Ini mungkin menjadi alasan di balik kucing Anda yang secara tiba-tiba menukik untuk menggigit kaki Anda ketika terjadi sesuatu yang membuat mereka sangat bahagia.

Pikirkan saat kucing Anda menggigit kaki Anda. Ini mungkin saat-saat ketika Anda bermain-main dengan mereka atau menawarkan mereka suguhan spesial yang sangat mereka sukai.

Meskipun penyebab masalah ini tidak selalu buruk, sangat penting bagi Anda untuk mengajari kucing Anda bahwa menyakiti Anda bukanlah hal yang baik. Untuk memperbaiki perilaku ini, Anda dapat menggunakan penguatan positif.

Saat kucing menggigit kaki Anda karena kegembiraan, hentikan apa yang Anda lakukan, apakah itu memberi makan atau bermain dengannya. Kemudian bantu kucing untuk tenang, dan saat mereka tenang beri dia hadiah dengan bermain lagi atau memberinya camilan.

3 dari 4 halaman

3. Sakit

Jika kucing Anda menggigit kaki Anda saat Anda sedang tidur atau sedang beristirahat, Anda disarankan untuk memeriksa kesehatan kucing Anda. Pastikan kucing Anda tidak mengalami cedera atau tidak merasa sakit.

Saat kucing merasa tidak nyaman atau sakit, mereka mencari perhatian Anda. Mereka mencoba memperingatkan Anda bahwa mereka membutuhkan bantuan Anda, dan salah satu dari banyak cara mereka melakukannya adalah dengan menggigit kaki Anda.

4 dari 4 halaman

4. Miliki Perilaku Agresif

Beberapa kucing menggigit kaki atau pergelangan kaki Anda hanya karena mereka agresif. Ini mungkin karena masalah sosialisasi yang mereka alami sejak mereka kecil atau lingkungan yang menimbulkan stres bagi mereka.

Jika kucing Anda berada dalam salah satu situasi ini, mereka dapat menyerang Anda sebagai bentuk pertahanan diri.

Jika Anda berada dalam situasi di mana kucing Anda menggigit kaki Anda karena stres, sebaiknya hubungi dokter hewan atau ahli etologi kucing sesegera mungkin. Mereka akan dapat memberikan saran dan membantu Anda mengidentifikasi sumber spesifik agresi kucing Anda.

Jika kucing Anda sangat agresif atau gigitannya menyebabkan cedera serius, Anda juga harus mencari pertolongan medis segera setelah Anda digigit. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.