Viral Potret Siswa Pakai Penutup Mata Saat Ujian Online, Warganet: Mau UTS atau Sulap?

Oleh Liputan6.com pada 19 Nov 2020, 15:00 WIB
Diperbarui 19 Nov 2020, 15:00 WIB
Agar Tidak Curang Selama Ujian Online, Siswa Ini Ujian Pakai Penutup Mata
Perbesar
(Twitter.com/txtdaripelajar)

Liputan6.com, Jakarta - Pandemi COVID-19 membawa dampak besar bagi dunia pendidikan. Bagaimana tidak, seluruh siswa dari berbagai tingkatan kini harus melakukan kegiatan belajar mengajar secara online.

Ya, pendidikan jarak jauh dihimbau agar lembaga pendidikan dari sekolah dasar hingga perguruan tinggi tetap dapat melaksanakan kegiatan belajar mengajar dengan aman di tengah pandemi.

Sementara itu, kebijakan ini juga nyatanya berpengaruh pada pelaksanaan ujian di berbagai sekolah. Jika sebelumnya ujian dilakukan di ruang kelas dengan tempat duduk acak, namun kini tes harus dilakukan di rumah masing-masing secara online

Hal ini membuat guru-guru khawatir jika para siswa akan berbuat curang atau menyontek saat melakukan ujian.

2 dari 5 halaman

Cara Unik Guru Cegah Siswa Curang

Agar Tidak Curang Selama Ujian Online, Siswa Ini Ujian Pakai Penutup Mata
Perbesar
(Twitter.com/txtdaripelajar)

Menariknya, guru dapat mencari banyak cara untuk mencegah agar siswa tidak saling menyontek dan berbuat kecurangan saat proses ujian.

Salah satu caranya ialah dengan mengganti ujian tertulis menjadi ujian lisan. Namun tak cukup sampai di situ, rupanya ada seorang guru yang membuat aturan unik ketika muridnya melakukan ujian lisan yaitu dengan menutup mata mereka dengan kain agar tak membaca contekan. 

Hal ini seperti yang terlihat dari sebuah unggahan oleh akun Twitter @callmeBeeL. Dia menjelaskan bagaimana dia dan temannya sedang mengikuti ujian tengah semester.

 

3 dari 5 halaman

Segala Benda Dipakai untuk Menutup Mata

"Aku UTS kek gini. Kalian kek mana?" tulis pemilik Twitter tersebut.

Seperti yang bisa dilihat dari foto, semua siswa mau tidak mau harus mengikuti aturan ini. Menariknya, mereka menutupi mata dengan berbagai kain, termasuk sapu tangan, bandana, bahkan menggunakan kardus.

 

4 dari 5 halaman

Respons Warganet

Melihat Penerapan Sekolah Tatap muka di Tangsel
Perbesar
Guru mengajar secara darling sekaligus tatap muka kepada murid-murid SDIT Nurul Amal, Pondok Cabe, Tangerang Selatan, Banten, Senin (16/11/2020). Proses belajar secara tatap muka atau luring ini merupakan uji coba dengan menggunakan assessment pembatasan jumlah murid. (merdeka.com/Arie Basuki)

Sontak, aksi lucu dari siswa dengan penutup mata saat ujian mengundang tawa warganet, hingga kini unggahan tersebut mendapat lebih dari 2,3 ribu retweets dan 11,6 ribu suka.

"Contekannya taruh dalem mata," tulis akun @ryzkl.

"Hah? Uts apa sulap," tanya akun @Auliaaaw.

"Terdeteksi ada yg pake serbet dapur 'selamat menikmati bau bawang merah' wkwowk," kata akun @edisiimam1.

"Duh jangan sampe dosen liat sih sa inimah nanti jadi inspirasi wkwk," tutur akun @Filarkhuiru.

"Gw tadi ujian, suruh nyalain kameraa.. bukan gw yg ditanya aja udh deg2kan.. tp seneng kalau ujian gituu.. tp kalau begini wkwk mikir juga gw.. takut ilang ingatan," tulis akun @radiatank.

"Murid gw cuma gw suruh merem aja si, ga sampe ditutup kain. Gak nyaman liatnya ehehe," kata akun @iyatiwiya.

"Cara ngerjain uts ny pake apa? matanya kok dibungkus," tanya akun @oneTwitfun.

Penulis

Fayola Gishlaine

5 dari 5 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓