Sukses

Kalian Wajib Tahu, 5 Kebiasaan Ini Kerap Dilakoni Orang-Orang Sukses

Satu di antaranya bangun jauh lebih pagi. Ini dapat membantu seseorang mengumpulkan energi dan pikiran jauh lebih baik.

Liputan6.com, Jakarta - Menggapai sukses atau keberhasilan relatif membutuhkan waktu. Namun, kesuksesan dapat muncul lebih cepat bila kita bisa memulai melakoni sejumlah kebiasaan baik sejak dari sekarang.

Dikutip dari theladders.com, Minggu 18 Oktober 2020, berikut tips dari beberapa ahli serta kumpulan studi yang bisa membuat seseorang bisa jauh lebih sukses dengan tingkat produktivitas jadwalnya.

1. Kegiatan Waktu Pagi

Laura Vanderkam, penulis buku What Most Succesfull People Do Before Breakfast menggelar studi terhadap banyak tokoh sukses. Laura menemukan, orang yang sukses mempunyai tendensi untuk bangun lebih pagi dari biasanya.

Ia pun menyimpulkan, bangun jauh lebih pagi dari biasanya, dapat membantu seseorang mengumpulkan energi dan pikiran jauh lebih baik. Sebab, biasanya, masa-masa subuh belum banyak kegiatan dan ingar-bingar yang terjadi. Alhasil, seseorang bisa membuat tujuan hari-harinya dengan jauh lebih jernih.

2. Kerjakan Sesuatu yang Penting, Tanpa Ada Gangguan

Banyak orang pada pagi hari biasanya mengecek email atau menggelar meeting dengan tim kerjanya. Roy Baumister yang merupakan ahli dalam soal efektivitas, menyatakan otak manusia bekerja paling kencang di jangka waktu 2-4 jam setelah bangun tidur.

Jadi bila ingin sukses, sebaiknya pekerjaan yang dianggap jauh lebih penting ataupun sulit, dilakoni pada pagi hari.

Video Pilihan

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3. Review Kegiatan Saat Mulai Merasa Lelah

Beristirahat dan membuat ulasan terhadap pencapaian diri sehari-hari dipercayai bisa menjernihkan kepenatan pikiran dan tenaga. Entah itu secara fisik maupun mental.

Sebuah penelitian dari Harvard menyatakan, mengetahui perkembangan tahap, tujuan, dan hasil sangat memotivasi seseorang untuk bergerak atau bekerja kembali sampai waktu istirahat.

3 dari 4 halaman

4. Gelar Meeting pada Siang hari

Saat energi sedang tinggi, sebaiknya porsi tersebut diberikan kepada kegiatan-kegiatan yang bersifat kreatif. Scott Adams, yang merupakan kreator dari "Gilbert" membuat tulisan atau gambar komiknya pada pagi hari. Sedangkan pada siang hari, ia memfokuskan diri kepada ide kreatif untuk kelanjutan ceritanya.

4 dari 4 halaman

5. Rileks pada Sore Hari

Walaupun banyak orang sukses, bekerja hingga seharian, kebanyakan dari mereka menggunakan sore hari sebagai periode rileksasi. Tim Ferris yang merupakan seorang entrepreneur serta investor di Amerika, menyataka dirinya menggunakan waktu sore hari untuk mencatat, tujuan-tujuan yang ingin dicapainya jangka pendek maupun panjang.

Menurut penelitian dari American Psychological Association, kegiatan rileksasi paling efektif contohnya adalah seperti berjalan santai sore, mengobrol dengan teman atau keluarga. Serta, berolahraga, kegiatan spiritual ataupun mendengarkan musik.

Kegiatan seperti berjudi, merokok, minum-minuman beralkohol, bermain video game dan menonton streaming hingga berjam-jam, dianggap tidak efektif untuk rileksasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.