Sukses

Canggih, China Mulai Terapkan Pembayaran Pakai Pemindai Wajah

Kemajuan teknologi pastinya membawa perubahan setiap tahunnya, seperti pembayaran canggih ini. Berikut ulasannya.

Liputan6.com, Jakarta Perkembangan teknologi yang semakin canggih menjadi faktor penentu kemajuan bangsa itu. Seperti di China Ant Financial, yakni anak perusahaan dari Alibaba, menciptakan sistem pembayaran baru dengan sistem pembayaran menggunakan wajah.

Sistem pembayaran menggunakan kartu kredit ponsel pintar terlihat sudah tertinggal zaman, dengan kemajuan teknologi yang pesat memungkinkan semua kegiatan dialihkan menjadi serba digital. Berikut ulasannya dilansir dari theguardian.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tak perlu membawa dompet lagi

Dalam video, memperlihatkan ketika seorang wanita melakukan pembayaran menggunakan pemindah wajah, jika pemindai menilai bahwa wajah Anda cocok dengan data di sistem. Maka Anda hanya perlu memasukkan nomor ponsel Anda untuk menyelesaikan pembayaran.

“Saya bahkan tidak perlu membawa ponsel, saya dapat pergi keluar dan berbelanja tanpa membawa apa pun,” ujar Bo Hu, kepala informasi toko roti, yang menggunakan mesin pembayaran wajah di toko.

Pembayaran ini berbeda dengan pembayaran di supermarket tradisional, di mana Anda harus menunggu di antrean pembayaran dan itu sangat merepotkan.

Bo Hu mengatakan bahwa 300 toko rotinya memiliki sistem pembayaran menggunakan wajah.

@uptin

Took a sec but wow ##face ##payment ##cool ##cooltech ##crazy ##fyp ##money ##cashier

♬ original sound - Uptin
3 dari 4 halaman

pembayaran sangat praktis

Pembayaran menggunakan wajah tentunya berpotensi untuk menjadi populer di berbagai negara," ujar Mengmeng Zhang.

Alipay menghabiskan miliaran untuk mempopulerkan teknologi pembayaran wajah dengan memberikan subsidi untuk vendor dan penghargaan bagi konsumen yang menggunakan pembayaran wajah,”tambahnya.

4 dari 4 halaman

Masih dalam tahap uji coba

Dengan kemajuan teknologi yang semakin pesat setiap tahunnya, hampir segala sesuatu yang membutuhkan waktu lama untuk dikerjakan secara manual kini dapat dilakukan dalam sekejap.

Penulis

Fayola Gishlaine

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.