Sukses

5 Langkah Simpel Menjalin Hubungan Sehat dengan Pasangan

Tips sederhana yang membuat hubungan Anda sehat dengan pasangan.

Liputan6.com, Jakarta - Dalam menjalin sebuah hubungan, tentu tak sesederhana saat mengungkapkannya. Bukan hanya hal-hal manis saja yang terjadi, melainkan juga kejadian tak menyenangkan yang bisa terjadi kapan dan di mana saja.

Kita perlu memastikan bahwa hubungan yang terjalin dengan pasangan merupakan hubungan yang sehat. Artinya, didasari oleh rasa cinta, hormat, dan penghargaan yang seimbang. Untuk membangun hubungan cinta yang sehat pastinya membutuhkan upaya dari kedua pihak.

Hal-hal kecil di bawah ini bisa Anda lakukan setiap hari untuk menjaga hubungan dengan pasangan tetap sehat. 

Saksikan Video Pilihan Di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Menjalin kontak mata

Secara alami, kita menggunakan kontak mata sebagai sumber koneksi dalam hidup. Membiasakan menatap mata pasangan dapat memupuk rasa cinta dan membuat hubungan sehat.

Saling menatap mesra dapat membuat otak tetap aktif secara kogitif dan memiliki dampak yang luar biasa. Hal ini bisa mendekatkan emosi dalam sebuah hubungan dan menjauhkan dari risiko perselingkuhan.

 

3 dari 6 halaman

2. Berikan Pelukan

Meskipun terlihat mudah dan sederhana, berpelukan memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh dan dapat meningkatkan kebahagiaan. Berpelukan dapat menjadi kunci hubungan yang harmonis.

Pasalnya, saat berpelukan tubuh dapat melepaskan hormon oksitosin yang membuat perasaan lebih nyaman dan tenang. Tak heran jika berpelukan membuat sepasang kekasih lebih saling menyayangi.

Menariknya, memeluk pasangan Anda dengan erat selama 20 detik terbukti dapat melepaskan stres.

4 dari 6 halaman

3. Saling Perhatian

Seringkali wanita bertanya-tanya, "Mengapa dia tidak tahu apa yang saya ingingkan? Mengapa saya harus selalu memberitahunya?"

Berbeda dengan pria, seorang wanita tampak lebih pandai dalam menyesuaikan kebutuhan satu sama lain. Oleh karena itu, penting bagi lelaki sebagai pasangan untuk mengetahui kesukaan pasangan perempuannya.

Anda bisa memulai dari mengetahui hal yang ia sukai hingga yang tak disukainya. Dengan begitu, pasangan Anda akan benar-benar merasa dicintai dan menjadi lebih dekat.

5 dari 6 halaman

4. Melakukan hal-hal kecil

Untuk membuat pasangan terkesan, Anda cukup melakukan hal-hal kecil yang berharga, seperti menemaninya berbelanja, menjadi pendengar yang baik, dan terbuka pada pasangan. Hal-hal tersebut dapat menjaga hubungan tetap sehat dan terus berjalan.

6 dari 6 halaman

5. Meluangkan waktu untuk pasangan

Seringkali Anda dan pasangan sibuk karena memiliki segudang rutinitas. Hal tersebut justru membuat kalian kewalahan untuk menyisihkan waktu berdua. Kurangnya komunikasi dan waktu berkualitas untuk berdua dapat membuat sebuah hubungan bermasalah.

Untuk menghindarinya, Anda perlu meluangkan waktu berdua bersama pasangan. Anda bisa menggunakan waktu luang di akhir pekan untuk bertemu atau mengobrol dan bertukar pikiran saat pagi hari sambil meminum kopi.

Sebagian orang menganggap bahwa meluangkan waktu adalah hal yang tak mudah. Namun, jika menyadari hal tersebut penting, Anda akan mudah untuk mewujudkannya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.