Sukses

7 Cara Mudah dan Cepat Mengecilkan Pori-Pori Kulit Wajah

Anda bisa melakukan beberapa cara sederhana untuk mengecilkan pori-pori wajah.

Liputan6.com, Jakarta - Memiliki kulit wajah mulus dan sehat tentu diidamkan setiap individu. Pori-pori besar pada kulit wajah tentu akan membuat Anda tidak percaya diri. 

Adanya penumpukan sebum atau minyak pada kulit wajah menjadi salah satu faktor penyebab timbulnya pori-pori besar.

Para ilmuwan mengatakan bahwa gen juga menjadi faktor penyebab adanya perubahan pada ukuran pori-pori. Meskipun saat ini sudah banyak produk makeup yang mampu mengecilkan pori-pori kulit wajah, namun hal itu akan menjadi sia-sia jika Anda salah mengaplikasikannya.

Lebih baik Anda melakukan perawatan kulit sesuai anjuran dokter. Tapi, Anda juga bisa melakukan perawatan sederhana di rumah. 

Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan di rumah untuk mengecilkan pori-pori wajah, seperti melansir dari Bright Side, Selasa (29/12/2020).

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini :

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

1. Pakai sabun cuci muka yang mengandung pH alami

Sabun cuci muka menjadi salah satu point penting untuk perawatan kulit wajah. Namun, sangat penting bagi Anda untuk memeriksa kandungan pH sebelum membeli sabun cuci muka.

Sebelum membeli, pastikan sabun cuci muka Anda memiliki pH sekitar 4,7 hingga 5,75.

3 dari 8 halaman

2. Hindari menggunakan krim pagi atau siang pada hidung yang berminyak

Jika Anda masih menggunakan krim pagi atau siang di area hidung berminyak atau mempunyai komedo, mulai sekarang Anda harus stop lakukan itu.

Para dokter kulit tidak menyarankan cara tersebut. Sebab, akan menyebabkan pori-pori Anda menjadi lebih besar.

4 dari 8 halaman

3. Gunakan oil-free sunscreen

Untuk tipe kulit berminyak, sangat disarankan untuk menggunakan sunscreen yang bebas minyak dan hindari waterproof sunscreen.

Sementara itu, bagi Anda dengan tipe kulit kering, gunakan sunscreen yang ringan dan tidak berminyak.

5 dari 8 halaman

4. Gunakan skincare yang mengandung glycolic acid

Glycolic acid diklaim mampu membersihkan minyak dan sel kulit mati yang menyumbat pori-pori. Menggunakan skincare yang mengandung glycolic acid bisa diaplikasikan ke berbagai jenis kulit.

6 dari 8 halaman

5. Hindari terlalu banyak mengonsumsi susu

Jika Anda sudah terbiasa minum susu setiap harinya, dokter kulit menyarankan agar membatasi konsumsi susu maksimal 200 ml per hari. Sebab, susu sapi mengandung hormon pertumbuhan yang membuat pori-pori Anda membesar.

7 dari 8 halaman

6. Pilih metode eksfoliasi yang tepat

Jika Anda memiliki jenis kulit sensitif, kering dan mudah berjerawat, lebih baik gunakan exfoliator yang berbahan ringan.

Sementara itu, jika jenis kulit Anda tebal, berminyak, tidak memiliki bintik-bintik hitam dan berkulit cerah, coba pilih exfoliator yang berbahan kuat.

8 dari 8 halaman

7. Cuci muka 2 kali sehari dengan air hangat

Air hangat berfungsi untuk membuka pori-pori yang tersumbat. Untuk itu, coba cuci muka Anda saat pagi dan malam hari sebelum tidur dengan menggunakan air hangat. 

Penulis:

Syifa Aulia

UPN Veteran Jakarta

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.