Agar Sehat, Perlukah Minum Air Putih 8 Gelas Sehari?

Oleh Ulya Kaltsum pada 16 Nov 2020, 09:00 WIB
Diperbarui 16 Nov 2020, 10:57 WIB
Mengonsumsi Banyak Air Putih
Perbesar
Ilustrasi Meminum Air Putih Credit: pexels.com/Daria

Liputan6.com, Jakarta - Kandungan air dalam tubuh manusia adalah sekitar 60%-70% dari berat tubuh. Hal ini menunjukkan bawah air sangat penting bagi organ-organ dalam tubuh.

Sepanjang hari tubuh terus menerus kehilangan air, sebagian besar melalui urin dan keringat. Oleh karena itu, untuk mencegah dehidrasi, Anda perlu minum air yang cukup setiap hari.

Meskipun Anda sering mendengar pesan untuk minum air putih delapan gelas atau dua liter setiap harinya, hal ini tak dapat dijadikan sebagai acuan. Pasalnya, setiap individu memiliki kebutuhan air yang berbeda-beda. Terdapat banyak faktor (baik internal maupun eksternal) yang mempengaruhi kebutuhan air setiap orang.

The US National Academies of Sciences, Engineering, and Medicine menyarankan minum air 11,5 cangkir (2,7 liter) untuk wanita dan 15,5 cangkir (3,7 liter) untuk pria setiap harinya.

2 dari 4 halaman

Faktor-faktor yang mempengaruhi kebutuhan air seseorang

Gambar Ilustrasi Wanita Meminum Segelas Air
Perbesar
Sumber: Freepik

Selain itu, terdapat berbagai faktor yang mempengaruhi kebutuhan air seseorang. Faktor-faktor tersebut adalah:

1. Tempat tinggal

Jika Anda tinggal di tempat yang panas, lembap, atau kering, Anda membutuhkan lebih banyak air. Selain itu, Anda juga akan membutuhkan lebih banyak air jika tinggal di pegunungan atau di dataran tinggi.

2. Lingkungan

Anda akan membutuhkan banyak air jika menghabiskan lebih banyak waktu di luar ruangan dan di bawah sinar matahari karena merasa lebih cepat haus.

3. Aktivitas

Jika Anda aktif melakukan berbagai aktivitas di siang hari, seperti berolahraga atau sering berjalan dan berdiri, Anda akan membutuhkan lebih banyak air daripada seseorang yang duduk di depan meja. Anda membutuhkan lebih banyak air untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang melalui keringat.  

4. Hamil atau menyusui

Saat dalam keadaan hamil atau menyusui, Anda membutuhkan lebih banyak air untuk memenuhi kebutuhan cairan yang tinggi. Terdapat berbagai perubahan yang terjadi pada tubuh ibu hamil, sehingga kebutuhan cairannya pun meningkat.

3 dari 4 halaman

Minum air yang cukup dapat mengatasi beberapa penyakit

Ilustrasi/copyrightsuhtterstock/https://www.shutterstock.com/image-photo/close-view-young-woman-drinking-pure-1453304402
Perbesar
minum air putih

Kehilangan satu persen berat badan mungkin tak akan terlihat, tetapi berbeda jika kehilangan cairan tubuh dalam jumlah yang signifikan. Hal ini biasanya terjadi saat Anda berkeringat atau berada di ruangan yang panas dan tidak minum air yang cukup.

Minum air yang cukup diperlukan agar tubuh berfungsi dengan baik. Minum lebih banyak air dan tetap terhidrasi dapat mengatasi beberapa masalah kesehatan, seperti sembelit, infeksi saluran kemih, batu ginjal dan dehidrasi pada kulit.

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓