Sukses

Selama 5 Tahun, Pria Ini Berdiri Seharian di Jembatan Agar Orang Tak Buang Sampah ke Sungai

Agar lingkungannya bersih, pria ini rela menjaga sungai selama 5 tahun. Berikut ulasannya.

Liputan6.com, India - Salah satu penyebab pencemaran lingkungan yang paling umum adalah sampah. Apalagi sampah plastik yang sulit terurai dan menjadi masalah umum.

Pencemaran tersebut disebabkan oleh manusia yang tidak bertanggung jawab, mereka membuang sampah sembarangan dimana-mana, seperti di sungai.

Inilah alasan mengapa pencemaran lingkungan tidak dapat dibendung. Sungai menjadi keruh dan berbau tidak sedap.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Rela berdiri menjaga sungai

Untungnya, masih ada beberapa orang yang masih peduli. Seperti yang dilakukan seorang pria di Indiranagar, Nashik, India. Setelah petugas IFS Swetha Boddu mengunggahnya di laman Twitter-nya.

Aksi dari seorang pria bernama Chandra Kishore Patil menarik perhatian warganet. Swetha Boddu menjelaskan bahwa pria ini rela berdiri di Sungai Godavari sepanjang hari untuk mencegah warga yang kerap membuang sampah sembarangan.

Akun Twitter @swethaboddu juga memperlihatkan Patil yang sedang berdiri, dengan tumpukan kantong sampah di belakangnya.

3 dari 4 halaman

Aksinya sejak 5 tahun lalu

"Saya melihat pria ini berdiri di jalan ini dengan bersiul sepanjang hari untuk mencegah orang membuang sampah ke dalam kantong plastik ke sungai Godavari," tulis swetha.

Patil adalah penduduk yang tinggal di tepi sungai. Ia merasa sungai semakin kotor seiring dengan berjalannya waktu, karena banyak orang membuang sampah ke sungai Godavari usai perayaan.

Akibatnya, Patil memutuskan untuk mengambil sikap tegas agar masyarakat tidak mencemari sungai.

Dia juga berdiri di sungai dari pagi hingga malam untuk mencegah orang membuang sampah sembarangan. Dia telah melakukannya selama lima tahun.

4 dari 4 halaman

Kerap menerima perlakuan kasar

Patil berdiri di tepi sungai dari pagi sampai jam 11 malam. Dari waktu ke waktu, Patil kerap menerima perlakuan kasar oleh orang-orang yang ingin membuang sampah ke sungai.

Tapi ini tidak membuat Patil takut, dia masih memberi mereka peringatan yang bagus. Patil bahkan punya cara unik untuk menyadarkan warga lainnya.

Artinya, isi botol dengan air sungai yang tercemar dan biarkan tercium bau air di dalam botol. Cara yang tidak biasa untuk membangunkan orang yang sering membuang sampah sembarangan.

Salut akan aksi dari pria asal India ini pun langsung menyedot perhatian netizen. Bahkan postingan milik akun @swethaboddu tersebut telah disukai lebih dari 1,4 juta pengguna Twitter. Beberapa warganet menanggapi aksi dari Patil dengan respon yang positif.

Penulis

Fayola Gishlaine

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.