Sukses

Setahun Rehat, Fiersa Besari Rilis Album Baru Bertajuk 20:20

Setelah rehat, Fiersa Besari siap merilis album barunya

Liputan6.com, Bandung Fiersa Besari kejutkan penggemar dengan album baru bertajuk 20:20 yang akan dirilis pada Kamis (31/12). Album ini merupakan album keempat setelah Konspirasi Alam Semesta yang dirilis pada 2015 lalu. Perilisan album 20:20 hanya dilakukan secara digital mengingat kondisi pandemi Covid-19 saat ini.  

Album 20:20 memiliki filosofi tahun 2020 sebagai tahun perilisannya. Di sisi lain, jika 20 ditambah 20 menghasilkan angka 40, maka angka 4 menandakan album ke-4.

Album ini berisikan total 16 lagu dengan empat lagu baru dan 12 lagu lama. Empat lagu baru yang FIersa siapkan yaitu Daftar Orang Hilang, Kamu, Melawan Hati, dan Namamu.

Walaupun merupakan lagu yang baru direkam, nyatanya lagu-lagu tersebut sudah lama ditulis oleh Fiersa. Sehingga menariknya, menurut ia, Fiersa dipaksa mengingat kembali barisan-barisan nada dalam ingatannya.

“Merawat ingatan memang mahal,” ujar ia.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Lagu-lagu yang merawat ingatan

Lagu baru pertama yang Fiersa siapkan berjudul Daftar Orang Hilang. Lagu ini menceritakan para aktivis dan demonstran yang hilang entah ke mana.

“Dan meskipun fisik mereka tak terlihat tapi perjuangannya akan terus diwariskan. Tak akan padam walau dibungkam,” tuturnya.

Tidak hanya dinyanyikan sendiri, dua lagu baru berjudul Kamu dan Melawan Hati disiapkan dengan berduet dengan penyanyi lain.

“Kamu featuring Bem Andry. Ini yang unik. Untuk pertama kalinya saya membawakan lagu ciptaan orang lain, yaitu sahabat saya Bem Andry,” ujar Fiersa.

Tidak berhenti di situ, di lagu Melawan Hati Fiersa turut berkolaborasi dengan penyanyi Prinsa Mandagie. Lagu ini berkisah tentang seseorang yang ingin pergi dan membunuh perasaannya sendiri.

“Tapi, semakin ia melupakan justru ingatan itu semakin kuat,” terangnya.

Pria kelahiran 3 Maret 1984 itu turut membagikan cerita menarik ketika dirinya sibuk mencari rekan duet untuk lagu Melawan Hati.

“Enggak gampang mencari kawan yang mau featuring. Ketika pada akhirnya saya dan Prinsa Mandagie sepakat bekerja sama pun pengerjaan kontrak dan rekaman berjalan beriringan karena ngejar deadline. Haha,” kenangnya sembari tertawa.

 

3 dari 5 halaman

Empat lagu baru

Cerita spesial terbesit dalam salah satu lagu baru di album 20:20. Menurut Fiersa, lagunya yang berjudul Kamu, menjadi kilas sejarah perjalan cintanya dengan sang istri, Aqia Nur Fadla. Pasalnya lagu ini lah yang mengiringi perjalanannya mendapatkan sang tambatan hati.

Fiersa menambahkan, Lagu baru yang tidak kalah spesial berjudul Namamu. Sebab lagu ini memiliki cerita sendiri untuk dirinya. Ia merasa ada ikatan batin secara personal.

“Temanya rahasia ya. Mungkin nanti bisa diresapi sambil didengarkan,” katanya.

Selain empat lagu baru, 12 lagu lama lainnya yaitu Cerita Rakyat, Belum Punah, Dirgahayu, Bukan Lagu Valentine, Obsesi, Terima kasih dan Maaf, Selindung, Salahkah Mengalah, Lekas Pulih, Pemeran Pengganti, Lagu Dua Kunci, dan Cerita Panjang di Hidup yang Singkat.

Fiersa mengungkapkan, lagu-lagu tersebut sudah pernah menjadi bagian dari tiga album sebelumnya atau sudah terikat dengan proyek lain semacam soundtrack.

“Jadi yang 12 ini memang awalnya dibuat karena iseng, seliweran di dunia maya, dan kayaknya sudah waktunya untuk dirapikan,” ungkap ia.

 

4 dari 5 halaman

Proses rekaman di era pandemi

Fiersa membagikan kisahnya melakukan proses rekaman di era pandemi seperti sekarang ini. Menurut ia, jika biasanya rekaman dan mixing dilakukan sendiri, untuk kali ini proses produksi diserahkan kepada gitaris Kerabat Kerja, Dikuy, di studio Wonderwall Bandung.

“Karena banyak yang harus direkam, dan saya juga nyambi mengerjakan hal lain,” kisahnya.

Masih dalam suasana pandemi, Fiersa menceritakan tetap mematuhi protokol kesehatan dengan tetap menjaga jarak dan menjaga kebersihan. Proses rekaman di studio pun tidak dibiasakan dilakukan beramai-ramai.

“Kendalanya mungkin dari saya yang udah lama enggak nyanyi secara profesional, jadi mesti memanaskan kembali pita suara,” katanya.

 

5 dari 5 halaman

Setelah rehat setahun

Album 20:20  sendiri merupakan album pertama yang dirilis setelah Fiersa memutuskan untuk rehat sejenak dari industri musik tanah air. Sebelumnya, Fiersa pernah merilis album berjudul 11:11 yang dirilis tahun 2012, Tempat Aku Pulang rilis 2014, dan Konspirasi Alam Semesta di tahun 2015.

Dan setahun lalu, Fiersa Besari sukses menggelar konser bertajuk “Konser Menuju Istirahat” sebagai bentuk pamitannya dengan penggemar. Dengan dirilisnya Album 20:20, Fiersa berharap masyarakat Indonesia dapat menikmati karyanya dan menantikan album-album selanjutnya.­­­

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.