Sukses

Studi: Miliki Gejala Ini di Kulit, Anda Mungkin Terinfeksi Covid-19 yang Parah

Gejala ini di kulit dapat menjadi penentu tingkat keparahan Anda terinfeksi Covid-19

Liputan6.com, Jakarta Anda mungkin familiar dengan gejala Covid-19 yang paling umum, seperti demam, batuk, dan hilangnya penciuman atau rasa. Namun, ada satu gejala yang jarang dibicarakan. Padahal, ini terkait dengan beberapa kasus Covid terburuk.

Sebuah analisis baru dari pasien dengan "long Covid", yakni mereka yang memiliki gejala Covid-19 untuk 60 hari atau lebih lama, menunjukkan gejala kulit yang hampir secara umum dialami pasien virus Corona yang berakhir di rumah sakit.

Gejala tersebut yakni ruam dengan pola seperti jaring di bawah kulit akibat penyumbatan aliran darah. Ini disebut retiform purpura, yakni ruam nekrotik akibat pembuluh darah yang rusak.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Studinya

Analisis yang dilakukan oleh European Academy of Dermatology and Venereology (EADV) menjelaskan bahwa dari 990 kasus yang dianalisis untuk penelitian ini, setiap pasien yang mengalami retiform purpura dirawat di rumah sakit.

Pasien Covid dengan gejala ini dalam banyak kasus mengalami kerusakan pembuluh darah, yang menunjukkan bahwa virus telah menyusup ke dalam organ. Kemudian karena aliran darah tersumbat, pola seperti jaring pun muncul di bawah kulit.

 

3 dari 7 halaman

Dapat menjadi petunjuk tingkat keparahan Covid

Menurut Esther Freeman, MD, direktur Global Health Dermatology di Massachusetts General Hospital, jenis gejala dermatologis ini dapat memberikan petunjuk yang sangat dibutuhkan tentang kondisi pasien.

"Kulit dapat memberikan jendela visual ke dalam peradangan yang mungkin terjadi di tempat lain di tubuh," jelasnya.

Selain gejala tersebut, berikut ini tanda-tanda "long Covid" terkait kulit yang disorot dalam penelitian tersebut seperti dilansir dari Bestlifeonline:

 

4 dari 7 halaman

1. Jari kaki Covid

Ini mungkin gejala virus Corona terkait kulit yang paling terkenal. Ini adalah luka yang terlihat memerah, iritasi, dan meradang. Jika Anda memiliki gejala ini, ada baiknya Anda melakukan tes.

Berita baiknya, menurut penelitian yang disebutkan di atas, jari kaki Covid lebih sering terkait dengan penyakit yang relatif ringan. Di mana hanya 16 persen pasien yang dirawat di rumah sakit.

 

5 dari 7 halaman

2. Eritema

Jika Anda melihat ruam kering dan bersisik di kulit, serta memiliki gejala umum Covid, sudah waktunya untuk menjalani tes. Ruam ini biasanya berwarna merah, merah muda, ungu, atau cokelat dan dapat berbentuk lingkaran kecil pada kulit. Satu studi mencatat bahwa ruam ini paling sering ditemukan pada wabah Covid di Lombardy, Italia.

 

6 dari 7 halaman

3. Gatal-gatal

Jika Anda tiba-tiba mengalami gatal-gatal tanpa alergi yang menyertainya, ini mungkin gejala Covid. Temui dokter untuk lebih jelasnya.

 

7 dari 7 halaman

4. Letusan papulosquamous

Lesi kulit ini ditandai dengan papula atau plak bersisik. Ini pada dasarnya adalah ruam kulit yang merah, bersisik, dan merradang. Para dokter yakin ini disebabkan oleh tingginya tingkat "sitokin pro-inflamasi" sebagai bagian dari respons kekebalan pasien terhadap Covid-19.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.