5 Bahan Alami Ini Ampuh Hilangkan Bulu Ketiak Secara Permanen

Oleh Camelia pada 22 Des 2020, 09:00 WIB
Diperbarui 22 Des 2020, 09:00 WIB
ilustrasi ketiak/pixabay
Perbesar
ilustrasi ketiak/pixabay

Liputan6.com, Jakarta - Pertumbuhan bulu ketiak tak sedikit dianggap mengganggu oleh banyak individu. Tak hanya dapat menimbulkan rasa gatal, bulu ketiak juga kerap membuat orang tak percaya diri terutama bagi wanita yang gemar mengenakan pakaian terbuka.

Tak heran banyak individu yang lantas memutuskan untuk menghilangkannya. Caranya pun beragam, ada yang dengan mencukurnya, waxing atau mencabutnya.

Namun, tak banyak yang tahu bahwa sebenarnya ada cara alami yang bisa dilakukan untuk menghilangkan bulu ketiak secara alami. Dikutip dari berbagai sumber, berikut deretan bahan alami yang bisa digunakan untuk menghentikan pertumbuhan bulu ketiak.

1. Kunyit

Ilustrasi Kunyit
Perbesar
Ilustrasi Bubuk Kunyit Credit: pixabay.com/SteveBuissine

Tahukah Anda bahwa kunyit dapat membantu menghentikan pertumbuhan bulu ketiak secara permanen? Kandungan minyak volatile yang ada pada kunyit bermanfaat sebagai anti-inflamasi.

Kunyit juga mengandung kurkumin yang merupakan anti-oksidan kuat yang menetralkan radikal bebas. Selain itu, kunyit juga berfungsi untuk mencerahkan kulit ketiak Anda.

Cara menggunakannya adalah sediakan 2 sdt kunyit bubuk atau 2 ruas jari kunyit yang kemudian dihaluskan. Tambahkan air hingga berbentuk pasta lalu oleskan pada kulit ketiak secara merata. Diamkan selama 30 menit lalu bersihkan dengan menggunakan air hangat.

2 dari 6 halaman

2. Jeruk Nipis

Jeruk Nipis
Perbesar
Ilustrasi Jeruk Nipis Credit: pexels.com/pixabay

Kandungan vitamin C yang tinggi pada jeruk nipis dikatakan ampuh merontokkan rambut halus pada ketiak.

Cara menghilangkan bulu ketiak permanen dengan jeruk nipis adalah dengan membelah jeruk nipis menjadi dua bagian lalu gosok-gosokkan pada kulit ketiak secara merata. Lakukan hal ini setiap hari sebagai pengganti deodorant.

3 dari 6 halaman

3. Lemon, Gula dan Madu

ilustrasi jus lemon untuk menjaga sistem imun tubuh/pixabay
Perbesar
ilustrasi jus lemon untuk menjaga sistem imun tubuh/pixabay

Perpaduan antara lemon, gula, dan madu terbukti ampuh untuk merontokkan bulu ketiak. Caranya, campurkan 1 sdm gula pasir dengan 1 sdt madu dan 1 sdm air perasan lemon. Aduk hingga merata.

Oleskan pada ketiak secara merata lalu diamkan selama 30 menit. Bersihkan dengan menggunakan kain hangat dengan cara berlawanan dengan pertumbuhan bulu ketiak. Lalu bersihkan lagi dengan menggunakan air dingin yang bersih.

4 dari 6 halaman

4. Kapur Sirih

Ilustrasi daun sirih
Perbesar
Ilustrasi daun sirih. (Gambar oleh Huy Dkc dari Pixabay)

Kapur sirih mengandung kadinen, karkavol, kavinol, dan zat samak yang memiliki khasiat baik untuk kesehatan dan juga kecantikan. Kapur sirih juga dapat digunakan sebagai cara untuk memutihkan ketiak. Selain mampu mencerahkan, kapur sirih juga mampu mengurangi atau merontokkan bulu ketiak.

Caranya adalah dengan mencampur 1 sdm kapur sirih dengan air lemon hingga berbentuk pasta. Sebelum dioleskan pada ketiak, pastikan ketiak dalam keadaan bersih.

Diamkan selama 30 menit lalu bilas dengan air hangat hingga benar-benar bersih. Namun, bagi Anda yang memiliki kulit sensitif sebaiknya berkonsultasi dengan dokter karena kandungan zat-zat tersebut yang bersifat panas.

5 dari 6 halaman

5. Lemon dan Mentimun

Ilustrasi Timun
Perbesar
Ilustrasi timun (dok. Pixabay.com/kalhh/Putu Elmira)

Perpaduan antara lemon dan mentimun ternyata juga terbukti ampuh dapat merontokkan bulu ketiak. Caranya adalah dengan memarut mentimun lalu campurkan parutan mentimun dengan air perasan setengah jeruk nipis.

Campurkan dengan diaduk. Lalu oleskan pada ketiak Anda dan diamkan selama 15 menit saja. Kemudian bersihkan dengan menggunakan air hangat.

6 dari 6 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓