Sukses

Kisah Nabi Muhammad SAW yang Rela Menahan Lapar Demi Tak Membebani Umatnya

Nabi Muhammad SAW adalah sosok pemimpin yang sangat dimuliakan oleh umat Islam.

Liputan6.com, Jakarta Nabi Muhammad SAW adalah sosok pemimpin yang sangat dimuliakan oleh umat Islam. Ia merupakan tauladan bagi kita semua karena semua kebaikannya. Bahkan Rasulullah SAW pun enggan memberatkan umatnya dalam hal apapun.

Nabi Muhammad SAW pernah dikisahkan rela menahan lapar dan menyembunyikan hal tersebut kepada para sahabat dan umatnya agar mereka merasa tak terbebani. Ia bahkan mengganjal perutnya dengan batu agar tak merasakan lapar.

Dikutip dari buku Sebuah Novel Biografi, Muhammad SAW: Lelaki Penggenggam Hujan karya Tasaro GK, Rasulullah SAW menunjukkan keteladanannya dengan menahan lapar. Kondisi ini diketahui Umar bin Khattab RA, sahabat Nabi Muhammad SAW saat mengimami sholat.

Meski lapar hingga harus mengganjal perutnya dengan batu, Nabi Muhammad SAW dikisahkan masih melanjutkan aktivitasnya. Usai sholat, Rasulullah SAW menerima tamu seorang pria yang membawa berita dari Abbas.

Hal ini bisa menjadi tauladan bagi kita semua bagaimana perilaku Rasulullah SAW memperlakukan umatnya. Nah, buat kalian yang mau tau kisah selengkapnya bisa saksikan video di bawah ini. Atau kalian bisa mengunjungi kanal AlBahjahTV yang tersedia di platform streaming Vidio.

Saksikan video pilihan berikut ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.