Sukses

Baru Sembuh dari Covid-19, Ini 4 Cara Membangun Kembali Stamina Anda

Berikut ini beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk membangun stamina setelah sembuh dari Covid-19

Liputan6.com, Jakarta Covid-19 tak hanya mengganggu kehidupan jutaan orang, tetapi juga berdampak pada kesehatan dan kebugaran fisik mereka. Sementara beberapa orang telah lolos dari virus mematikan ini, yang lain masih berjuang dengan perawatan pasca-Covid mereka.

Selain mengalami sakit fisik dan mental yang tak terhitung banyaknya, pasien juga berjuang untuk mendapatkan kembali energi dan kekuatannya, yang bisa memakan waktu lama. Seiring waktu, terbukti dengan jelas bahwa kesehatan otot sangat penting untuk pemulihan setelah Covid-19.

Berikut ini adalah beberapa cara untuk membangun kembali stamina Anda pasca-Covid-19 seperti dilansir dari TimesofIndia.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Aktivitas fisik adalah suatu keharusan

Meski Covid menyebabkan kelelahan dan ketidakaktifan yang berkepanjangan, virus ini dapat memicu dan mempercepat hilangnya kekuatan otot dan energi secara alami. Selain itu, ini juga menyebabkan perubahan metabolisme, kesehatan, kekebalan tubuh, dan fungsi organ dalam.

Oleh karena itu, aktivitas fisik menjadi salah satu aspek terpenting dalam proses pemulihan. Jangan memaksakan diri tetapi mencoba dan bergerak sebanyak yang Anda bisa, karena ini akan membantu fungsi tubuh Anda kembali ke bentuk normalnya.

 

3 dari 5 halaman

2. Lakukan latihan berbasis resistensi

Jika Anda ingin membangun kekuatan core dan otot Anda, maka fokuslah pada latihan berbasis resistensi. Ini tak hanya akan menantang tubuh Anda, tetapi akan membantu Anda mendapatkan kembali kekuatan otot secara efisien.

Tekankan lebih banyak pada otot kaki dan paha Anda karena ini adalah area yang kehilangan vitalitas maksimalnya selama sakit.

 

4 dari 5 halaman

3. Tambahkan protein ke dalam makanan Anda

Setelah Covid menyebabkan hilangnya nafsu makan, banyak nutrisi penting yang hilang dalam prosesnya. Oleh karena itu, protein sangat penting untuk membangun otot yang kuat dan stabil.

Inilah yang akan mengembalikan energi dalam tubuh Anda dan juga membantu memproduksi antibodi dan sel sistem kekebalan. Ini tak hanya akan meremajakan tubuh Anda, tapi juga memberikan Anda kekuatan untuk menjalankan fungsi sehari-hari Anda.

 

5 dari 5 halaman

4. Vitamin dan mineral penting selama masa pemulihan

Vitamin dan mineral yang berbeda memainkan peran penting dalam pembentukan kekuatan otot. Ini juga merupakan aspek yang sangat penting dari sistem kekebalan.

Oleh karena itu, menurut banyak ahli gizi, seseorang yang baru sembuh dari penyakit Covid-19 harus mengonsumsi makanan yang kaya vitamin dan mineral.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.