Sukses

Ternyata Ini Alasan Kenapa Pramugari Kerap Pakai Lipstik Warna Cerah

Siapa sangka, pemilihan warna lipstik pramugari yang cerah ternyata terkait dengan upaya keselamatan penumpang selama penerbangan.

Liputan6.com, Jakarta - Bagi kalian yang pernah bepergian menggunakan pesawat tentu setuju bahwa penampilan para pramugari di dalam kabin selalu menarik perhatian penumpang. Penampilan yang rapi serta sapaannya yang ramah saat melayani penumpang menambah kenyamanan penumpang. 

Mereka juga selalu tampil cantik serta cenderung memoleskan lipstik berwarna cerah di bibirnya. Tapi memakai lipstik berwarna cerah bukan sekadar untuk melengkapi penampilan para pramugari.

Dilansir dari laman Daily Star, ternyata ada alasan khusus di balik pemilihan warna lipstik pramugari. Hal ini diungkapkan seorang mantan pramugari bernama Heather Pople yang pernah menjadi anggota awak kabin selama 20 tahun.

Dalam bukunya yang berjudul "Cruising Attitude", dia mengatakan, "Itu harus dipakai setiap saat." Bukan sekadar tampil cantik dan memesona, pemilihan warna lipstik pramugari ternyata terkait upaya keselamatan selama penerbangan.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Berguna Saat Kondisi Darurat

Saat kondisi darurat, warna lipstik yang mencolok dinilai sangat berguna bagi para penumpang. Mereka akan lebih mudah membaca gerak bibir para pramugari saat memberikan instruksi penyelematan diri.

Di sisi lain, warna lipstik pramugari seakan telah menjadi bisnis serius dalam industri penerbangan. Poole bahkan mengaungkapkan bahwa pramugari bisa mendapat masalah jika tidak mau mengikuti pedoman tata rias.

Ia kemudian teringat sebuah insiden saat ada seorang rekan pramugari yang berani mengenakan lipstik bernuansa nude glossy selama penerbangan.

3 dari 3 halaman

Selalu Ikuti Pedoman

Pramugari tersebut memberontak. Namun, pada akhirnya dia tidak pernah terlihat lagi sehingga muncul berbagai spekulasi. "Kami tidak terkejut dengan kepergiannya yang tiba-tiba. Kami tidak tahu apakah dia sudah berhenti atau dia sudah diusir," ucapnya.

Heather sendiri selalu mengikuti pedoman dari tampilan, yang sudah diatur oleh atasannya. Warna lipstik favorit Heather adalah Clinique Red, yang juga disukai banyak wanitag, termasuk bintang serial Game of Thrones, Emilia Clarke.

Tentunya bukan hanya soal lipstik. Berbagai persiapan harus dilakukan pramugari untuk tampil "sempurna"  Dikutip dari laman News.com.au, para pramugari punya cara tersendiri agar selalu terlihat cantik. Teknik make-up adalah kunci utama yang harus dikuasai saat terpilih menjadi pramugari.

Mereka sudah mendapatkan pelatihan semacam ini sejak menjalani proses seleksi dan pembinaan. Tak hanya cara merias wajah, cara lainnya agar terlihat menarik adalah hairdo (tata rambut) yang sesuai dengan penampilan dan bentuk wajah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.