Sukses

Pakai Teknologi Canggih, Ini Toilet Umum Terbaik di Amerika Serikat

Tidak seperti toilet di Indonesia, toilet di Taman Colorado memanjakan pengunjung dengan sentuhan teknologi di dalamnya.

Liputan6.com, Jakarta Tidak seperti kebanyakan toilet umum di Indonesia yang beraroma tidak sedap dan pemeliharaan yang minim, toilet umum di Taman Bancroft, Colorado Springs jauh dari kesan seperti itu. 

Tepat 2020 menjadi tahun keberuntungan bagi toilet umum yang meraih gelar kemenangan toilet terbaik di Amerika. Dengan sentuhan teknologi canggih di dalamnya, Cintas Corporation menobatkannya sebagai pemenang di ajang tahunan ke-19 yang telah menaklukan sembilan finalis.

Melansir dari Fox News, direktur taman, layanan rekreasi dan budaya Colorado Springs Karen Palus mengungkapkan kebanggaannya terhadap penghargaan yang diberikan sejak toilet itu dibuka beberapa bulan lalu.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sentuhan teknologinya

Pengunjung pun merasa puas dan mendapatkan pengalaman yang berkesan usai menikmati fasilitas di dalamnya. Secara mandiri, kamar kecil tersebut mampu membersihkan sebanyak 30 kali penggunaan setiap harinya. 

Segalanya serba otomatis dari tisu toilet, sabun hingga pengering tangan. Teknologi yang ramah pengguna siap memanjakan siapa saja yang mendatangi. Tanpa terkecuali petugas kebersihan yang hanya memantau persediaan bila hampir habis melalui aplikasi.

Meskipun pembuatan toilet merogoh kocek yanga fantasis sebesar $ 301.000 (Rp 4 Milyar), tetapi jika dibandingkan dalam waktu yang lama langkah ini bisa menghemat biaya.  

3 dari 4 halaman

Sempat Viral

Kekhawatiran akan kerusakan juga minim, Steve Bodette, koordinator proyek tersebut menyebutkan bahwa adanya alarm yang berbunyi setiap tujuh menit dapat mencegah tindakan pengunjung yang anarkis. 

Popularitasnya tidak luput dari campur tangan TikToker Yeti Tears yang menunjukkan pengalamannya selama berada di dalam toilet tersebut dari pintu yang terbuka saat ditekan dan proses cuci tangan. 

Fakta lain yang mengejutkan, sebanyak 7.800 orang telah mencoba toilet super canggih hanya dua pekan. 

4 dari 4 halaman

Mengalahkan beberapa finalis

Dalam pemungutan suara yang berlangsung online pada 24 September dan 19 Oktober, telah mengalahkan beberapa kandidat toilet tersebut, diantaranya AirTrain JFK's Jamaica Station, Greeley Square Park, Kimpton Muse Hotel di New York, Bandara DFW di Texas, Gaslight Bar and Grill di Cincinnati, Portland Japanese Garden di Portland, Scottsdale Center for Performing Arts di Scottsdale di Ariz, Swift's Attic di Austin, Tex, dan The Guild Hotel di San Diego.

@yetitears

$300k TOILET! Don’t let this flop! 😭 ##summerproject ##hiddengems ##fyp ##viral

♬ HIGH SPEED BATHROOM - Yeti Tears

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.