Sering Disepelekan, 4 Dampak Buruk Jika Pakai Bra Tak Sesuai Ukuran

Oleh Liputan6.com pada 08 Des 2020, 10:00 WIB
Diperbarui 08 Des 2020, 10:00 WIB
Ilustrasi bra
Perbesar
Ilustrasi bra. Sumber foto: unsplash.com/Vinicius Amano.

Liputan6.com, Jakarta - Banyak wanita beranggapan jika memakai bra yang ketat bisa membuat payudara mereka terlihat berisi dan indah. Padahal, jika Anda melakukan ini, justru dapat melukai payudara Anda.

Faktanya, kebanyakan wanita salah memakai ukuran bra. Banyak wanita memilih menggunakan bra yang ukurannya lebih kecil. Padahal jika dibiarkan, kebiasaan tersebut bisa membahayakan kesehatan.

Nah, penasaran apa saja dampak menggunakan bra terlalu sempit bagi kesehatanmu? Berikut ulasannya.

1. Risiko Kanker Payudara

Sesak napas
Perbesar
Ilustrasi Sesak Napas Credit: unsplash.com/Laura

Payudara yang sering dipaksa memakai bra ketat meningkatkan risiko kanker payudara. Saat payudara ditutupi bra yang ketat, aliran darah ke otak terhambat.

Selain itu, tekanan pada bra mencegah aliran getah bening, sehingga aliran ini tidak lancar dan akan meningkatkan risiko kanker payudara. Karena itu, pastikan bra Anda nyaman dan tidak terlalu besar atau terlalu kecil.

2 dari 5 halaman

2. Sakit pada leher, bahu dan punggung

Bahaya Membunyikan Leher, Bisa Sampai Strok
Perbesar
Ilustrasi sakit leher. (dok. Pixabay/Novi Thedora)

Jika payudara Anda berukuran sedang hingga besar, memilih bra yang dapat menopang dengan nyaman sangatlah penting. Bra yang terlalu sempit tidak bisa memberikan kenyamanan untuk keseharian.

Akibatnya, punggung lebih cepat pegal apabila memakai bra tersebut dalam waktu lama, postur Anda bisa bengkok. Jika payudara Anda berukuran sedang hingga besar, gunakan bra dengan strap lebar di sekeliling bahu Anda.

Selain itu, pastikan Anda mengenakan bra dengan tali yang nyaman dan lebar untuk memastikan payudara Anda tersangga dengan sempurna. Punggung dan dada agar lebih nyaman.

3 dari 5 halaman

3. Nyeri di Bahu dan Lengan

Pegal
Perbesar
Ilustrasi Pegal dan Nyeri Pada Tubuh Credit: pexels.com/pixabay

Jika Anda memakai bra strap yang terlalu tipis dan terlalu kecil, tekanan pada bahu dan lengan atas Anda akan lebih besar sehingga menyebabkan nyeri dan kesulitan dalam bergerak.

Oleh karena itu, pilihlah bra strap yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Payudara besar lebih cocok dengan tali bra yang lebih lebar. Pastikan Anda memakai bra dengan strap bahu yang nyaman dan lembut.

Beberapa bra murah memiliki strap yang kasar dan bisa mengiritasi bahu Anda.

4 dari 5 halaman

4. Sakit dan Nyeri Perut

Ilustrasi nyeri haid
Perbesar
Ilustrasi nyeri haid (iStock)

Bra yang ketat bisa menyebabkan masalah kesehatan lainnya, yaitu sakit perut. Mungkin fakta ini aneh, tetapi itu benar dan telah dibuktikan dalam beberapa penelitian.

Mengenakan bra secara tidak benar dan terlalu ketat bisa menyebabkan masalah pencernaan dan sakit perut. Bra yang terlalu ketat akan menekan tulang rusuk dan organ pencernaan bagian atas.

Hal ini bisa membuat perut tidak nyaman dan terkadang menimbulkan rasa sakit setelah makan. Selain itu, gangguan kesehatan yang lebih serius dapat terjadi karena bagian tubuh yang sering terhimpit dapat mengalami kerusakan.

Penulis:

Fayola Gishlaine

5 dari 5 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓