Sukses

Fakta Menarik dan Deretan Radio Hits yang Bisa Kalian Dengarkan secara Streaming di Vidio

Radio pada dahulu kala menjadi sebuah media jaringan hiburan, sumber informasi, dan sarana komunikasi paling populer di hati masyarakat Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta Radio pada dahulu kala menjadi sebuah media jaringan hiburan, sumber informasi, dan sarana komunikasi paling populer di hati masyarakat Indonesia. Terbukti dari tahun 80an sampai 90an banyak jaringan radio bermunculan.

Saat ini radio mungkin belum lekang oleh waktu, namun masyarakat nampaknya sudah mulai melupakan salah satu sarana media komunikatif ini. Hanya ada beberapa nama stasiun radio yang mungkin sudah tak asing di telinga terutama untuk generasi milenial saat ini.

Sebagian nama-nama itu masih populer karena diisi oleh para penyiar ternama yang mana kebanyakan merupakan selebriti dan influencer Tanah Air. Tapi jangan salah, banyak juga selebriti ternama Indonesia yang memulai karirnya sebagai penyiar loh.

Nah, berikut ini beberapa fakta menarik seputar perkembangan radio di Indonesia. Yuk, mari kita simak ulasannya di bawah ini.

Saksikan video pilihan berikut ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 11 halaman

Fakta Menarik Seputar Perkembangan Radio di Tanah Air

Berikut ini beberapa fakta menarik terkait radio yang perlu kalian ketahui:

  1. Radio di Indonesia pertama kali muncul pada 11 September 1945 yang dikenal dengan Radio Republik Indonesia (RRI).
  2. Pengucapan Proklamasi Indonesia pun disiarkan melalui Radio RRI (Radio Republik Indonesia) oleh Jusuf Ronodipuro.
  3. Munculnya sandiwara atau drama Radio di era 1980-an.  
  4. Saur Sepuh, Misteri Gunung Merapi, Tutur Tinular adalah drama terkenal yang yang populer di masyarakat.
  5. Daya imajinasi meningkat karena radio pada saat itu. Bagaimana tidak, seringkali dengan hanya mendengar cerita tanpa melihatnya, kita langsung membayangkan skenario yang terjadi.
  6. Warkop DKI terkenal diawali dengan lawakan di Radio lalu berlanjut ke media TV.
  7. Radio unik asal Indonesia Temanggung pernah meraih penghargaan Internasional Design Resource Award di Seattle, AS, pada tahun 1997.
  8. Penyiar Gofar Hilman pernah memecahkan rekor siaran radio terlama di Hard Rock FM selama 34 jam, yang sebelumnya dipegang penyiar senior Indy Barends dan Farhan pada 2001 selama 32 jam, sekaligus mengumpulkan donasi sebesar Rp 174 juta untuk pembangunan sekolah rusak akibat bencana alam.

 

Selain itu, saat ini ada beberapa nama-nama radio yang menyajikan program siaran menarik namun tak banyak orang yang tahu. Nah berikut adalah nama-nama radio hits yang harus kalian tahu.

3 dari 11 halaman

Cosmopolitan FM

Cosmopolitan FM merupakan stasiun radio yang disiarkan bagi para kaum wanita. Radio ini ada sebagai salah satu platform radio bagi para wanita untuk selalu percaya diri dan juga terdepan. 

Pendengar Cosmopolitan FM adalah wanita yang bersemangat, wanita dengan banyak mimpi, ambisi, dan aspirasi. Mereka mencari kesenangan, kebahagiaan, dan inspirasi yang akan meningkatkan gaya hidup dan hubungan mereka.

4 dari 11 halaman

Bahana FM

Bahana FM merupakan radionya anak muda Jakarta yang mempunyai broadcaster yang bawel banget ga bikin ngantuk yaitu Tika Pangabean, kang Ujo, dan Chester Aditya. Radio ini menyajikan lagu-lagu hits dalam negeri maupun mancanegara serta sajian informatif hits lainnya seputar lifestyle maupun cerita menarik dari setiap penyiarnya.

5 dari 11 halaman

Brava Radio

Brava Radio adalah radio yang memberikan konten bisnis dan memberikan lagu-lagu yang hangat dan nyaman di telinga. Kami menyebutnya The Smoothest Sound on Radio. 

Brava Listeners biasanya kelompok pria dan wanita berumur 30 ke atas. Tapi untuk kamu yang masih di bawah 30an jangan khawatir karena Radio satu ini sangat mengedukasi tentang karir, passion, dan juga lifestyle loh!

6 dari 11 halaman

Ardan Radio

Ardan Radio merupakan stasiun radio paling hits untuk anak-anak muda di Bandung. Radio ini mengudara di jaringan 105.9 FM yang bisa kalian dengerin.

Menariknya stasiun radio ini banyak menyajikan program siaran menarik seputar anak muda. Seperti program siaran pagi dimana kamu bisa request lagu-lagu favorit kamu yang dipandu oleh Ait, Iqbal dan Bella. 

Selain itu ada program yang tidak kalah menarik yaitu Ardan Nembak yang mana kamu bisa ngungkapin isi hati kamu kepada orang yang disuka dengan dibantu oleh Lintang yang hadir setiap Sabtu pukul 22.00 WIB.

7 dari 11 halaman

Mustang FM

Mustang FM adalah radio yang disiarkan dari Jakarta pada frekuensi lokal 88 FM. Radio ini menyuguhkan beragam program musik hits yang populer di kalangan anak muda masa kini. Mustang FM juga menyajikan informasi seputar dunia hiburan.

Ada beberapa program siaran menarik yang disajikan Mustang FM, seperti Young Music Generation yang hadir setiap hari dengan dipandu oleh musisi indie ternama tanah air.

8 dari 11 halaman

Swaragama FM

Swaragama FM sebagai sebuah radio swasta secara resmi berdiri pada tanggal 27 Februari 1999 dengan badan hukum bernama PT. Radio Swara Gadjah Mada. Setahun kemudian, Swaragama FM memulai siaran percobaan dengan frekuensi 98,45 Mhz dari lantai 4 gedung kampus Teknik Elektro UGM.

Kini, Swaragama FM masih menemani Akademia Jogja selama 24 jam nonstop dan semakin mudah diakses dimana saja dan kapan saja melalui live streaming dari PC, laptop, tablet PC, iPod Touch, iPhone, BlackBerry dan Android.

9 dari 11 halaman

Most Radio

Radio Most FM adalah stasiun radio yang berlokasi di Jakarta. Radio ini telah mengudara selama lebih dari 25 tahun dan telah mengalami beberapa kali pergantian nama dan manajemen. Sebelumnya Most FM bernama Lite FM.

Kini stasiun radio ini tergabung dalam MARI Group yang dimiliki oleh pengusaha ternama yaitu Erick Thohir. MARI Group sendiri memang dikenal menagungi banyak stsiun radio ternama Indonesia.

10 dari 11 halaman

Geronimo FM

Geronimo FM adalah stasiun radio yang mengudara dari Yogyakarta. Radio ini menyiarkan berbagai program musik pilihan baik dari dalam nengeri hingga musik internasional, dari hits terbaru hingga lagu nostalgia.

Radio yang terkenal dengan slogan Love Yogya and You ini semula memakai frekuensi AM 1602, kemudian pindah ke frekuensi FM 105,8 pada awal Januari 1989. Namun untuk menyesuaikan dengan Keputusan Menhub No. KM.15 tahun 2003 tentang Rencana Induk Frekuensi Radio FM, maka sejak pertengahan 2004 Radio Geronimo menempati frekuensi 106.1 FM.

11 dari 11 halaman

Elshinta FM

Pada akhirnya kamu semua menemukan salah satu radio dengan kaum segmented. Yup, Elshinta FM merupakan radio yang memiliki program khusus untuk memberikan berita aktual maupun berita informatif lainnya. 

Elshinta FM ingin memberikan gambaran situasi terkini agar kamu dapat melakukan keputusan yang harus kamu ambil setelah liat situasinya. Pokoknya jika kamu menyalakan elshinta di mobil kamu, kamu bakal tau informasi baru entah itu lalu lintas, ekonomi, lifestyle maupun hal-hal menarik lainnya.

Nah, itu dia beberapa deretan radio hits tanah air yang bisa kamu dengerin sepanjang waktu. Buat kalian yang mau streaming radio online bisa melalui aplikasi Vidio. Segera download dan berlangganan Vidio untuk mendengarkan keseruan radio hits lainnya!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.