Sukses

6 Manfaat Buah Naga Bagi Kesehatan, Bantu Tingkatkan Imunitas

Nah, penasaran apa saja manfaat buah naga bagi kesehatan tubuh? Cek di sini.

Liputan6.com, Jakarta - Buah naga menjadi salah satu buah yang mudah ditemukan di Tanah Air. Meski memiliki bentuk dan rasa yang unik, nyatanya buah naga menyimpan segudang manfaat luar biasa bagi kesehatan tubuh. 

Menurut sebuah studi di World Journal of Pharmacy and Pharmaceutical Sciences, buah naga kaya akan vitamin C, vitamin A, vitamin B1, vitamin B12, vitamin E dan mengandung jumlah kalium, magnesium, seng yang baik.

Nah, penasaran manfaat kesehatan apa saja yang didapat jika mengkonsumsi buah naga? Berikut ulasannya seperti melansir dari Boldsky, Senin (30/11/2020).

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Tingkatkan Imunitas

Adanya vitamin C dan flavonoid dalam buah naga bisa memperkuat imun dan menghindari tubuh dari infeksi berbahaya. Karena vitamin C adalah antioksidan yang larut dalam air, ia bisa membantu melindungi tubuh dari efek berbahaya radikal bebas.

3 dari 7 halaman

2. Membantu Pencernaan

Buah naga mengandung banyak serat yang membantu mengatur sistem pencernaan dan mencegah masalah pencernaan seperti sembelit. 

Menurut sebuah penelitian di Electronic Journal of Biotechnology, buah naga kaya akan prebiotic yang membantu meningkatkan pencernaan dan mendorong pertumbuhan bakteri usus yang sehat.

Buah ini mengandung oligosakarida yang berfungsi sebagai prebiotic yang membantu meningkatkan pencernaan dan kesehatan usus.

4 dari 7 halaman

3. Menurunkan Risiko Diabetes

Studi telah menunjukkan efek anti-diabetes buah naga merah yang bisa dikaitkan dengan kandungan antioksidan dan serat makanan.

Sebuah studi yang diterbitkan di Plos One melaporkan bahwa buah naga bisa membantu meningkatkan kadar gula darah pada pengidap pra-diabetes.

5 dari 7 halaman

4. Mengurangi Peradangan

Karena buah naga kaya akan antioksidan, ia menetralkan radikal bebas, sehingga mencegah kerusakan sel yang disebabkan oleh stres oksidatif dan mengurangi peradangan. 

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa aktivitas antioksidan dalam buah naga juga bisa mencegah penyakit inflamasi seperti asam urat.

6 dari 7 halaman

5. Mengontrol Berat Badan

Sebuah studi tahun 2016 yang diterbitkan dalam Journal of Gastroenterology and Hepatology menunjukkan, tikus yang diberi makanan tinggi lemak menerima ekstrak buah naga yang mengakibatkan kenaikan berat badan yang lebih sedikit dan penurunan lematk hati, peradangan dan  resistensi insulin, berkat kehadiran betacyanin di dalamnya.

7 dari 7 halaman

6. Tingkatkan Kesehatan Kulit

 

Karena buah naga kaya akan antioksidan, memakannya bisa membantu menjaga kulit Anda tetap kencang yang bisa membantu menjaga penampilan awet muda dan mencegah penuaan dini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.