Foto Kolaborasi Positif Warga di Sekitarmu dan Raih Hadiah Jutaan Rupiah

Oleh Gilar Ramdhani pada 20 Nov 2020, 13:17 WIB
Diperbarui 20 Nov 2020, 14:13 WIB
JDCN Photo Competition
Perbesar
JDCN Photo Competition.

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam tiap pembangunannya ingin senantiasa tepat sasaran dalam artian mampu menjawab tiap tantangan dan sesuai dengan kebutuhan masyarakatnya. Karena itulah dalam tiap pembangunan di segala sektor Pemprov DKI Jakarta senantiasa menggandeng masyarakat untuk mendapatkan masukkan yang jadi dasar pembangunan.

Lewat wadah bernama Jakarta Development Collaboration Network (JDCN), Pemprov DKI Jakarta mengajak masyarakat untuk turut berkontribusi untuk menjadikan Jakarta sebagai kota 4.0 yang mampu menghadapi segala tantangan yang dihadapi.

Khusus di situasi pandemi saat ini diharapkan warga ikut andil dalam Gerakan positif dan menyebarluaskannya agar bersama bisa bangkit dari pandemi. Untuk itu diadakanlah sebuah Kompetisi Foto #CitizenCollaborationDiary yang merupakan salah satu rangkaian acara dari JDCN Forum 2020.

Kepala Biro Kerja Sama Daerah Provinsi DKI Jakarta, Andhika Permata, menjelaskan, dalam upaya mengembangkan jangkauan JDCN, Pemprov DKI Jakarta akan menyelenggarakan JDCN Forum 2020 pada 17 – 18 Desember mendatang. Namun, sebelumnya, diadakan sejumlah kompetisi mengusung kolaborasi warga dengan beberapa tema pilihan.

“Kami mengajak warga mengabadikan bentuk aktivitas kolaborasi, bisa dalam bentuk foto, video, bahkan yel-yel penyemangat untuk warga Jakarta. Tentunya, tetap perhatikan protokol kesehatan pencegahan COVID-19 saat mengabadikan momen-momen tersebut,” terangnya, pada Selasa, (17/11/2020).

“Adapun tema pilihan yang disediakan, yaitu kemiskinan, kebersihan, keagamaan, kesehatan, kebencanaan, sosial, ekonomi, pendidikan, penghijauan, serta keamanan dan ketertiban,” tambahnya.

Masyarakat umum dapat mengunggah foto original hasil karya sendiri dengan tema foto di lingkungan sekitar yang menggambarkan situasi kolaborasi warga yang inspiratif dalam gambaran kemajuan dan kebiasaan di Indonesia, terkhusus di kota besar. Nantinya foto yang terpilih akan membawa pulang hadiah jutaan rupiah.

2 dari 2 halaman

Mekanisme Lomba Foto

  1. Upload foto kamu di Instagram yang menggambarkan kolaborasi warga di sekitarmu. Tuliskan cerita tersebut di caption semenarik mungkin.
  2. Follow akun @jdcnforum
  3. Tag @plusjakarta, @JDCNForum @dkijakarta dengan hashtag #JakartaKotaKolaborasi #JDCNForum2020.
  4. Tag 3 teman Instagrammu dan ajak mereka untuk ikut berkolaborasi.
  5. Periode photo competition berlangsung pada tanggal 1 - 22 November 2020.
  6. Pastikan menuliskan hashtag yang diwajibkan dengan benar saat di-upload dan pastikan akun Instagram tidak dikunci/private agar dapat dicek oleh juri.
  7. Penilaian pemenang akan dilakukan oleh tim detikcom dan pemenang terpilih akan diinformasikan setelah program berakhir.
  8. Penilaian dari juri tidak dapat diganggu gugat dengan alasan apapun.
  9. Pemenang akan diumumkan tanggal 18 Desember 2020 di malam penghargaan.  

Kategori pada kontes foto ini dibagi menjadi dua, yaitu Best Picture dan Best Caption. Untuk Juara Best Picture akan membawa pulang uang tunai senilai Rp 15 juta. Sementara Juara Best Caption akan mendapat uang tunai senilai Rp 5 juta.

Sebagai informasi, periode lomba ini berlangsung pada 1-22 November 2020, kemudian seleksi dan penjurian pada 23-30 November 2020 serta pemenang akan diumumkan pada 18 Desember 2020. Adapun juri pada kontes foto ini adalah Fotografer Senior Indonesia Arbain Rambey, serta Redaktur Pelaksana detik Foto Dikhy Sasra.

Tunggu apalagi, tunjukkan foto terbaikmu sekarang juga!

 

(*)

Lanjutkan Membaca ↓