Sukses

Hari Sumpah Pemuda, Begini Cara Generasi Milenial Memaknainya

Hari Sumpah Pemuda yang diperingati setiap 28 Oktober, begini cara milenial memaknai sumpah pemuda.

Liputan6.com, Jakarta Tanggal 28 Oktober ditetapkan sebagai "Hari Sumpah Pemuda." Kita harus memaknai sumpah pemuda dengan penuh semangat.

Lantas bagaimana cara menafsirkan Sumpah Pemuda di era milenia saat ini? Sebagai generasi muda masa depan bangsa, kita juga harus memahami isi Sumpah Pemuda yang berisi komitmen anak muda agar kita dapat lebih mencintai tanah air.

Maka dari itu, Anda bisa menyimak cara di bawah ini agar momentum Sumpah Pemuda lebih bermakna. Dilansir dari learning.center, berikut ulasannya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Saling menghormati dan menghargai

Fokus dari momentum Sumpah Pemuda yakni mempersatukan seluruh aspek bangsa, tidak hanya hanya pemuda. Termasuk juga menyatukan semua ras, agama dan suku dalam satu “rumah” besar yaitu Indonesia.

Namun seiring berjalannya waktu, masih banyaknya peristiwa yang dapat memecah belah antar kelompok dan etnis.

Sementara itu, untuk mencegah agar hal tersebut tidak terulang kembali, penting bagi kita untuk menumbuhkan rasa persatuan melalui sikap saling menghormati dan saling menghargai antar sesama.

Anda dapat mulai dengan hal-hal kecil dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya, menanamkan toleransi antar kelompok agama untuk membantu teman yang tengah kesulitan.

3 dari 4 halaman

Gunakan produk anak bangsa

Mungkin sebagian dari kita masih banyak yang meremehkan produk buatan anak Indonesia. Alasannya, anggapan negatif bahwa kualitas yang diberikan masih kurang baik dibandingkan dengan milik luar negeri.

Padahal, kualitas produk yang dihasilkan anak Indonesia saat ini tidak kalah dari produk luar negeri. Lantas mengapa banyak orang di Indonesia percaya diri saat memakai produk luar negeri?

Untuk menumbuhkan rasa cinta tanah air, Anda dapat menggunakan produk dari anak muda Indonesia yang produknya tak kalah jauh dengan buatan luar negeri.

Dengan menggunakan produk dalam negeri ini, Anda juga dapat meningkatkan rasa cinta terhadap tanah air, dan Anda juga telah memberikan kontribusi yang besar.

4 dari 4 halaman

Sebarkan energi positif

Meski terkesan sepele, namun penyebaran informasi positif dapat berdampak besar bagi masyarakat. Cara ini sangat cocok untuk menyebarkan semangat sumpah pemuda.

Sebagai wujud dari peran warga negara dan generasi muda yang baik di era milenium, pesan-pesan positif juga dapat kalian sebarkan dimanapun dan kapanpun.

Tidak jarang kita mendapatkan berita bohong yang menimbulkan kontroversi di berbagai masyarakat.

Dengan menyebarkan pesan-pesan positif, setidaknya kita dapat membangun kembali semangat solidaritas untuk memperkuat persaudaraan sesama.

Penulis

Fayola Gishlaine

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.