Sukses

Ini Pulau Berpenghuni Terkecil di Dunia, Seperti Apa Bentuknya?

Pulau ini memecahkan rekor sebagai pulau berpenghuni terkecil di dunia.

Liputan6.com, Jakarta Sebuah pulau di Amerika Serikat disebut-sebut sebagai pulau berpenghuni terkecil di dunia. Pulau itu diberi nama 'Just Room Enough Island' dan tak lebih besar dari lapangan tenis.

Pulau itu terletak di dekat Teluk Alexandria yang ada di New York. Pulau yang sangat kecil namun indah ini hanya terdiri dari satu rumah kecil dan sebatang pohon.

Just Room Enough Island adalah bagian dari 1.864 pulau yang terletak di Sungai St. Lawrence yang indah. Sungai ini membelah New York (AS) dari Ontario (Kanada).

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ukuran Pulau

Melansir dari TimesofIndia, pulau kecil ini mencakup tanah seluas 307 meter persegi. Pulau ini memegang rekor di Guinness Book of World Records karena menjadi pulau berpenghuni terkecil di dunia setelah mengalahkan Bishop Rock yang berukuran dua kali dari pulau kecil ini.

 

3 dari 4 halaman

Sejarah pulau

Awalnya, pulau tersebut dikenal sebagai Pulau Hub. Kemudian pada tahun 1950, pulau itu dibeli oleh keluarga Sizelands yang kaya.

Anggota keluarga kemudian membangun sebuah pondok di pulau itu dan menanam pohon yang benar-benar menutupi tanah yang tersisa. Belakangan, keluarga tersebut mengganti nama pulau itu menjadi Pulau 'Just Room Enough.'

 

4 dari 4 halaman

Menarik wisatawan

Awalnya, mereka berniat menjadikan pulau itu sebagai tempat liburan akhir pekan di rumah musim panas. Namun, sejak menjadi pulau berpenghuni terkecil di dunia, pulau itu telah menarik wisatawan yang penasaran dari seluruh penjuru.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.