Sukses

7 Kesalahan dalam Merawat Kulit Ini Malah Membuat Anda Berjerawat

Ada kesalahan-kesalahan dalam merawat kulit yang justru bisa membuat Anda berjerawat

Liputan6.com, Jakarta Timbulnya jerawat di wajah dapat merusak hari Anda. Padahal, Anda telah melakukan berbagai perawatan kulit yang dianjurkan untuk mengatasi masalah tersebut.

Tanpa disadari, ada kesalahan-kesalahan dalam merawat kulit yang justru bisa membuat Anda berjerawat. Apa saja? Melansir dari Brightside, ini dia.

1. Menggunakan tisu makeup

 

Meskipun tisu tersebut tidak mungkin menyebabkan jerawat, ini dapat meninggalkan kotoran dan residu riasan yang dapat menyebabkan jerawat. Tisu mengandung alkohol, wewangian, dan bahan lain yang bisa mengeringkan kulit.

Jika kulit Anda sensitif, ada kemungkinan menggosok akan mengiritasi dan menyebabkan pembengkakan dan peradangan yang dapat menyumbat pori-pori Anda.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

2. Menggunakan tabir surya yang salah

Meskipun penting untuk melindungi kulit Anda dari sinar matahari, beberapa jenis tabir surya dapat menyebabkan timbulnya jerawat. Beberapa formula tabir surya menggunakan filter organik berbahan dasar minyak yang dapat mengiritasi kulit dan menyebabkan munculnya jerawat.

Tabir surya lain yang harus dihindari adalah produk berat dan komedogenik yang dapat menyumbat pori-pori dan menimbulkan noda serta komedo. Cara terbaik untuk melindungi kulit Anda adalah dengan memilih pelembab siang hari yang mengandung SPF dengan spektrum luas dan selalu mengaplikasikannya pada kulit yang bersih.

 

3 dari 7 halaman

3. Tidak membersihkan kacamata Anda

Jika Anda sering mendapatkan jerawat di sekitar kacamata, kemungkinan besar Anda lupa membersihkan bingkai kacamata. Dokter merekomendasikan untuk mengidentifikasi area masalah Anda untuk jerawat, seperti pangkal hidung, dan membersihkan bagian bingkai Anda sekali sehari.

Kacamata Anda juga mungkin terlalu ketat dan bisa menghalangi pori-pori Anda dengan mendorong sel kulit mati kembali ke dalam pori-pori. Menyesuaikan ukuran kacamata Anda dapat membantu mencegah pori-pori tersumbat.

 

4 dari 7 halaman

4. Terlalu sering mencuci muka

Membersihkan kulit Anda adalah langkah penting dalam melawan dan mencegah jerawat, tetapi mencucinya berlebihan bisa berakibat sebaliknya. Ahli kulit percaya bahwa terlalu banyak membersihkan kulit dapat mengganggu keseimbangan pH di kulit wajah.

Menggunakan terlalu banyak produk yang dirancang untuk membantu mengeringkan minyak berlebih justru dapat membuat kulit Anda kering secara berlebihan dan menyebabkan kelenjar minyak menghasilkan lebih banyak minyak dan lebih banyak jerawat.

 

5 dari 7 halaman

5. Menggunakan terlalu banyak macam produk rambut

Beberapa produk perawatan rambut yang membantu Anda menghaluskan rambut juga dapat menyebabkan Anda berjerawat. Sampo, kondisioner, dan produk penata rambut dapat menyebabkan berbagai jenis jerawat di sepanjang garis rambut dan di dahi.

Jika produk ini mengenai wajah Anda, produk tersebut dapat menyumbat pori-pori dan mengiritasi kulit Anda.

 

6 dari 7 halaman

6. Membasuh wajah saat mandi

Saat mandi, orang biasanya menggunakan air yang terlalu panas untuk kulitnya. Air panas sangat mengiritasi kulit kita dan dapat merusak pelindung kulit.

Itu juga dapat melarutkan dan membersihkan minyak alami pada kulit sehingga membuatnya kering dan teriritasi.

 

7 dari 7 halaman

7. Tidak bersih-bersih setelah berolahraga

Melewatkan mandi secara teratur setelah berolahraga dapat membuat Anda berjerawat. Bakteri di kulit akibat keringat dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan munculnya jerawat.

Dokter kulit merekomendasikan untuk mandi segera setelah berolahraga untuk menghilangkan keringat, minyak, dan kotoran yang mungkin menumpuk.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.