Sukses

Baik untuk Kulit hingga Diet, Ini 5 Manfaat Kulit Semangka yang Jarang Diketahui

Kulit semangka memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh.

Liputan6.com, Jakarta Semangka termasuk dalam keluarga labu-labuan atau cucurbitaceae. Tanaman buah yang tumbuh merambat ini kaya akan vitamin dan sumber fitokimia yang baik.

Semangka memiliki kadar air yang melimpah, yaitu sekitar 91%-92%. Selain itu, Semangka juga mengandung vitamin A, vitamin C, magnesium, dan antioksidan yang baik untuk tubuh.

Kebanyakan orang saat mengonsumsi semangka, mereka hanya menyantap bagian dagingnya saja dan membuang kulitnya. Padahal, kulit semangka juga memiliki berbagai manfaat yang jarang diketahui.

Kulit semangka kaya akan kandungan vitamin B, vitamin C, dan magnesium yang dapat membantu menyehatkan kulit dan sistem saraf manusia. Berikut adalah beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dari kulit semangka.

Saksikan Video Pilihan Di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Menurunkan tekanan darah

Mengonsumsi semangka dengan kulitnya sekaligus dapat mengurangi tekanan darah. Kandungan citrulline yang terdapat dalam buah berwarna merah tersebut dipercaya dapat menurunkan tekanan darah untuk para penderita hipertensi.

Kandungan citrulline dalam semangka terutama pada bagian kulit berwarna putih terbukti mampu meningkatkan fungsi arteri dan menurunkan tekanan darah yang membantu pembuluh darah rileks sehingga membuka sirkulasi.

Caranya pun mudah, Anda cukup memakan buah semangka beserta bagian kulitnya yang sudah dicuci bersih.

 

3 dari 6 halaman

2. Baik untuk kesehatan kulit

Kulit semangka mengandung flavonoid, likopen, dan antioksidan yang mampu menurunkan efek radikal bebas dan oksidatif. Hal ini dapat membantu meminimalkan kerutan, noda, dan bintik-bintik penuaan seiring bertambahnya usia.

Selain itu, kulit semangka juga mengandung senyawa aktif berupa terpenoid yang berfungsi sebagai antibakteri untuk obat jerawat.

4 dari 6 halaman

3. Mengatasi rambut rontok

Selain untuk kesehatan kulit wajah, kulit semangka juga mampu mengatasi rambut rontok. Kandungan vitamin C yang kaya pada buah semangka penting untuk sintesis kolagen yang membuat rambut semakin kuat dan terhindar dari kerontokan.

Caranya, Anda bisa mengeruk bagian putihnya menggunakan sendok atau hancurkan menggunakan blender. Kemudian, oleskan kulit semangka secara merata pada rambut yang kering. Aplikasikan hingga rambutmu basah secara menyeluruh dan diamkan selama 30 menit.

 

5 dari 6 halaman

4. Menyehatkan saluran cerna

Kulit semangka mengandung serat yang dapat menyehatkan saluran cerna dan baik untuk menyehatkan tubuh. Saluran cerna yang baik dapat menghindari diri Anda dari berbagai penyakit, seperti diare, konstipasi, hingga kanker usus.

Selain itu, serat juga dapat membuat Anda lebih lama kenyang sehingga mengonsumsi kulit semangka cocok bagi Anda yang sedang menjalani program penurunan badan atau diet.

6 dari 6 halaman

5. Meningkatkan kekebalan 

Kulit semangka mampu memberikan 30% lebih kebutuhan vitamin C harian yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Vitamin C merangsang produksi sel darah putih yang berfungsi sebagai garis pertahanan pertama untuk melawan infeksi dan patogen asing.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.