Unik, Pengantin di India Undang dan Beri Makan 500 Hewan Liar di Hari Pernikahan

Oleh Henry pada 15 Okt 2020, 20:01 WIB
Diperbarui 15 Okt 2020, 20:01 WIB
Ilustrasi Menikah
Perbesar
Ilustrasi menikah (dok. Pixabay.com/Putu Elmira)

Liputan6.com, Jakarta Tak sedikit pasangan pengantin memiliki ide unik untuk menggelar pesta pernikahan di tengah pandemi seperti saat ini. Hal ini yang juga dialami oleh pasangan pengantin di India yang belum lama ini menjadi viral. 

Lantaran tak bisa mengundang banyak tamu, mereka justru memutuskan untuk mengundang 500 hewan liar yang ada di penampungan. Dilansir dari laman New Indian Express, 12 Oktober 2020, Eureka Apta, seorang pembuat film dan istrinya Joana, seorang dokter gigi mendedikasikan pernikahan mereka untuk tujuan mulia.

Mereka membuat pesta untuk sekitar 500 hewan liar untuk menepati janji yang sudah mereka buat selama tiga tahun berpacaran. Tentunya bukan mengajak hewan-hewan tersebut datang ke pernikahan, tapi dengan memberikan mereka makanan.

Selain memberi makan hewan yang tersesat dengan bantuan organisasi sukarelawan hewan, Animal Welfare Trust Ekamra (AWTE), mereka juga menyumbangkan uang ke tempat penampungan hewan milik Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) yang menampung beberapa hewan liar yang diselamatkan.

 

2 dari 4 halaman

Janji Pernikahan yang Unik

Pengantin di India Beri Makan 500 Hewan Liar di Hari Pernikahan
Perbesar
Pengantin di India Beri Makan 500 Hewan Liar di Hari Pernikahan. (dok.Instagram @eureka.apta/https://www.instagram.com/p/CFo9_EHlkWa/Henry)

Dua hari sebelum menikah, mereka juga mengunjungi tempat penampungan hewan dan membagikan bahan makanan serta obat-obatan. Saat mereka menikah di sebuah kuil desa kecil di Nuagaon dekat Tangi, pada 25 September 2020, sejumlah sukarelawan AWTE menyajikan campuran nasi dan lauk non-vegetarian, yang disponsori pasangan itu, kepada hewan-hewan di penampungan maupun yang tersesat di setiap sudut kota.

Sejak Joana mulai berkencan dengan Eureka, keduanya sudah membahas bagaimana membuat pernikahan mereka istimewa. Mereka memutuskan untuk melakukan kegiatan amal. Namun pandemi corona membawa ketidakpastian keuangan dalam hidup mereka.

3 dari 4 halaman

Akan Terus Membantu Hewan Terlantar

Eureka yang sudah membuat berbagai film dokumenter tentang pedesaan Odisha dan Jharkhand, kehilangan beberapa proyeknya. Meski begitu, keduanya tetap bertekad mewujudkan impian mereka.

Jadi, mereka mengambil pinjaman dari bank dan memberikan sumbangan ke organisasi yang mengurus hewan liar. Mereka merancang sebuah pernikahan yang sangat sederhana.

Joana bahkan memilih memakai gaun pengantin pernikahan ibunya dibandingkan menghabiskan uang untuk menyewa atau membeli. 

"Kami ingin memberi penghormatan kepada ibu yang meninggal karena kanker," ungkap Eureka.

Janji pernikahan mereka pun unik. Pasangan asal India ini membuat janji pernikahan tidak hanya saling setia dan sehidup semati, tapi juga menyebut nama hewan. Menurut Eureka, ia dan istrinya berjanji akan terus membantu hewan-hewan di penampungan. Ini menjadi salah satu janji pernikahan terunik yang pernah ada.

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓