Sukses

5 Gejala yang Membedakan Batuk Anda karena Covid-19 atau Bukan

Ada beberapa gejala yang membedakan apakah batuk yang Anda alami karena Covid-19 atau bukan. Apa saja?

Liputan6.com, Jakarta Batuk di masa pandemi Covid-19 membuat mata semua orang mengarah kepada Anda. Bahkan, jika Anda memakai masker sekalipun.

Tak heran, sebab batuk menjadi salah satu ciri-ciri seseorang yang terinfeksi Covid. Nah, lalu bagaimana cara untuk mengetahui apakah batuk Anda merupakan gejala Covid atau karena hal lain, seperti alergi, pilek, atau flu?

"Ada spektrum yang luas dari keparahan batuk pada Covid-19, dari batuk ringan hingga parah atau bahkan penyakit paru-paru yang parah. Mungkin sulit untuk membedakan antara batuk yang disebabkan oleh Covid-19 atau yang lainnya." kata Nate Favini, MD, pimpinan medis di Forward.

Meskipun dia menyarankan untuk diperiksa secepat mungkin jika Anda mengalami batuk yang mencurigakan, Favini dan ahli medis lainnya menjelaskan bahwa ada juga beberapa hal yang perlu dipertimbangkan ketika mencoba menguraikan apakah batuk Anda terkait virus Corona atau tidak.

Berikut ini beberapa pertimbangan tersebut seperti dilansir dari Bestlifeonline:

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Batuk Anda tidak berdahak

Batuk Covid sering digambarkan sebagai batuk kering, yang "umumnya berarti batuk tanpa mengeluarkan dahak," kata Favini.

Namun Covid bukanlah satu-satunya penyakit yang menyebabkan batuk kering. "Alergi dan gastroesophageal reflux, keduanya dapat menyebabkan batuk kering dan sesak napas," kata Leann Poston, MD, kontributor Invigor Medical.

 

3 dari 6 halaman

2. Tak ada gejala alergi atau gatal

"Jika Anda mengalami batuk pada saat Anda biasanya memiliki alergi musiman, dan disertai dengan gejala seperti gatal, mata berair atau bersin, itu mungkin membuat alergi lebih mungkin terjadi," kata Favini.

Sara Narayan, MD, seorang ahli alergi di Rumah Sakit Emerson, menunjukkan bahwa ada beberapa perbedaan utama antara batuk dari alergi dan batuk COVID: terutama karena alergi sering membuat orang gatal dan cenderung merespons obat alergi. Tentu saja, dua hal ini tidak berlaku untuk COVID.

 

4 dari 6 halaman

3. Anda tidak mengi

Narayan mencatat bahwa meskipun alergi dan COVID memiliki banyak kesamaan, ada beberapa hal yang membedakan keduanya, termasuk mengi.

"Pada pasien asma, alergi bisa menyebabkan batuk, mengi, dan sesak napas," tulisnya, hanya dua di antaranya yang terkait dengan novel coronavirus. "COVID-19 biasanya tidak menyebabkan mengi."

 

5 dari 6 halaman

4. Anda demam dan merasakan nyeri otot

Perbedaan lain antara alergi dan COVID? Demam, salah satu tanda tubuh Anda merespons virus. Sementara flu juga cenderung datang dengan demam, menurut Narayan, alergi dan flu biasa biasanya tidak terjadi, jadi setidaknya itu menyingkirkan dua penyakit potensial.

Jika batuk Anda "terkait dengan demam [atau] nyeri otot ... hubungi penyedia layanan kesehatan Anda untuk mengetahui apakah Anda harus menjalani tes COVID," Poston memperingatkan.

 

6 dari 6 halaman

5. Anda tak bisa merasakan atau mencium bau makanan dan minuman kesukaan

Ada lusinan gejala yang telah dikaitkan dengan COVID, beberapa di antaranya tampaknya tidak berbahaya. Tetapi salah satu yang paling jelas adalah hilangnya rasa atau bau, yang secara jelas terkait dengan COVID dan bukan pilek, flu, atau alergi.

"Jika Anda batuk dengan gejala COVID-19 lainnya seperti… kehilangan rasa atau bau, itu akan meningkatkan kemungkinan Anda terkena COVID-19," kata Favini.

Cara termudah dan paling mudah untuk mengetahui apakah batuk Anda berasal dari COVID adalah mendapatkan tes COVID.

“Pada akhirnya, karena spektrum penyakit yang dapat ditimbulkan COVID-19 dan prevalensi di seluruh negeri, pengujian sangat diperlukan untuk menentukan apakah batuk Anda mungkin COVID-19,” kata Favini.

"Jika Anda mengalami batuk, Anda harus bertindak seperti Anda terkena COVID-19 dengan mengisolasi, memakai masker, dan melakukan tes."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini