Sukses

Tak Banyak yang Tahu, Ini 5 Manfaat Jika Anda Sarapan Cokelat

Tahukah kalian bahwa ada banyak manfaat yang bisa didapatkan jika sarapan dengan cokelat?

Liputan6.com, Jakarta - Cokelat menjadi salah satu camilan yang digemari banyak individu. Tak hanya anak-anak, orang dewasa juga senang makan cokelat. Rupanya tak hanya rasanya yang nikmat, cokelat juga memberikan banyak manfaat bagi tubuh lo, apalagi jika dimakan saat sarapan.

Ya, mungkin tak banyak yang tahu bahwa ada banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan jika sarapan dengan cokelat. Melansir dari Brightside, Kamis (31/12/2020), berikut deretan ulasannya.

1. Meningkatkan Kemampuan Otak

Individu yang makan cokelat hitam atau dark chocolate setidaknya sekali seminggu cenderung memiliki kemampuan lebih baik dalam berbagai tes mental dan memori. Hal ini bisa dikarenakan kandungan flavanol dalam kakao meningkatkan aliran darah ke otak dan berkumpul di bagian otak yang bertanggung jawab untuk belajar dan mengingat.

Jadi, jika Anda ingin memberikan sedikit dorongan pada otak terutama sebelum ujian, cobalah untuk makan cokelat di pagi hari.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Membantu Mengatur Nafsu Makan

Siapa bilang makan cokelat bikin tubuh gemuk? Makan cokelat dalam takaran yang pas justru dapat membantu mengatur nafsu makan Anda dan mengurangi risiko makan berlebihan.

Penelitian menunjukkan bahwa sarapan berkalori tinggi yang melibatkan cokelat membantu memangkas kalori sepanjang hari.

3 dari 5 halaman

3. Tingkatkan Mood

Pagi hari menjadi waktu yang tepat untuk menempatkan diri Anda dalam suasana hati yang baik di awal hari. Cokelat dapat meningkatkan mood Anda dan meningkatkan perasaan positif.

Makan cokelat dapat merangsang produksi ‘hormon bahagia’ yang meliputi endorfin, serotonin dan dopamin. Cokelat juga terkenal karena efek antidepresannya

4 dari 5 halaman

4. Baik untuk Kesehatan

Ternyata individu yang makan lebih banyak cokelat setiap harinya memiliki risiko lebih rendah terkena penyakit jantung dan stroke.

Makan cokelat hitam bahkan dikatakan sebagai ‘latihan olahraga’ yang bagus untuk jantung lantaran dapat menurunkan tekanan darah dan membantu pembuluh darah untuk rileks berkat oksida nitrat yang diproduksi oleh flavonoid.

Cokelat hitam dalam jumlah sehat yang kaya akan kakao juga dapat meningkatkan cara tubuh kita memproses glukosa, sehingga membantu melawan diabetes. Terakhir, cokelat hitam dapat menurunkan kadar kolesterol LDL "jahat," yang dapat menyumbat arteri dalam jumlah tinggi dan meningkatkan kadar kolesterol HDL "baik."

5 dari 5 halaman

5. Buat Tubuh Terjaga

Sama seperti biji kopi dan teh, cokelat juga mengandung kafein. Jumlahnya dapat bervariasi, tetapi biasanya, cokelat yang lebih pekat mengandung lebih banyak kafein di dalamnya sedangkan cokelat putih tidak mengandung kafein.

Seperti makanan berkafein lainnya, cokelat membuat tubuh Anda lebih segar dan terjaga. Bahan kimia lain dari kakao adalah theobromine yang memberi coklat rasa pahit dan dapat meningkatkan tingkat energi Anda persis seperti yang Anda butuhkan di pagi hari.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.