Sering Diabaikan, 5 Masalah Kesehatan pada Wanita Ini Bisa Picu Penyakit Berbahaya

Oleh Ulya Kaltsum pada 21 Des 2020, 16:01 WIB
Diperbarui 21 Des 2020, 16:01 WIB
Gambar Ilustrasi Wanita Sedang Batuk dan Pilek
Perbesar
Sumber: Freepik

Liputan6.com, Jakarta Umumnya, tubuh akan memberikan sinyal atau tanda saat kita berada dalam kondisi yang tidak baik. Begitu juga yang dialami para wanita.

Namun, tubuh wanita akan berubah sesuai dengan usia sehingga tak mudah untuk mengidentifikasi masalah yang terjadi dalam tubuh pada tahap awal. Sebagian wanita bahkan menunggu sekitar 13 Minggu untuk pergi ke dokter setelah mengalami gejala penyakit yang serius.

Karenanya penting bagi wanita untuk selalu memperhatikan perubahan sekecil apa pun yang terjadi pada tubuhnya.

Dengan begitu, ladies akan terhindar dari berbagai penyakit yang mengancam tubuh Anda. Melansir dari Brightside, berikut 5 tanda yang menunjukkan masalah kesehatan dan kerap diabaikan para wanita.

 

1. Rambut rontok

Gambar Ilustrasi Wanita Mengalami Rambut Rontok
Perbesar
Sumber: Freepik

Rambut rontok merupakan salah satu gejala yang menunjukkan bahwa testosterone Anda rendah, yaitu hormon yang mendukung produksi rambut sehat dan pemeliharaannya.

Salah satu tanda yang paling tampak adalah rambut yang tak merata dan bisa sampai mengalami kebotakan seiring berjalannya waktu.

2. Perut kembung

Perut Merasa Kembung Hingga Mual
Perbesar
Ilustrasi Perut Kembung dan Mual Credit: pexels.com/pixabay

Sebagian wanita akan mengalami perut kembung saat menstruasi. Namun, jika Anda telah mengalaminya selama lebih dari 2 Minggu, hal ini bisa menjadi tanda awal bahwa ada sesuatu yang tak seimbang dalam tubuh.

Dalam kasus endometriosis, perut dapat membengkak dan bisa menjadi lebih buruk seiring berjalannya waktu.

Biasanya hal ini tidak dapat diprediksi karena kembung dapat bertahan selama beberapa jam, berhari-hari, bahkan berminggu-minggu. Kembung yang terjadi secara terus menerus bisa menjadi salah satu tanda kanker payudara.

3. Merasa sakit saat olahraga

Mencegah Terjadinya Cedera saat Berolahraga
Perbesar
Ilustrasi Latihan Pemanasan Credit: pexels.com/AndreaPiacquadio

Jika Anda mengalami nyeri di area panggul saat sedang berjalan, berlari, dan berdiri dalam waktu yang lama, hal ini menunjukkan bahwa lapisan endometrium Anda tumbuh di luar tempat yang seharusnya.

Hal ini menandakan sel-sel endometrium dan jaringan parut asing mengikat organ internal Anda secara bersamaan sehingga menyebabkan rasa sakit dan tidak mampu berolahraga.

4. Terdapat gumpalan darah saat menstruasi

Gambar Ilustrasi Wanita Mengalami Kram Perut Saat Menstruasi
Perbesar
Sumber : Freepik

Setiap orang memiliki jenis menstruasi yang berbeda-beda. Ada yang lebih terang, gelap, dan sebagainya.

Namun jika darah Anda menjadi gelap dan menggumpal secara terus menerus, hal ini bisa menjadi tanda bahwa Anda menderita fibloid rahim.

Pertumbuhan non-kanker di rahim ini dapat menyebabkan pendarahan yang tidak normal bahkan masalah kandungan kemih.

5. Selalu merasa kedinginan dan kepanasan

alergi dingin
Perbesar
Ilustrasi/copyrightshutterstock/ PR Image Factory

Jika Anda selalu merasa tak nyaman pada suhu sebuah ruangan, kemungkinan Anda memiliki ketidakseimbangan hormon.

Salah satu penyebab ketidakseimbangan hormon adalah karena kadar estrogen atau hormon yang mengatur reproduksi wanita. Umumnya, levelnya dapat berubah selama siklus mentruasi.

Namun, tak jarang terjadi masalah dengan reproduksi dalam tubuh, yaitu kadar estrogen yang dapat mempengaruhi suhu tubuh. Estrogen yang rendah dapat menyebabkan hot flash. Sementara estrogen yang tinggi dapat membuat Anda merasa dingin di tangan dan kaki secara terus menerus.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓