Selain Hidroponik, Ide Bisnis Pertanian Ini Juga Bisa Datangkan Cuan

Oleh Asri Muspita Sari pada 13 Okt 2020, 14:00 WIB
Diperbarui 13 Okt 2020, 14:00 WIB
Melawan Pandemi dengan Berkebun Sayur Hidroponik
Perbesar
Warga melakukan perawatan tanaman di kebun sayur hidroponik Gang Hijau RT 007/008, Kelurahan Cipinang Besar Utara, Jakarta, Rabu (9/9/2020). Dalam menghadapi pandemi Covid-19, warga di permukiman tersebut membangun kebun sayuran hidroponik di atas aliran kali. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Liputan6.com, Jakarta - Berkebun hidroponik menjadi salah satu kegiatan yang banyak dilakoni masyarakat di masa pandemi Corona Covid-19. Masyarakat memanfaatkan sisa lahan di pekarangan rumah untuk menanam berbagai jenis tanaman sayur dan buah.

Hal tersebut mendorong bisnis pertanian kian hari semakin menjanjikan. Wajar saja, populasi manusia yang terus bertambah membuat kebutuhan akan bahan pangan juga ikut meningkat.

Saat ini, hidroponik menjadi salah satu komoditi yang banyak dibudidayakan oleh petani modern. Hal ini tidak lepas dari penggunaan sistem tanam hidroponik yang sangat hemat tempat dan mudah dalam perawatannya.

Selain menghasilkan sayur dan buah yang sehat dan bergizi, metode ini juga dinilai mampu mengoptimalkan lahan warga yang sempit.

Dengan hidroponik, keterbatasan lahan tidak menjadi halangan untuk warga memiliki kebun sendiri. Karena itu, banyak warga yang beralih menggunakan metode ini karena dirasa lebih memiliki nilai ekonomis.

Harga jual untuk sayuran ini juga relatif lebih bagus ketimbang sayuran yang ditanam dengan sistem di tanah. Hal ini tentu saja mendatangkan prospektif untuk para petani hidroponik. 

Selain hidroponik, ada dua bisnis lainnya yang tak kalah menjanjikan. Apa saja? Berikut ulasannya.

2 dari 4 halaman

Jual Bahan Makanan Herbal

Ilustrasi herbal (iStockphoto)
Perbesar
Ilustrasi herbal (iStockphoto)

Kebutuhan akan hidup sehat di masyarakat juga semakin meningkat. Mereka pasti akan lebih selektif memilih makanan agar kesehatan tubuh tetap terjaga. 

Beberapa bahan pangan yang kerap dikonsumsi orang-orang yang menjaga pola hidup sehat adalah beras merah, oatmeal, dan rempah-rempah seperti bawang hitam.

3 dari 4 halaman

Bisnis Konsultasi Pertanian

FOTO: Sektor Pertanian Melesat di Masa Pandemi COVID-19
Perbesar
Petani menanam padi di sawah kawasan Tangerang, Banten, Jumat (7/8/2020). PDB pertanian tumbuh 16,24 persen pada triwulan-II 2020 (q to q), bahkan secara y0y sektor pertanian tetap berkontribusi positif yakni tumbuh 2,19 persen. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Semakin banyak pelaku usaha yang terjun langsung ke bisnis pertanian, sudah pasti mereka membutuhkan sumber daya manusia (SDM) unggul. Tentu saja, tujuannya adalah untuk menghasilkan produk-produk yang berkualitas.

Jadi, apakah Anda berminat untuk terjun ke usaha ini? Simak ide bisnis pertanian selengkapnya pada video di bawah ini. Atau bisa juga mengunjungi kanal Bhinneka.com yang ada di platform streaming Vidio.

4 dari 4 halaman

Saksikan video pilihan berikut ini

Lanjutkan Membaca ↓