Sukses

UMN Pakai Teknologi AR Saat Wisuda Magister Manajemen, Sarjana TF dan TE Angkatan Pertama

UMN mengimplementasikan teknologi augmented reality (AR) dalam wisuda XIX 2020.

Liputan6.com, Jakarta - Wisuda Universitas Media Nusantara (UM) XIX 2020 telah meluluskan 376 wisudawan. UMN luluskan 23 mahasiswa Magister Manajemen Teknologi (MMT), Sarjana Teknik Fisika dan Sarjana Teknik Elektro angkatan pertama.

Wisuda XIX UMN diselenggarakan secara virtual menggunakan platform Zoom Meeting pada Sabtu (19/10/2020) dan disiarkan secara langsung melalui channel Youtube Universitas Multimedia Nusantara. 

UMN menjadi universitas swasta pertama di Indonesia yang membuka program MMT yang dapat ditempuh dalam satu tahun masa studi.

Salah satu wisudawan MMT UMN angkatan pertama, Arief Setyadi Hernawa mengaku ilmu yang diberikan saat menempuh masa studi sangat bermanfaat dalam mengembangkan strategi manajemen teknologi di tempatnya bekerja. 

“Ilmu dari jurusan Magister Manajemen Teknologi ini sangat mendukung untuk dapat  melakukan pengelolaan inovasi dan teknologi terkini yang dikombinasikan dengan aspek wirausaha yang memang sangat dibutuhkan di bidang industri saat ini. Selain itu, program MMT UMN sangat cepat karena dapat diselesaikan dalam waktu satu tahun,” kata Arief.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Lulusan MMT UMN angkatan pertama

Arief juga mengaku merasa senang karena  banyak terfasilitasi selama menempuh masa studi di MMT UMN. 

“Dosen di MMT UMN sangat berkompeten dan sering dihadirkan dosen tamu baik dari dalam maupun luar negeri yang merupakan praktisi di dunia Industri yang related dengan ilmu yang dipelajari di MMT, hal ini membuat saya sangat bangga karena dapat bertemu teman-teman baru yang merupakan profesional dari berbagai bidang industri untuk bertukar pikiran dan mengembangkan wawasan,” ujar Arief.

Selain meluluskan wisudawan MMT UMN angkatan pertama, pada wisuda kali ini UMN juga meluluskan sarjana prodi Teknik Fisika dan Teknik Elektro angkatan pertama.

Prodi Teknik Fisika UMN berfokus pada energy management, di mana gedung berpredikat hemat energi yang dimiliki UMN - yang telah meraih penghargaan tingkat nasional maupun internasional - akan menjadi nilai bonus pengalaman pembelajaran sebagai living laboratory bagi lulusan Teknik Fisika UMN.

Sementara itu, Teknik Elektro UMN berfokus pada industrial automation yang disiapkan agar mampu merancang berbagai instrumen elektronik dan mekanik, teknik kendali dan pemrograman komputer untuk berfungsi secara otomatis tanpa campur tangan manusia.

 

3 dari 3 halaman

Gunakan Inovasi Augmented Reality di Wisuda Virtual

 

UMN mengimplementasikan teknologi augmented reality (AR). Sistem AR ini dikembangkan oleh UMN Pictures bekerja sama dengan UMN Documentation selaku tim broadcasting resmi dari wisuda virtual UMN.

Dalam wawancara terpisah, Andrew Willis selaku Technical Supervisor dan Acting Manager UMN Pictures mengatakan bahwa muncul masalah kurang terlibatnya wisudawan secara aktif dalam prosesi pelantikan ketika universitas harus melaksanakan wisuda secara daring. Dengan demikian, solusi virtual perlu dicari untuk tetap menghadirkan esensi dari prosesi wisuda yaitu pelantikan pemindahan kuncir toga.

Inisiatif UMN Pictures ini mencoba menghadirkan inovasi dari keterbatasan interaksi antara Rektor dengan para wisudawan. Andrew dan tim membuat proses seremonial pelantikan tetap dilangsungkan secara virtual melalui sarana input berupa layar sentuh.

"Jadi walaupun kita terpisah jarak, tetapi esensi dari pelantikan itu tetap ada. Mahasiswa  tetap aktif terlibat dalam pelantikan,” kata Andrew.

UMN Pictures tidak bekerja sendiri, mereka juga bekerja sama langsung dengan tim UMN Documentation yang menyiarkan wisuda ini. Setelah paham mengenai jalur sistem penyiaran yang dilakukan, tim UMN Pictures mencoba membuat contoh sample system yang mengimplementasi teknologi AR.

Setelah sampel tersebut berhasil dicoba, tim UMN Pictures lanjut membuat versi refine dari contoh sampel sebelumnya dan kemudian Teknologi Augmented Reality bisa diimplementasikan dalam Wisuda Virtual UMN XIX ini.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini