Sukses

Konsumsi Teh Jahe Tiap Hari, 4 Manfaat Kesehatan Ini Akan Didapat Tubuh Anda

Begini khasiatnya kalau Anda mengonsumsi teh jahe setiap hari.

Liputan6.com, Jakarta - Jahe menjadi salah satu rempah yang dikenal sangat baik bagi kesehatan tubuh. Bahkan jahe dapat menjadi obat herbal untuk beberapa gangguan sistem pencernaan. Sebagian orang dapat mengonsumsi jahe dengan cara merebus jahe segar yang sudah digeprek ke dalam air lalu disaring.

Menurut Dr. P.S Phakde dalam bukunya "Home Doctor," air jahe atau teh jahe dapat menyembuhkan masalah alergi, masuk angin, radang sendi, bahkan masalah ginjal.

Meskipun begitu, Direktur Nutrisi di Good House Keeping Institute, Jaclyn London, MS, RD, CDN mengatakan bahwa air jahe bukanlah minuman detoks.

Dengan mengonsumsi air jahe atau teh jahe setiap hari, Anda akan merasakan berbagai perubahan positif yang terjadi. Berikut empat hal yang terjadi saat Anda mulai mengonsumsi air jahe atau teh jahe setiap hari, seperti dilansir dari berbagai sumber.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Meningkatkan kekebalan tubuh

Jahe memiliki sifat antikbakteri, antioksidan, dan antiradang yang sangat baik. Karenanya, kandungan tersebut dipercaya dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain dapat membantu melawan banyak infeksi, minum teh jahe juga bisa melindungi tubuh dari berbagai penyakit kronis.

Air jahe atau teh jahe dapat mengurangi peradangan dan meredakan sakit tenggorokan. Pasalnya, efek antimikroba yang terkadung dalam jahe bisa menghambat pertumbuhan jamur dan bakteri yang merupakan penyebab infeksi pada tenggorokan.

3 dari 5 halaman

2. Meredakan nyeri pada lutut

Manfaat lain dari mengonsumsi teh jahe adalah dapat meredakan banyak nyeri tubuh. Sifat antiperadangan pada jahe mampu membantu menenangkan otot yang sakit, sendi yang kaku, bahkan dapat meredakan gejala artritis dan osteoartritis.

Faktanya, sebuah penelitian menemukan bahwa pasien dengan osteoartritis dilutut dan mengonsumsi ekstrak jahe mengalami rasa sakit yang lebih sedikit.

4 dari 5 halaman

3. Mengontrol gula darah

Sebuah penelitian di University of Sydney menemukan bahwa jahe dapat mengontrol glukosa dalam darah melalui sel otot. Ekstrak dari jahe ini bisa meningkatkan penyerapan glukosa pada sel otot secara independen dari insulin.

5 dari 5 halaman

4. Membantu turunkan kolesterol

Jahe juga dapat menjadi obat alami untuk kolesterol. Sebuah studi pada tahun 2014 menunjukkan jahe dapat menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida.

Penderita kolesterol tinggi dapat mengonsumsi jahe setiap hari. Namun, hal tersebut juga tak boleh dilakukan secara berlebihan dan perlu konsultasi ke dokter untuk meminimalkan efek sampingnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.