Sukses

Pura-Pura Idap Kanker, Wanita Ini Raup Donasi Rp 837 Juta untuk Foya-Foya

Dari hasil penggalangan dana, wanita yang berpura-pura idap kanker ini berhasil mengumbulkan Rp 837 juta.

Liputan6.com, Inggris - Seorang wanita berumur 42 tahun dari Inggris nekat berpura-pura mengidap penyakit kanker demi bisa menggalang dana yang uangnya dipakai untuk berfoya-foya.

Wanita bernama Nicole Elkabbass memutuskan membuat penggalangan dana di situs GoFundMe untuk dirinya sendiri. Dalam situs tersebut, ia mengklaim bahwa dirinya mengidap kanker ovarium dengan menyantumkan foto dirinya yang terbaring di ranjang rumah sakit.

Melansir dari Daily Star, Rabu (11/11/2020), dari hasil penggalangan dana tersebut, ibu satu anak ini berhasil mengumbulkan lebih dari 45.000 poundsterling atau setara dengan Rp 837 juta. 

Namun, sebelum dia menghabiskan uangnya untuk liburan mewah, menonton Tottenham Hotspur dan berjudi online, aksi penipuannya telah terendus pihak berwajib. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Penggalangan Dana Itu Seakan Dibuat Ibunya

Jaksa Ben Irwin mengatakan bahwa penggalangan tersebut seolah dibuat ibu pelaku yang mengatakan kalau “Nicole membutuhkan bantuan perawatan kami.” Selain itu, dalam keterangannya juga tertulis bahwa Nicole adalah putri yang cantik dan ibu yang penuh kasih yang baru saja didiagnosis kanker mematikan. 

Foto yang dicantumkan dalam situs itu memang benar dirinya yang diambil setelah dia menjalani operasi untuk mengangkat kantong empedunya.

Jaksa Irwin menambahkan bahwa apa yang dilakukan Nicole adalah tipu muslihat untuk menopang gaya hidupnya yang mewah. 

 

3 dari 3 halaman

Hadapi 2 Tuduhan Penipuan

Mantan temannya, konsultan ginekolog Nicholas Humphrey Morris memberikan bukti dan membatah klaimnya bahwa dia mendiagnosisnya mengidap kanker.

“Dia tidak pernah menjadi pasien saya dan dia tidak pernah mengunjungi saya di rumah sakit atau klinik tempat saya bekerja,” kata Morris.

Faktanya, Nicole sendiri lah yang memberi tahu bahwa dirinya sakit. Setelah mendengar penggalangan dana tersebut, Morris mencurigai adanya aksi curang yang dilakukan Nicole.

Atas ulahnya itu, dalam persidangan di Pengadilan Margate Magistrates, Nicole menghadapi dua tuduhan penipuan terkait uang yang diterimanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini