Sukses

Cara Sederhana Ini Bantu Anda Redakan Rasa Sakit Punggung yang Mengganggu

Kegiatan sederhana ini ternyata dapat meredakan rasa sakit punggung yang mengganggu

Liputan6.com, Jakarta - Apakah punggung Anda sakit setelah bekerja, membungkuk, atau bahkan setelah bergelung di tempat tidur sepanjang hari? Jika demikian, anda tak sendiri.

Menurut American Chiropractic Association, hingga 80 persen orang Amerika harus berurusan dengan sakit punggung di beberapa titik dalam hidup mereka. Namun, meski jutaan orang menderita sakit punggung yang parah setiap hari, hanya sedikit orang yang benar-benar mencari pengobatan untuk itu.

Kita cenderung mengabaikan ketidaknyamanan sampai menjadi tak tertahankan dan mengganggu, dan pada saat itu terjati, tak ada obat bebas yang dapat meredakannya. Kabar baiknya, ada cara yang sangat sederhana untuk menghilangkan sakit punggung.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Cara sederhana meredakan sakit punggung

Jadi, apa sebenarnya 'obat ajaib' yang dapat meredakan nyeri punggung bawah itu? Tidak lain adalah berjalan.

Percaya atau tidak, tindakan sederhana berjalan dapat mengaktifkan otot perut dan punggung. Jadi, semakin sering Anda berjalan, semakin berkurang nyeri punggung Anda.

Terdengar tak masuk akal. Tapi, sudah banyak penelitian yang menunjukkan korelasi antara program berjalan kaki dan peningkatan nyeri punggung.

 

3 dari 5 halaman

Penelitiannya

Sebuah studi tahun 2012 yang diterbitkan dalam jurnal Clinical Rehabilitation, misalnya, menemukan bahwa berjalan kaki dua hingga tiga kali seminggu selama 20 hingga 40 menit sama efektifnya dengan perawatan sakit punggung yang mahal yang dilakukan di klinik.

Selain itu, studi tahun 2004 yang diterbitkan dalam The Spine Journal menemukan bahwa hanya satu sesi berjalan dapat meringkankan nyeri punggung sebesar 10 hingga 50 persen.

 

4 dari 5 halaman

Mulai dengan berjalan santai

Jika Anda memiliki nyeri punggung yang kronis yang ingin Anda hilangkan, tetapi Anda baru mulai melakukan aktivitas fisik, mulailah dengan berjalan-jalan santai dengan kecepatan lambat dan secara bertahap tingkatkan ke cara berjalan yang benar-benar mengaktifkan otot Anda.

Pada awalnya, Anda mungkin merasakan sedikit ketidaknyamanan di punggung saat berjalan, tetapi itu sepenuhnya normal. Para ahli merekomendasikan berjalan melalui rasa sakit, selama itu tidak menjadi melumpuhkan.

 

5 dari 5 halaman

Sedikit paksa melawan rasa sakit

"Dalam hal durasi latihan, lakukan sekitar 10 persen di luar 'penghalang rasa sakit' Anda," ujar Steven George, PhD, kepada Men's Health.

Dengan kata lain, jika setelah 20 menit berjalan Anda mulai merasakan rasa tidak nyaman, teruslah berjalan selama dua menit atau lebih, kemudian berhenti.

Di sisi lain, Anda harus selalu berkonstultasi dengan dokter jika menurut Anda penyakit Anda bisa menjadi sesuatu yang serius. Menambahkan jalan cepat ke dalam jadwal berolahraga Anda adalah tempat yang tepat untuk memulai jika Anda ingin menghilangkan sakit punggung.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.