Sukses

4 Jenis Teh yang Membantu Merangsang Pertumbuhan Rambut

Nah, penasaran jenis teh apa saja yang cocok untuk mengatasi masalah pada rambut Anda?

Liputan6.com, Jakarta - Teh menjadi salah satu minuman favorit banyak individu yang biasa dinikmati pagi atau malam hari. Minum teh biasanya akan membantu Anda rileks dan menenangkan pikiran dan tubuh Anda. 

Namun, tahukah Anda jika secangkir teh bisa membantu pertumbuhan rambut Anda?

Banyak individu mengalami masalah pada rambutnya, termasuk pertumbuhan rambut yang tak baik. Untuk itu, berbagai produk dan perawatan dipilih untuk mengatasi masalah tersebut.

Namun, banyak pula individu yang memilih perawatan rumahan untuk mengatasi berbagai masalah kulit kepala dan rambut, serta merangsang pertumbuhan rambut. 

Nah, penasaran jenis teh apa saja yang cocok untuk mengatasi masalah pada rambut Anda? Berikut ulasannya seperti merangkum dari Boldsky, Rabu (23/12/2020).

1. Teh Hijau   

Tidak ada yang lebih baik daripada teh hijau untuk mengembalikan kilau rambut Anda. Karena kaya akan antioksidan, tak heran jika the hijau bisa mencegah kerusakan akibat radikal bebas dan stres oksidatif untuk menyehatkan kulit kepala dan memperkuat akar rambut. 

EGCG, katekin kuat yang ditemukan dalam teh hijau sangat membantu merangsang folikel rambut dan meningkatkan pertumbuhan rambut.

Yang kamu butuhkan hanya 1-2 kantong teh hijau dan 1 cangkir air panas. Lalu seduh teh tersebut ke dalam air panas tersebut. Biarkan terendam sealama sekitar 5 menit agar kandungan teh hijau meresap ke dalam air.

Kemudian biarkan air teh dingin hingga mencapai suhu kamar. Keramas rambut Anda dan peras kelebihan airnya. Lalu bilas kulit kepala dan rambut Anda dengan rebusan the hijau tersebut.

Biarkan selama 5-10 menit sebelum membilas rambut Anda untuk terakhir kalinya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Teh Jahe

Gingerol, antioksidan yang ada dalam jahe bisa melawan radikal bebas dan menjaga kulit kepala Anda tetap sehat dan segar. 

Selain itu, jahe juga membantu melancarkan sirkulasi darah di kulit kepala. Ini merangsang folikel rambut dan mendorong pertumbuhan rambut. 

Yang kamu butuhkan 1 ruas jahe kecil, 4 gelas air dan panci. Kupas jahe dan potong menjadi irisan tipis. Siapkan panci yang berisi air, masukkan potongan jahe ke dalamnya. Didihkan air dan biarkan mendidih selama 2-3 menit. 

Matikan api dan biarkan the menjadi dingin hingga mencapai suhu kamar. Saring ramuan tersebut dan simpan dalam toples kaca.

Keramas dan peras kelebihan airnya. Lalu, gunakan teh jahe untuk membilas kulit kepala dan rambut Anda secara menyeluruh. Biarkan selama beberapa menit sebelum akhirnya dibilas dengan air biasa.

3 dari 4 halaman

3. Teh Peppermint

 

Teh peppermint menjadi salah satu obat terbaik untuk rambut tipis. Mentol yang ada dalam teh peppermint membantu mengatur sekresi minyak di kulit kepala Anda, sehingga mencegah penyumbatan folikel rambut. 

Selain itu, ini juga membantu meningkatkan sirkulasi darah di kulit kepala untuk merangsang folikel rambut dan mendorong pertumbuhan rambut baru yang sehat.

Yang kamu butuhkan 2-4 kantong the peppermint dan 2 cangkir air. Lalu seduh teh dalam airpanas. Biarkan terdendam selama beberapa jam. 

Kemudian keramas rambut Anda seperti biasa dan peras kelebihan airnya. Bilas kulit kepala dan rambut Anda dengan teh peppermint. Biarkan selama 20-30 menit.

Selanjutnya, oleskan kondisioner ke ujung rambut Anda. Biarkan selama satu menit sebelum dibilas hingga bersih.

4 dari 4 halaman

4. Teh Rosemary

 

Teh rosemary menjadi penyelamat untuk berbagai masalah kulit kepala. Sifat antioksidan dan anti-inflamasi dari teh rosemary membantu menutrisi dan menenangkan kulit kepala serta mengobati rambut rontok. 

Selain itu, ini juga merangsang sirkulasi darah di kulit kepala untuk memicu folikel rambut dan meningkatkan pertumbuhan rambut. 

Yang Anda butuhkan 2 sdm daun rosemary kering, 2 gelas air, 1 sdt minyak esensial lavender dan panci. Lalu isi panci dengan air dan didihkan. Lalu masukkan daun rosemary, kecilkan api dan biarkan teh rosemary mendidih selama beberapa menit.

Matikan api dan biarkan teh menjadi dingin hingga mencapai suhu kamar. Saring teh dan masukkan dalam wadah. Lalu tambahkan minyak esensial lavender ke dalamnya dan aduk rata.

Kemudian keramas rambut Anda seperti biasa. Lalu tuangkan teh secara perlahan ke kulit kepala dan rambut Anda. Pijat kulit kepala Anda dengan lembut selama beberapa menit. Biarkan selama 15-20 menit lagi. Selanjutnya bilas hingga bersih.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.