Sukses

Selain Hidroponik, Ide Bisnis Pertanian Ini Juga Bisa Datangkan Cuan

Menjual bahan makanan herbal dan bisnis konsultasi pertanian merupakan ide yang bisa datangkan keuntungan selain bertani hidroponik.

Liputan6.com, Jakarta - Berkebun hidroponik menjadi salah satu kegiatan yang banyak dilakoni masyarakat di masa pandemi Corona Covid-19. Masyarakat memanfaatkan sisa lahan di pekarangan rumah untuk menanam berbagai jenis tanaman sayur dan buah.

Hal tersebut mendorong bisnis pertanian kian hari semakin menjanjikan. Wajar saja, populasi manusia yang terus bertambah membuat kebutuhan akan bahan pangan juga ikut meningkat.

Saat ini, hidroponik menjadi salah satu komoditi yang banyak dibudidayakan oleh petani modern. Hal ini tidak lepas dari penggunaan sistem tanam hidroponik yang sangat hemat tempat dan mudah dalam perawatannya.

Selain menghasilkan sayur dan buah yang sehat dan bergizi, metode ini juga dinilai mampu mengoptimalkan lahan warga yang sempit.

Dengan hidroponik, keterbatasan lahan tidak menjadi halangan untuk warga memiliki kebun sendiri. Karena itu, banyak warga yang beralih menggunakan metode ini karena dirasa lebih memiliki nilai ekonomis.

Harga jual untuk sayuran ini juga relatif lebih bagus ketimbang sayuran yang ditanam dengan sistem di tanah. Hal ini tentu saja mendatangkan prospektif untuk para petani hidroponik. 

Selain hidroponik, ada dua bisnis lainnya yang tak kalah menjanjikan. Apa saja? Berikut ulasannya.

Saksikan video pilihan berikut ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jual Bahan Makanan Herbal

Kebutuhan akan hidup sehat di masyarakat juga semakin meningkat. Mereka pasti akan lebih selektif memilih makanan agar kesehatan tubuh tetap terjaga. 

Beberapa bahan pangan yang kerap dikonsumsi orang-orang yang menjaga pola hidup sehat adalah beras merah, oatmeal, dan rempah-rempah seperti bawang hitam.

3 dari 3 halaman

Bisnis Konsultasi Pertanian

Semakin banyak pelaku usaha yang terjun langsung ke bisnis pertanian, sudah pasti mereka membutuhkan sumber daya manusia (SDM) unggul. Tentu saja, tujuannya adalah untuk menghasilkan produk-produk yang berkualitas.

Jadi, apakah Anda berminat untuk terjun ke usaha ini? Simak ide bisnis pertanian selengkapnya pada video di bawah ini. Atau bisa juga mengunjungi kanal Bhinneka.com yang ada di platform streaming Vidio.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.