Dijuluki Boneka Hidup, Pemuda Ini Kecanduan Oplas Sejak Remaja

Oleh Henry pada 20 Nov 2020, 22:01 WIB
Diperbarui 20 Nov 2020, 22:01 WIB
Gemar Operasi Plastik Sejak Remaja, Pria Amerika Dijuluki Boneka Hidup
Perbesar
Gemar Operasi Plastik Sejak Remaja, Pria Amerika Dijuluki Boneka Hidup. (dok.Instagram @tylerdyvig/https://www.instagram.com/p/CBywvwRnUTi/Henry)

Liputan6.com, Jakarta Operasi plastik menjadi salah satu cara bagi mereka yang ingin mendapatkan penampilan impian. Jika harus mendeskripsikan penampilan impian, penampilan ala boneka Barbie dan Ken menjadi salah satu panutan bagi para pecinta operasi plastik (oplas).

Itu pula yang dilakukan oleh pemuda bernama Tyler Dyvig. Pria berusia 23 tahun ini kecanduan oplas sejak ia pertama kali melakukannya saat remaja dan ini ia dijuluki 'Baby Ken Doll.'

Melansir dari Daily Star, Tyler mengaku ia melakukan prosedur kecantikan pertama kali saat dirinya berusia 15 tahun. Saat itu, Tyler menjajal suntik Botox setelah mendapat informasi suntik Botox sebaiknya dilakukan sejak muda. Ternyata, itu justru membuatnya kecanduan.

2 dari 5 halaman

Berbohong soal umur

Gemar Operasi Plastik Sejak Remaja, Pria Amerika Dijuluki Boneka Hidup
Perbesar
Gemar Operasi Plastik Sejak Remaja, Pria Amerika Dijuluki Boneka Hidup. (dok.Instagram @tylerdyvig/https://www.instagram.com/p/Bjisqzsgai-/Henry)

"Waktu melakukan prosedur pertamaku, aku bertemu dokter yang sedang menggelar diskon. Jadi, aku membuat janji dan berbohong soal umurku. Temanku yang lebih tua membawaku ke sana, dan aku menyuntikkan 20 unit Botox ke dahiku," kenangnya.

Bagi Tyler, prosedur Botox tersebut memberi sensasi yang menyenangkan. Di umur 16, Tyler pun nekat melakukan oplas bibir. "Aku selalu berpikir tidak percaya diri dengan bibirku. Karena saat masih kecil, aku menabrak sesuatu dan bekas lukanya membuat bibirku tidak seimbang," jelasnya.

Saat itu, Tyler dibayari orangtuanya. Namun sekarang, pria asal North Carolina, Amerika Serikat (AS) ini bisa membayar sendiri semua operasi plastik yang dijalani. Ia pun mendapat dukungan dari keluarga yang memintanya agar selalu menjalani operasi plastik maupun prosedur lain dengan cara yang aman.

3 dari 5 halaman

Rela tak membeli barang mewah

Ilustrasi Operasi Plastik
Perbesar
Ilustrasi operasi plastik yang dilakukan oleh pria. (sumber: Earth.com)

Demi operasi plastik, Tyler rela tak membeli barang-barang mewah. Ia juga sering mendapat diskon dari dokter bedah plastik kenalannya. Sampai menjelang akhir tahun ini, pria yang juga seorang YouTuber ini sudah menghabiskan biaya sekitar 65 ribu pound sterling atau nyaris Rp1 miliar.

Tyler telah melakukan oplas di bisep, dada, suntik filler, dan transplantasi rambut. Meski ketagihan oplas, Tyler berusaha agar hasilnya tetap natural. Ia tak mau tampak terlalu palsu atau seperti alien.

"Tiap kali aku melakukan operasi, aku memberitahu dokter bedahku, jika ada implan terlihat terlalu besar untuk tubuhku, itu akan dikeluarkan dan diganti yang lebih kecil," ujarnya.  Kegemaran Tyler untuk melakukan oplas belum berhenti. Dalam waktu dekat, ia merencanakan untuk melakukan implan di dagu dan bahu.

4 dari 5 halaman

Kasus di Indonesia

Ilustrasi operasi plastik
Perbesar
Ilustrasi operasi plastik (dok.unsplash/ H Shaw)

Selain di AS, di Indonesia juga ada pria yang mengaku melakukan oplas. Salah satunya adalah desainer dan pembawa acara televisi Ivan Gunawan. Hal itu diungkapkannya di saluran YouTube Fadil Jaidi berjudul "FJ Show Ivan Gunawan" yang tayang 28 Oktober 2020.

Dalam video itu, Ivan mengatakan bahwa hidung mancungnya sudah tidak original. "Palsu, ini modifikasi Korea 150 juta rupiah di luar tiket, di luar hotel," ungkapnya. Fadil Jaidi penasaran dengan biaya operasi plastik yang dihabiskan Ivan Gunawan untuk memoles bentuk wajahnya. "Total nih muka habis berapa?" tanya Fadil Jaidi. "1 M-an (satu miliar rupiah) kali," Ivan Gunawan berterus terang.

5 dari 5 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓