Sukses

10 Buah Rendah Gula, Bisa Jadi Camilan nan Sehat

Simak buah-buahan rendah gula yang pas menjadi camilan sehat untuk Anda.

Liputan6.com, Jakarta - Buah mempunyai kandungan gula alami yang membuatnya semakin nikmat disantap. Selain itu, ternyata ada beberapa buah yang nikmat, namun berkadar gula alami nan rendah. 

"Buah menyediakan banyak hal yang kita butuhkan, seperti vitamin, mineral dan antioksidan. Buah juga menghidrasi kita dan memberi kita serat yang dapat membuat kita merasa kenyang," ucap ahli nutrisi, Bonnie Taub-Dix, yang juga penulis buku Read It Before You Eat It seperti dilansir Good Housekeeping.

Merujuk survei dari Centers for Disease Control (CDC), hanya satu dari 10 orang dewasa yang mendapatkan porsi buah dan sayuran yang cukup dalam menjalankan pola hidup sehat dan seimbang. Sisanya, tidak makan buah dan sayur sebanyak dan seharusnya. Kurangnya konsumsi buah dan sayur juga dapat menyebabkan diabetes dan penyakit jantung.

Hanya saja, bila Anda sedang menjalani diet dan hendak mengurangi karbohidrat yang masuk dalam tubuh, ada banyak buah dengan rendah karbohidrat, padat nutrisi, serta rendah gula. Simak 10 buah dengan kadar gula yang rendah.

Video Pilihan

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 11 halaman

1. Stroberi

Stroberi adalah pilihan yang tepat jika Anda mencari buah dengan kadar gula alami yang rendah. Buah stroberi bisa menjadi rekomendari asupan vitamin C harian Anda. Secangkir stroberi hanya mengandung 7 gram gula saja.

3 dari 11 halaman

2. Grapefruit / Jeruk Bali Merah

Taub-Dix mengatakan, dengan memperhatikan porsi asupan kita, hal itulah yang dapat meminimalkan asupan gula kita. Grapefruit/jeruk bali adalah alternatif cemilan manis yang baik.

Mengonsumsi buah ini tergantung dari kebutuhan Anda, grapefruit/jeruk bali memiliki bentuk yang lebih besar dari jeruk pada umumnya, separuh dari buah ini memiliki kandungan 8 gram gula.

4 dari 11 halaman

3. Alpukat

Alpukat adalah salah satu buah-buahan yang memiliki ciri khas yaitu lubang besar di bagian tengah buah alpukat yang merupakan benih dari buah ini. Alpukat dipenuhi dengan lemak sehat yang dapat melindungi jantung dan dapat menurunkan kadar kolestrol Anda. Satu buah alpukat ukuran sedang mengandung lebih dari satu gram gula.

5 dari 11 halaman

4. Plum

Jaclyn London selaku Direktur Nutrisi di Good Housekeeping Institute mengatakan buah plum ini mengandung 7 gram gula dan 30 kalori per buah.  Yang menarik dari buah ini adalah, Anda bisa menjadikan buah prem ini menjadi selai roti yang sehat.

6 dari 11 halaman

5. Raspberi

Buah raspberi ini memiliki rasa yang manis, namun Anda tidak perlu khawatir, satu cangkir buah raspberi hanya mengandung 5 gram gula. Mengonsumsi buah raspberi juga cenderung membuat Anda merasa kenyang daripada Anda mengonsumsi buah lainnya, karena adanya kandungan 8 gram serat.

7 dari 11 halaman

6. Blackberry

Blackberry merupakan salah satu jenis buah beri enak lainnya. Satu genggam blackberry mengandung 7 gram gula, 8 gram serat, dan 2 gram protein, hal ini menjadikan blackberry menjadi cemilan padat nutrisi yang sempurna.

8 dari 11 halaman

7. Apel

Ini adalah buah kesukaan banyak orang. Taub-Dix mengatakan, satu buah apel utuh memiliki potensi peningkatan gula darah atau indeks glikemik (GI) yang lebih rendah daripada jus apel. Hal ini menunjukan jus apel memiliki potensi dalam meningkatkan gula darah Anda lebih tinggi daripada memakan buah secara langsung.

Satu buah apel utuh mengandung 19 gram gula alami, sedangkan secangkir jus apel tanpa pemanis mengandung sekitar 24 gram gula. Jadi, lebih baik santap secara langsung ya.

9 dari 11 halaman

8. Persik

Buah persik sangat identik dengan kandungannya yang berair, manis, dan tajam saat Anda memakannya, buah ini memiliki sensasi tersendiri saat Anda memakannya. Satu buah persik ukuran sedang mengandung sekitar 13 gram gula.

10 dari 11 halaman

9. Jeruk

Sama seperti apel, buah jeruk lebih baik dimakan langsung daripada Anda meminum jusnya.

Buah jeruk utuh memiliki kadar 12 gram gula, buah jeruk juga menjadi rekomendasi vitamin C harian Anda. Sementara secangkir jus jeruk tanpa pemanis memiliki dua kali jumlah gula dan hanya memiliki sepertiga serat.

11 dari 11 halaman

10. Pir

Buah pir ini memiliki tekstur yang garing, renyah, dan manisnya pas. Karena rasanya yang sangat enak, Anda mungkin akan terkejut mengetahui hampir kebanyakan kandungan dari buah ini adalah air, buah pir ini hanya mengandung 8,6 gram gula alami. 

 

(Deskhila Wijaya)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.