Sukses

Sering Merasa Terangsang Saat Berolahraga? Ini Lho Sebabnya

Pernah merasa terangsang saat berolahraga? Ternyata ini penyebabnya.

Liputan6.com, Jakarta Para ahli menjelaskan mengapa olahraga yang baik dapat membuat Anda bersemangat dan bahkan terangsang

Jika Anda pernah merasa diri Anda terangsang saat berolahraga, tak perlu malu karenanya. Faktanya, itu mungkin lebih karena biologis daripada melihat tampilan Anda di depan cermin.

"Menjadi aktif adalah afrodisiak yang ampuh bagi pria dan wanita," kata Tina M. Penhollow, seorang profesor di Department of Exercise Science and Health Promotion di Florida Atlantic University, seperti dilaporkan oleh Aaptiv.

Ada banyak cara memompa zat besi yang bermanfaat bagi tubuh Anda. Berikut ini beberapa alasan mengapa Anda merasa bersemangat dan bahkan terangsang saat berolahraga seperti dilansir dari Bestlifeonline.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Berolahraga memengaruhi hormon

"Olahraga, terutama untuk tubuh bagian bawah, menyebabkan tubuh mengeluarkan hormon seperti testosteron," lata pelatih pribadi Nick Liguori kepada Well + Good.

"Ini meningkatkan aliran darah ke organ reproduksi, yang memicu libido Anda," tambahnya.

Lonjakan testosteron selama olahraga tak hanya menyebabkan peningkatan gairah pada pria, tetapi juga memengaruhi wanita.

"Olahraga telah terbukti memengaruhi berbagai hormon seperti kortisol, estrogen, prolaktin, dan testosteron, yang semuanya telah dikaitkan dengan gairah seksual pada wanita," tulis tim dari University of Texas, Austin, dalam laporan tahun 2018.

 

3 dari 5 halaman

Itu meningkatkan gairah fisiologis

Sebuah studi tahun 2008 yang diterbitkan dalam The Journal of Sexual Medicine menemukan "peningkatan signifikan dalam gairah seksual fisiologis dengan olahraga" pada partisipan wanita.

Profesor Universitas Indiana Debby Herbenick yang melakukan penelitian tentang topik tersebut, menulis dalam bukunya The Coregasm Workout bahwa sebanyak 1 dari 10 wanita dan 1 dari 12 pria pernah mengalami orgasme yang dipicu oleh latihan di beberapa titik dalam hidup mereka.

Namun yang cukup menarik, dalam penelitian Herbenick tahun 2012 yang berjudul "Orgasme yang Diinduksi oleh Latihan dan Kesenangan di Antara Wanita," sebagian besar partisipan melaporkan bahwa mereka bahkan tidak memikirkan tentang seks pada saat itu.

 

4 dari 5 halaman

Satu latihan khusus yang dapat menyebabkan orgasme

Sejauh latihan spesifik yang dapat menyebabkan Anda orgasme, Herbenick mengatakan kepada Insider bahwa itu adalah 'hanging leg raises.'

Ini merupakan latihan dengan cara bergantung sementara kaki Anda menjuntai dengan bebas. Kemudian, angkat perut perlahan ke arah dada. Anda juga bisa melakukanya dengan cara menjaga agar kaki tetap lurus membentuk huruf L.

 

5 dari 5 halaman

Berlari juga memberikan efek yang sama

Beberapa orang juga memberi tahu Herbenick bahwa mereka mengalami orgasme saat berlari, tapi hanya jika mereka melakukannya selama lebih dari 20 menit.

Berlari sebelum latihan perut juga dapat meningkatkan kemungkinan mengalami orgasme yang disebabkan oleh olahraga, kata Herbenick.

Hal ini mungkin terjadi karena beberapa alasan:

1) Mengaktifkan sistem saraf simpatik, yang bertanggung jawab atas respons seksual, dan

2) Membuat darah mengalir ke seluruh tubuh Anda, termasuk ke daerah panggul, yang meningkatkan gairah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.