Alasan Kalian Tak Boleh Sembarangan Beri Keju kepada Kucing

Oleh Liputan6.com pada 26 Des 2020, 08:00 WIB
Diperbarui 26 Des 2020, 08:00 WIB
Ilustrasi kucing
Perbesar
Ilustrasi kucing (dok.unsplash)

Liputan6.com, Jakarta Kucing merupakan salah satu hewan yang sangat penasaran dengan makanan. Seperti yang kita ketahui bersama, hidung kucing memiliki penciuman yang kuat. Tak heran jika kucing kerap menghampiri kita ketika kita sedang makan sesuatu. 

Tak sedikit pula yang lantas memberikan makanan apapun kepada kucing. Padahal tak semua makanan aman loh dikonsumsi oleh kucing. Salah satu makanan yang menjadi pertanyaan banyak orang ialah keju

Sebenarnya apakah aman jika kucing makan keju atau makan makanan berbahan dasar keju? Simak ulasannya dilansir dari laman goldenmaze.

 

 

2 dari 5 halaman

Apakah Boleh Memberi Kucing Keju?

ilustrasi keju penyebab bau mulut/pexels
Perbesar
ilustrasi keju penyebab bau mulut/pexels

Menurut Christine O'Brien dilansir dari website Hill’s Pet, kucing bisa makan keju namun harus dengan takaran tertentu. Oleh karena itu, tidak masalah jika Anda memberikan sedikit keju ke kucing peliharaan Anda. Tentunya, porsi keju yang diberikan pada kucing juga harus dibatasi.

Ini adalah hal yang harus Anda perhatikan sebelum memberikan keju pada kucing, Kenapa begitu? Pada dasarnya kucing adalah karnivora, dan keju bukanlah pilihan makanan utama.

Umumnya keju bisa digunakan sebagai pengganti untuk menambah nafsu makan kucing dan memudahkan kucing untuk minum obat. Namun, Anda perlu tahu bahwa kucing tidak toleran terhadap laktosa. Padahal keju terbuat dari susu yang mengandung laktosa.

3 dari 5 halaman

Berikut Dampaknya

Jenis Keju
Perbesar
Keju Cheddar / Sumber: iStockphoto

Terlalu banyak laktosa yang masuk ke dalam tubuh kucing dapat menyebabkan masalah pencernaan dan kesehatan. Tak hanya itu, beriku deretan dampak jika kucing terlalu banyak konsumsi keju:

  1. Diare.
  2. Sembelit.
  3. Muntah.
  4. Alergi.
  5. Bulu kucing rontok.
  6. Kulit kucing merah dan gatal.

Di sisi lain, keju tinggi lemak dan garam yang dapat memengaruhi perkembangan dan pertumbuhan kucing. Bisa saja terlalu banyak konsumsi keju dapat menyebabkan obesitas atau masalah ginjal pada kucing. Oleh karena itu, jangan sampai Anda memberi keju secara sembarangan. Pastikan hanya memberikannya dalam porsi yang kecil ya.

4 dari 5 halaman

Berapa Porsi Keju yang Aman untuk Kucing?

keju sehat
Perbesar
ilustrasi keju/Photo by Aliona Gumeniuk on Unsplash

Jumlah keju yang boleh diberikan kepada kucing tidak boleh melebihi 8-10% dari kalori harian kucing. Oleh karena itu, Anda harus terlebih dahulu memeriksa kalori keju yang ingin diberikan pada kucing. Data kalori keju secara detail dapat dilihat pada label nutrisi di kemasan keju. Pastikan potongan keju yang Anda berikan tidak lebih tinggi dari porsi keju yang direkomendasikan.

Penulis

Fayola Gishlaine

5 dari 5 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓