Sukses

Universitas Mercu Buana Ajak Siswa SMP IT Rohimana Bijak Menggunakan Media Sosial di Masa Pandemi

Ini merupakan bentuk mata kuliah Peduli Negeri dari Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Mercu Buana

Liputan6.com, Jakarta Edukasi dan sosialisasi di masa pandemi melalui kegiatan webinar dalam menggerakkan kampanye bijak bersosial media, akan berperan besar dalam memberikan kontribusi nyata terhadap berbagai isu dan potensi kesesatan berita yang terjadi di masa pandemi.

Universitas Mercu Buana Fakultas Ilmu Komunikasi berupaya dalam memberikan kontribusinya kepada masyarakat melalui program mata kuliah Peduli Negeri yang berupa webinar dengan mengajak sejumlah siswa dan siswi SMP IT Rohimana Depok.

Webinar ini bertema Etika Bersosial Media Ala Millenial di Masa Pandemi. Di sesi pertama membahas topik Hoax & Cara Penanggulangannya dan di sesi kedua membahas topik Cara Beretika Baik di Media Sosial.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Narasumber profesional

Keberagaman informasi baik dan yang tidak baik mulai merebak di tengah krisis kesehatan yang terjadi di masyarakat. Media sosial menjadi wadah dalam memperkaya informasi namun tanpa disadari pula hal ini mempunyai dampak kurang baik bagi masyarakat.

Terlebih pada siswa/i menengah pertama yang masih dinamis dalam perkembangan emosional diri, hal ini sangat berpengaruh di dalam kehidupan sosialnya.

“Di sini kami juga mengundang narasumber yang sudah profesional sebagai pembicara dalam webinar tersebut, ada kak Dwi Suci Amalia sebagai reporter news Tv swasta nasional dan kak David Rizal yaitu news presenter Tv swasta nasional” ujar Hening Sulaksono selaku Humas kelompok kegiatan Kuliah Peduli Negeri tersebut.

 

3 dari 4 halaman

Kehadiran dosen pengampu

Selain narasumber, Webinar diikuti pula oleh Dr. Santa Lorita Simamora selaku dosen pengampu mata Kuliah Peduli Negeri dan memberikan kata sambutan pada sesi pertama dan sesi kedua webinar.

Dalam kesempatannya memberikan kata sambutan, beliau mengatakan “Memang seharusnya kegiatan Kuliah Peduli Negeri ini dilakukan secara langsung ke masyarakat namun, karena adanya pandemi Covid-19 kita harus mengalihkan kegiatan ini dengan memanfaatkan metode daring yaitu webinar namun diharapkan tetap mengandung banyak pelajaran dan hikmah yang bisa dibagikan kepada siswa/i SMP IT Rohimana.”

Selain dosen pengampu, webinar tersebut dihadiri oleh Adnan Haz Habibi, S.Pd. selaku kepala kurikulum SMP IT Rohimana. Tidak hanya Ilmu yang bermanfaat, siswa dan siswi SMP IT Rohimana juga akan mendapatkan E-Sertifikat gratis dan merchandise yang berisi produk makanan disponsori oleh Cloudyskies.box dan PR 31, masker, Hand sanitizer, dan seperangkat alat makan yang tentunya bermanfaat untuk digunakan di masa pandemi bagi siswa/i SMP IT Rohimana.

 

4 dari 4 halaman

Merchandise untuk siswa

Merchandise akan diberikan kepada siswa/i yang berhasil menjawab pertanyaan dalam sesi tanya jawab dalam webinar tersebut. Pemberian merchandise dilakukan dengan cara menyalurkan kepada pihak sekolah SMP IT Rohimana, tentunya dengan menjalankan protokol kesehatan yang ketat seperti memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan saat memasuki area sekolah.

Antusias siswa dan siswi SMP IT Rohimana telihat jelas saat melakukan sharing bersama narasumber Suci Dwi Amalia di sesi pertama dan David Rizal di sesi kedua, dan saat sesi tanya jawab dimulai para siswa/i juga terlibat aktif dalam menjawab pertanyaan. Para panitia webinar tersebut selaku mahasiswa/i Universitas Mercu Buana juga terlibat aktif dalam memeriahkan webinar yang sederhana ini namun memiliki ilmu yang bermanfaat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini