Sukses

6 Bagian Tubuh Ini Sering Dibersihkan dengan Cara yang Salah

Berikut ini deretan tips cara membersihkan beberapa bagian tubuh yang benar.

Liputan6.com, Jakarta Mandi menjadi salah satu kegiatan yang dilakukan banyak orang setiap harinya. Tentu saja mandi dilakukan untuk membersihkan tubuh dari berbagai kuman dan bakteri.

 

Namun sayangnya mandi saja tidak cukup, pasalnya masih banyak beberapa bagian tubuh yang terabaikan kebersihannya.

Atau mungkin saja banyak dari kalian yang membersihkannya namun tak sedikit yang melakukannya dengan salah.

Tapi jangan khawatir, berikut ini beberapa tips cara membersihkan bagian tubuh yang benar dikutip dari Brightside.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

Wajah

Sebagian besar orang memilih menggunakan sabun pencuci wajah dengan banyak busa. Padahal sabun yang berbusa justru akan membuat kulit Anda kering. Jadi usahakan untuk memilih pembersih wajah yang ringan. Gunakan bersama dengan air hangat untuk mencuci wajah Anda. Biarkan sabun menempel di wajah selama 60-90 detik sebelum dicuci.

3 dari 8 halaman

Pusar

Sebagian besar dari kita umumnya mengabaikan kebersihan pusar atau justru membersihkannya dengan cara yang salah. Pusar Anda seharusnya dibersihkan seminggu sekali dan dengan cara tertentu.

Caranya cukup celupkan kapas ke dalam alkohol dan gunakan untuk membersihkan bagian dalam pusar. Ulangi sampai pusar bersih. Jika sudah kembali bersihkan dengan kapas baru untuk menghilangkan alkohol. Sebaiknya hindari penggunaan body lotion untuk membersihkan pusar.

4 dari 8 halaman

Telinga

Perlu diingat, menggunakan kuku atau benda tajam lainnya untuk membersihkan kotoran telinga adalah hal yang tidak boleh dilakukan. Sebagai gantinya, gunakan obat tetes telinga atau beberapa tetes baby oil atau gliserin untuk melunakkan kotoran telinga.

Setelah 1-2 hari, teteskan air ke lubang telinga. Kemudian miringkan kepala untuk mengeluarkan kotoran telinga. Seka dengan handuk dan ulangi prosesnya sesuai kebutuhan. Anda juga bisa menggunakan kapas untuk membersihkan bagian luar telinga Anda.

5 dari 8 halaman

Lidah

Lidah Anda perlu dibersihkan sesering Anda membersihkan gigi. Menurut para ahli, menggosok lidah adalah cara paling efektif untuk membersihkannya. Caranya letakkan pembersih lidah di belakang lidah Anda dan perlahan-lahan tarik ke depan dengan sedikit tekanan.

6 dari 8 halaman

Siku

Untuk menghindari penumpukan sel kulit mati yang menggelapkan siku Anda, disarankan untuk melakukan eksfoliasi sekali atau dua kali seminggu. Anda dapat menggunakan scrub buatan sendiri atau membelinya dari toko, tetapi kuncinya di sini adalah menggosok dengan gerakan memutar, lembut.

7 dari 8 halaman

Punggung

Menggosok punggung tentu menjadi hal tersulit yang dilakukan ketika mandi. Untuk memastikan Anda melakukannya dengan benar, mulailah dengan menyikat punggung dalam keadaan kering. Kemudian lanjutkan dengan menggosoknya menggunakan sabun dan sponge.

8 dari 8 halaman

INFOGRAFIS

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.