Sukses

Alasan Kalian Tak Boleh Sembarangan Beri Keju kepada Kucing

Sebenarnya amankah jika kucing makan keju? Berikut ini penjelasannya.

Liputan6.com, Jakarta Kucing merupakan salah satu hewan yang sangat penasaran dengan makanan. Seperti yang kita ketahui bersama, hidung kucing memiliki penciuman yang kuat. Tak heran jika kucing kerap menghampiri kita ketika kita sedang makan sesuatu. 

Tak sedikit pula yang lantas memberikan makanan apapun kepada kucing. Padahal tak semua makanan aman loh dikonsumsi oleh kucing. Salah satu makanan yang menjadi pertanyaan banyak orang ialah keju. 

Sebenarnya apakah aman jika kucing makan keju atau makan makanan berbahan dasar keju? Simak ulasannya dilansir dari laman goldenmaze.

 

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Apakah Boleh Memberi Kucing Keju?

Menurut Christine O'Brien dilansir dari website Hill’s Pet, kucing bisa makan keju namun harus dengan takaran tertentu. Oleh karena itu, tidak masalah jika Anda memberikan sedikit keju ke kucing peliharaan Anda. Tentunya, porsi keju yang diberikan pada kucing juga harus dibatasi.

Ini adalah hal yang harus Anda perhatikan sebelum memberikan keju pada kucing, Kenapa begitu? Pada dasarnya kucing adalah karnivora, dan keju bukanlah pilihan makanan utama.

Umumnya keju bisa digunakan sebagai pengganti untuk menambah nafsu makan kucing dan memudahkan kucing untuk minum obat. Namun, Anda perlu tahu bahwa kucing tidak toleran terhadap laktosa. Padahal keju terbuat dari susu yang mengandung laktosa.

3 dari 4 halaman

Berikut Dampaknya

Terlalu banyak laktosa yang masuk ke dalam tubuh kucing dapat menyebabkan masalah pencernaan dan kesehatan. Tak hanya itu, beriku deretan dampak jika kucing terlalu banyak konsumsi keju:

  1. Diare.
  2. Sembelit.
  3. Muntah.
  4. Alergi.
  5. Bulu kucing rontok.
  6. Kulit kucing merah dan gatal.

Di sisi lain, keju tinggi lemak dan garam yang dapat memengaruhi perkembangan dan pertumbuhan kucing. Bisa saja terlalu banyak konsumsi keju dapat menyebabkan obesitas atau masalah ginjal pada kucing. Oleh karena itu, jangan sampai Anda memberi keju secara sembarangan. Pastikan hanya memberikannya dalam porsi yang kecil ya.

4 dari 4 halaman

Berapa Porsi Keju yang Aman untuk Kucing?

Jumlah keju yang boleh diberikan kepada kucing tidak boleh melebihi 8-10% dari kalori harian kucing. Oleh karena itu, Anda harus terlebih dahulu memeriksa kalori keju yang ingin diberikan pada kucing. Data kalori keju secara detail dapat dilihat pada label nutrisi di kemasan keju. Pastikan potongan keju yang Anda berikan tidak lebih tinggi dari porsi keju yang direkomendasikan.

Penulis

Fayola Gishlaine

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.