Kagum Prestasi Mancini di Liga Inggris, MU Pertimbangkan Gantikan Solskjaer

Oleh Achmad Yani Yustiawan pada 20 Nov 2020, 01:10 WIB
Diperbarui 20 Nov 2020, 18:42 WIB
Pelatih Manchester United, Ole Gunnar Solksjaer, bersiap memimpin latihan jelang laga 16 besar Liga Champions. (AFP/Franck Fife)
Perbesar
Pelatih Manchester United, Ole Gunnar Solksjaer, bersiap memimpin latihan jelang laga 16 besar Liga Champions di Kompleks Carrington, Manchester, Senin (11/2). MU akan menjamu PSG pada leg pertama di Stadion Old Trafford. (AFP/Franck Fife)

Liputan6.com, Jakarta - Manchester United atau MU saat ini dikabarkan mempertimbangkan manajer Italia Roberto Mancini sebagai pengganti Ole Gunnar Solskjaer. Pertimbangan ini bila klub Liga Inggris tersebut memutuskan memecat pelatih asal Norwegia itu.

Isu mengenai pergantian manajer MU belum lama berselang memang sempat mencuat. Hasil kurang memuskan yang diraih MU di Liga Inggris musim ini dan kompetisi Eropa membuat posisi sang manajer dipertanyakan.

Hanya saja, Solskjaer mampu meredakan tekanan di pundaknya setelah meraih kemenangan mengesankan di Everton sebelum jeda internasional.

Kendati begitu, masa depan pelatih berusia 47 tahun itu di Old Trafford masih jauh dari aman. Beberapa nama calon pengganti Solskjaer pun mulai mengemuka.

Sebut saja nama seperti Mauricio Pochettino dan Julian Nagelsmann yang telah dikaitkan dengan posisinya di MU. Tapi, menurut Tuttosport, Mancini juga dikagumi oleh klub Liga Inggris tersebut.

2 dari 6 halaman

Mancini Jadi Pertimbangan

Pelatih Sukses Jebolan Serie A
Perbesar
5. Roberto Mancini – Legenda Lazio ini baru saja membawa timnas Italia lolos ke Euro 2020. Sebelumnya ia juga telah sukses membawa Inter Milan dan Manchester City merengkuh titel juara. (AFP/Marco Bertorello)

Laporan itu sekaligus mengeklaim pekerjaan mantan manajer Manchester City dengan Italia telah membuat MU terkesan. Karena itu, pelatih berusia 55 tahun itu dapat dipertimbangkan seandainya ada pergantian pelatih.

Mancini telah memenangkan 17 dari 26 pertandingannya sebagai pelatih tim nasional Italia. Lalu, memimpin The Blues ke Kejuaraan Eropa musim panas mendatang berkat 10 kemenangan dari 10 pertandingan kualifikasi mereka.

Eks penyerang itu melatih City antara 2009 dan 2013. Memenangkan satu gelar Liga Inggris dan satu Piala FA selama waktunya di Stadion Etihad.

3 dari 6 halaman

Tidak Konsisten

Marcus Rashford Hattrick, Manchester United Pesta Gol ke Gawang RB Leipzig
Perbesar
Gelandang Manchester United, Paul Pogba, berebut bola dengan pemain RB Leipzig, Benjamin Henrichs, pada laga Liga Champions di Stadion Old Trafford, Kamis (29/10/2020). MU menang dengan skor 5-0. (AP/Dave Thompson)

Sebelumnya, posisi Solskjaer tengah digoyang. Tidak konsistennya performa MU di awal musim 2020 -2021 membuat desakan pemecatan Solskjaer mengemuka.

MU tampil kurang memuaskan di Liga Inggris 2020-2021. Dari tujuh laga yang dilakoni, MU baru mendapat 10 poin sehingga terdampar di posisi 14 klasemen sementara.

4 dari 6 halaman

Lebih Berpengalaman

Manchester United vs Burnley
Perbesar
Manajer Manchester United, Ole Gunnar Solskjaer bersama timnya, Daniel James, Phil Jones dan Aaron Wan-Bissaka meninggalkan lapangan setelah laga lanjutan Liga Inggris kontra Burnley di Old Trafford, Rabu (23/1/2020). MU tidak berdaya di kandang sendiri usai takluk 0-2 dari Burnley. (Paul ELLIS/AFP)

Media-media Inggris kemudian memberitakan manajemen MU mulai mempertimbangkan memecat Solskjaer dan menggantinya dengan pelatih yang lebih berpengalaman.

Satu di antara nama yang paling santer dikaitkan sebagai pengganti Solskjaer adalah Mauricio Pochettino. Kebetulan eks pelatih Tottenham Hotspur itu sedang menganggur.

5 dari 6 halaman

Klasemen Liga Inggris

ilustrasi liga inggris
Perbesar
ilustrasi liga inggris (Liputan6.com/Abdillah)

 
6 dari 6 halaman

Video Pilihan

Lanjutkan Membaca ↓