Patut Dicoba, 6 Bahan Alami Ini Bantu Atasi Masalah Jerawat di Wajah

Oleh Yulia Lisnawati pada 29 Des 2020, 10:00 WIB
Diperbarui 29 Des 2020, 10:00 WIB
Menjadikan Kondisi Wajah Berjerawat Sebagai Bahan Candaan
Perbesar
Ilustrasi Kulit Berjerawat Credit: pexels.com/pixabay

Liputan6.com, Jakarta - Jerawat menjadi salah satu masalah kulit yang lumrah dialami individu. Kemunculan jerawat di wajah tentu sangat mengganggu, bahkan bisa mengurangi kepercayaan diri seseorang.

Ketimbang mencoba obat-obatan kimiawi, alangkah baiknya mencoba bahan-bahan alami untuk mengatasi masalah jerawat di wajah Anda.

Beberapa bahan alami ini memiliki khasiat peremajaan kulit dan menyembuhkan kulit dari berbagai masalah, seperti jerawat. Nah, berikut beberapa bahan alami yang mampu atasi masalah jerawat di kulit seperti melansir dari Boldsky, Selasa (28/12/2020).

1. Madu

Ilustrasi madu
Perbesar
Beyonce rela memelihara ribuan lebah demi khasiat madu (Dok.Unsplash/ Arwin Neil Baichoo)

Madu menjadi salah satu yang ampuh atasi masalah kulit wajah. Madu tidak hanya memberi nutrisi pada kulit, tapi juga bisa mengangkat bakteri dari wajah Anda. Oleh karena itu, madu dianggap sebagai salah satu pengobatan terbaik untuk jerawat.

Hal yang perlu butuhkan hanya madu. Pertama-tama cuci muka Anda seperti biasa dan keringkan. Lalu oleskan madu pada jerawat di wajahmu. Kemudian biarkan semalaman dan cuci bersih di pagi hari.

2 dari 7 halaman

2. Teh Hijau

Teh hijau
Perbesar
Ilustrasi teh hijau yang bagus untuk hilangkan bekas jerawat. (unsplash.com/Rawpixel).

Teh hijau penuh dengan antioksidan yang melawan radikal bebas untuk menyembuhkan kulit dan meningkatkan regenerasi kulit. Sifat anti-inflamasi teh hijaau membantu meredakan kulit yang meradang akibat jerawat.

Selain itu, polifenol yang ditemukan dalam teh hijau terbukti efektif melawan jerawat.

Yang Anda butuhkan 1-2 kantong teh hijau, kapas dan satu cangkir air panas. Selanjutnya, seduh teh dalam air panas tersebut. Biarkan the dingin hingga mencapai suhu kamar.

Lalu, celupkan kapas pada air teh itu dan oleskan pada bagian yang berjerawat. Biarkan semalaman dan bilas di pagi hari.

3 dari 7 halaman

3. Lidah Buaya

Ilustrasi Lidah Buaya
Perbesar
Ilustrasi lidah buaya (dok. Pixabay.com/Putu Elmira)

Untuk jerawat yang meradang dan agresif, lidah buaya menjadi solusinya. Lidah buaya memiliki kandungan antibakteri, anti-inflamasi, antioksidan dan antiseptik yang semuanya memberikan efek anti-jerawat dan juga membantu Anda mendapatkan kulit impian. 

Yang Anda butuhkan hanya gel lidah buaya. Pertama-tama cuci muka dan keringkan. Lalu oleskan gel lidah buaya pada jerawat Anda. Biarkan semaleman dan cuci bersih di pagi hari.

4 dari 7 halaman

4. Kayu Manis dan Madu

Kayu Manis dan Oatmeal
Perbesar
Ilustrasi Kayu Manis Credit: pexels.com/Mareefe

Efek anti-inflamasi dari kayu manis ditambah dengan sifat pelembab dan antibakteri dari madu menjadikan obat yang ampuh untuk mengatasi jerawat di wajah. 

Yang Anda butuhkan 2-3 sdm madu, 1 sdm bubuk kayu manis dan kapas. Lalu campurkan kedua bahan dalam mangkuk. Gunakan kapas untuk mengoleskan campuran itu pada jerawat Anda. Biarkan selama 10-15 menit dan bilas hingga bersih.

5 dari 7 halaman

5. Jus Lemon

ilustrasi jus lemon untuk menjaga sistem imun tubuh/pixabay
Perbesar
ilustrasi jus lemon untuk menjaga sistem imun tubuh/pixabay

Lemon sangat baik bagi individu pemilik kulit berminyak. Bahan alami ini mengandung sifat antibakteri yang mengusir bakteri dan mengeringkan jerawat. Selain itu, vitamin C dalam lemon meningkatkan produksi kolagen di kulit sehingga membuatnya halus. 

Meski lemon menjadi obat yang bagus untuk jerawat, lemon bisa berdampak keras dan kulit Anda. Anda juga bisa mengencerkan perasan lemon dengan air sebelum diaplikasikan untuk meredam efek keras lemon.

Jika Anda memiliki kulit yang sangat sensitif, Anda tidak perlu menggunakan perawatan ini. 

Yang Anda butuhkan, hanya perasan lemon sesuai kebutuhan. Lalu oleskan perasan lemon langsung pada jerawat Anda menggunakan kapas. Biarkan selama beberapa detik dan bilas sampai bersih menggunakan air hangat.

6 dari 7 halaman

6. Es Batu

Ilustrasi Es Batu
Perbesar
Ilustrasi es batu (dok. Pixabay.com/Putu Elmira)

Efek menyejukkan dan mendinginkan dari es terbukti bisa menenangkan jerawat dan meredakan nyeri dan ketidaknyamanan. 

Yang kamu butuhkan es batu secukupnya dan kain. Lalu bungkus es batu dengan lap tersebut. Kemudian gosok dan tekan es di kulit yang berjerawat sampai kulit Anda kebal atau mati rasa. Biarkan kulit Anda mengering dengan sendirinya.

7 dari 7 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓