Sukses

Berkat Aktingnya, Wanita Ini Berhasil Gagalkan Penipuan Lewat Telepon

Modus penipuan via telepon marak terjadi, beruntung wanita ini mengeluarkan jurus jitu untuk mengerjai pelaku.

Liputan6.com, Jakarta - Modus penipuan via telepon dengan berdalih meminta uang darurat atas kecelakaan fiktif masih kerap terjadi. Bagi para orangtua, jangan terburu-buru percaya hingga mengirimkan uang dan hendaknya memeriksa kebenarannya terlebih dahulu.

Penipuan dengan modus seperti itu pun baru-baru ini dialami seorang wanita dan diunggah Youtuber bernama Nail Haqsan. Alih-alih merasa kesal, wanita ini malah menjahili oknum yang menipu. Lewat unggahan, dia memperlihatkan seorang wanita yang tengah asyik beradu akting hingga membuat emosi si penipu.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Mengaku-ngaku anggota polisi

Insiden ini terjadi ketika pelaku memberi tahu bahwa anak dari wanita tersebut ditahan kepolisian karena ketahuan membawa narkoba yang diberikan oleh teman sekolah.

Wanita itu pun langsung beraksi dengan berakting saat penipu menanyakan tentang identitas anaknya. Berhubung anaknya masih berusia balita, wanita itu hanya modus penipuan itu sebagai bahan canda dia bersama suaminya.  

Alhasil, wanita itu langsung mengeluarkan jurus jitu untuk mengelabuhi pelakunya dengan berpura-pura panik dan menangis. 

"Anak saya dititipin apa Pak? Ya Allah...anak saya dititipi apa?" katanya dalam video tersebut. 

3 dari 4 halaman

Meminta Uang 3 Juta Sebagai Jaminan

Polisi gadungan itu berniat melindungi anaknya agar tidak dipenjara dengan meminta uang sebesar Rp 3 Juta. Namun, wanita itu membalasnya bahwa dia tidak memiliki cukup uang lantaran mengalami kecelakaan beberapa hari lalu. 

Mendengar wanita tersebut terkesan menyepelekan masalah, pelaku tersebut langsung memakinya dengan kata-kata kasar. Semakin lama drama tersebut berlangsung sengit dan suaminya malah menyuapi istrinya dengan pisang sebagai asupan energi. 

Namun sayang, suapan itu ditolak karena wanita itu telah terlalu dalam menghayati perannya hingga polisi gadungan itu kesal dan menutup telepon. 

4 dari 4 halaman

Respons Warganet

Unggahan tersebut sontak menarik perhatian warganet. Sebagian dari mereka merasa kagum dengan kemampuan berakting wanita itu yang membuat pelaku kesal dan langsung mematikan panggilan telepon. 

"Ngakunya polisi suaranya kek tukang sales lg jualan," tulis akun @resimarlin. 

"Piala oscar buat mbaknya!" balas akun @ariaraywidodo.

"Kata si penipu sayang nih pulsa dengan durasi 20 menitan," sahut akun @pipitfitriiiii.

"Anak teater pun minder liat akting mbak ini," kata akun @masihmerahmuda.

"Gmn mo pake narkoba, org poster belajar huruf aja masih nempel di tembokkk," ucap akun @noicantbeyou.

Penulis 

Ignatia Ivani 

Universitas Multimedia Nusantara 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.