4 Alasan Mengapa Sebaiknya Anda Menggunakan Guling Saat Tidur

Oleh Camelia pada 20 Nov 2020, 08:00 WIB
Diperbarui 20 Nov 2020, 08:00 WIB
Ilustrasi Tidur
Perbesar
Ilustrasi tidur (dok. Pixabay.com/Putu Elmira)

Liputan6.com, Jakarta - Ketika tidur, sebagian besar individu menggunakan bantal sebagai alas kepala. Namun, tak sedikit yang menggunakan guling untuk menyangga antar kaki mereka.

Padahal seseorang tidur dengan bantal di antara kedua kaki dapat membantu tubuh menjadi lebih nyenyak dan nyaman saat tidur.

Dikutip dari Brightside, Jumat (19/11/2020), ini beberapa alasan mengapa sebaiknya Anda tidur menggunakan guling atau bantal di antara kedua kaki.

1. Meningkatkan sirkulasi darah di tubuh Anda

Tidur
Perbesar
Ilustrasi Tidur Credit: pexels.com/pixabay

Menempatkan bantal di antara kaki Anda dapat membantu meringankan aliran darah di tubuh Anda.

Ini menghilangkan tekanan dari pembuluh darah Anda dan memudahkan sirkulasi darah, membantu organ Anda berfungsi dengan baik dan bahkan meningkatkan sistem kekebalan Anda. Ini juga dapat membantu Anda meredakan nyeri karena varises.

2 dari 5 halaman

2. Mencegah Mendengkur

Ilustrasi orang tidur.
Perbesar
Ilustrasi orang tidur. (dok. Manbob86/Pixabay/ Tri Ayu Lutfiani)

Menurut para ahli, tidur miring ke kiri adalah posisi terbaik jika Anda kerap mendengkur saat tidur. Namun, karena tidur dengan satu sisi bisa memberi tekanan pada punggung dan pinggul, disarankan untuk meletakkan guling di antara kedua kaki agar Anda bisa rileks.

3 dari 5 halaman

3. Membantu Mengurangi Stres pada Lutut

[Fimela] Woman in Bed
Perbesar
Ilustrasi tempat tidur | Pixabay.com

Jika nyeri lutut sering membuat Anda terjaga di malam hari, mungkin inilah saatnya mulai tidur dengan guling di antara kedua kaki Anda.

Bantalannya membantu Anda rileks dan dapat meredakan nyeri Anda. Jika Anda tidur telentang, letakkan bantal di bawah lutut atau jika Anda tidur miring coba letakkan di antara lutut.

4 dari 5 halaman

4. Membantu Anda Mempertahankan Posisi Tidur yang Benar

Ilustrasi tidur, bermimpi
Perbesar
Ilustrasi tidur, bermimpi. (Gambar oleh 溢 徐 dari Pixabay)

Tidur yang salah berbahaya bagi tubuh dan dapat menyebabkan nyeri punggung, pinggul, serta sendi. Tidur dengan bantal di antara kedua kaki Anda dapat mengurangi tekanan pada punggung bawah dan tulang belakang Anda.

Jika Anda tidur telentang, letakkan bantal kecil di bawah tulang punggung juga dapat membantu Anda menjaga tubuh tetap sejajar dalam postur yang baik.

Jika bantal biasa tidak cukup, cobalah untuk menggunakan bantal yang dibuat khusus dan tersedia online yang dapat membantu Anda tidur lebih nyenyak.

5 dari 5 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓