Sukses

7 Alasan di Balik Kucing Suka Menjilati Tubuhnya

Seekor kucing dewasa bisa menghabiskan 50 persen waktunya untuk perawatan diri dengan menjilat tubuhnya.

Liputan6.com, Jakarta Meskipun berada di mana saja, tidur sembarang tempat dan melakukan banyak aktivitas, sekilas tubuh dan bulu kucing tampak bersih. Mengapa bisa begitu? Ini karena kucing suka membersihkan dirinya dengan cara menjilat-jilat sendiri tubuhnya.

Dikutip dari readersdigest, seekor kucing dewasa menghabiskan 50 persen waktunya untuk perawatan diri dengan menjilat tubuhnya. Bukan sekadar perawatan sederhana, banyak alasan dibalik kebiasaan kucing menjilati tubuhnya tersebut.

1. Melindungi diri dari parasit

Secara alamiah, kucing membersihkan makanan dan penyebab bau lainnya sehingga tidak terdeteksi oleh hewan atau parasit seperti kutu yang berpotensi mengancam. Kotoran yang mudah dibersihkan akan disikat oleh lidah mereka, sementara kotoran yang sulit dan menempel di badan akan disingkirkan oleh giginya.

2. Mendinginkan diri

Menjilati tubuh merupakan salah satu cara kucing mendinginkan diri dan menjaga suhu tubuh tetap normal.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3. Jaga kehangatan bulu

Dengan menjilati dirinya sendiri, kucing membantu mendistribusikan minyak alami secara merata di sekitar bulunya. Minyak ini melindungi dari kelembapan dan menyegel panas.

4. Menjaga luka tetap bersih

Air liur kucing mengandung enzim yang mengubahnya menjadi antibiotik alami. Jika kucing menjilati luka, itu mungkin untuk mencegah infeksi. Jika, kucing Anda cedera sebaiknya segera temui dokter hewan untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut.

 

3 dari 4 halaman

5. Merangsang sirkulasi darah

Mirip dengan cara sikat rambut untuk  meningkatkan aliran darah di kulit kepala, lidah kucing Anda yang ditutupi bulu-bulu kecil. Menjilati bulu dan tubuh juga merupakan cara kucing untuk merangsang sirkulasi darah.

 

4 dari 4 halaman

6. Menjalin Persahabatan

Kucing yang dikenali akan saling merawat dan menjilati tubuh sebagai tanda kasih sayang. Anggap saja sebagai ciuman kucing, karena ini melibatkan pertukaran air liur dan rasa saling percaya.

Selain itu, seekor kucing dewasa juga menjilati anak-anaknya yang baru lahir untuk membantu anak menjaga tubuh tetap bersih, melatih kucing membersihkan diri, hingga memancing proses keluarnya urin dan feses anak kucing.

7. Bagian dari Relaksasi

Kucing merasa nyaman dalam ritual membersihkan diri dengan menjilati tubuhnya. Saat seekor kucing tengah menjilati tubuhnya sebaiknya tidak mengganggu. Ini penting agar dia bisa mendapatkan manfaat sebaik mungkin. 

Menjilati tubuhnya sendiri merupakan cara kucing merawat diri. Sebagai pemilik kucing kita hanya perlu memastikan tubuh dan bulunya tetap sehat dengan tanda-tanda bulu bersinar, tidak ada bintik hitam, tidak ada kebotakan dan tidak banyak lapisan kulit yang mati.

 

Untuk meningkatkan kualitas bulu kucing, cat lovers perlu memberikan makanan kucing yang mengandung bahan alami berkualitas, nutrisi penting, dan asam amino. Kamu bisa memberikan makanan kucing halal bernama Muezza.

Muezza dibuat dari bahan baku protein hewani seperti, tuna, salmon, ikan laut, dan mackerel. Bahan baku tersebut kaya akan taurin agar kucing kesayanganmu terhidar dari glaucoma, katarak, dan degenerasi retina.

Dan yang terpenting, proses pembuatan Muezza menggunakan teknologi modern, sehingga mampu menciptakan makanan yang proteinnya seimbang. Tidak kurang tidak lebih.

Beli Muezza di Shopee

Beli Muezza di Tokopedia

Selain memberikan makanan kucing terbaik, kamu juga perlu membuat aktivitas menyisir bulu dan memandikan kucing secara rutin, serta membawa kucing kesayangan ke dokter hewan untuk mengatasi masalah umum sekaligus memeriksakan kondisinya.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini