Sukses

5 Minuman Ini Ampuh Tingkatkan Imun Tubuh dan Redakan Sakit Tenggorokan

Saat musim tak menentu, minuman-minuman ini ampuh tingkatkan imun tubuh dan redakan sakit tenggorokan.

Liputan6.com, Jakarta - Belakangan, cuaca berubah secara drastis. Dengan cuaca yang tak menentu, penyakit ringan seperti pilek, batuk, dan sakit tenggorokan kerap datang mengganggu.

Tenggorokan sakit adalah hal yang paling mengganggu, karena ini bahkan membuat Anda sulit menelan. Jika Anda terlalu sering mengalami sakit tenggorokan saat pergantian musim, berikut adalah beberapa minuman menakjubkan yang bisa Anda coba untuk meredakannya dan menambah daya tahan tubuh.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Teh jahe

Teh yang satu ini tidak hanya beraroma menyegarkan tetapi juga menyembuhkan flu dan sakit tenggorokan. Teh jahe memiliki khasiat obat yang ampuh untuk meredakan tenggorokan gatal dalam sekejap.

Untuk membuatnya pun tidaklah sulit. Cukup parut, tusuk, atau potong dadu kecil-kecil jahe untuk ditambahkan ke dalam teh Anda.

 

3 dari 6 halaman

2. Susu/teh kunyit

Kunyit dikenal karena sifat antioksidannya yang kuat. Ini tidak hanya menyembuhkan luka tetapi juga melawan beberapa infeksi.

Minum teh kunyit panas untuk radang tenggorokan sudah cukup untuk menyembuhkannya dalam 1-2 hari. Anda juga bisa menambahkan lada dan batang kayu manis ke dalam teh untuk meningkatkan keampuhannya.

Selain minum teh, Anda juga bisa menambahkan kunyit ke dalam segelas air hangat, bersama dengan sedikit garam dan berkumur sebelum tidur.

 

4 dari 6 halaman

3. Teh peppermint

Jika Anda penggemar teh herbal, teh peppermint sangat ideal untuk Anda. Peppermint mengandung mentol, yang merupakan dekongestan yang efektif dan membantu mengobati sakit tenggorokan.

Sifat pendinginannya memberikan kelegaan instan. Selain itu, teh peppermint juga membantu pencernaan dan menyebabkan tidur.

 

5 dari 6 halaman

4. Teh chamomile

Teh herbal lain yang direkomendasikan untuk sakit tenggorokan adalah teh chamomile. Sifat anti-inflamasi, antioksidan, dan zatnya menjadikannya penyembuh alami.

Ini menenangkan tenggorokan yang sakit dan juga meredakan gejala pilek. Anda bisa menikmati teh yang kaya rasa ini dengan menambahkan madu ke dalamnya juga.

 

6 dari 6 halaman

5. Sup hangat

Sup hangat sangat disukai selama musim tak penentu, terlebih bila musim hujan tiba. Baik itu tomat, jagung manis, campuran sayuran, dan bahkan bayam, ada banyak jenis sup yang bisa Anda pilih.

Minum sup panas pada tenggorokan yang sakit dapat meredakan nyeri dan juga membantu menghilangkan hidung tersumbat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.