7 Kesalahan dalam Merawat Kulit Ini Malah Membuat Anda Berjerawat

Oleh Sulung Lahitani pada 08 Okt 2020, 19:01 WIB
Diperbarui 08 Okt 2020, 19:01 WIB
Menjadikan Kondisi Wajah Berjerawat Sebagai Bahan Candaan
Perbesar
Ilustrasi Kulit Berjerawat Credit: pexels.com/pixabay

Liputan6.com, Jakarta Timbulnya jerawat di wajah dapat merusak hari Anda. Padahal, Anda telah melakukan berbagai perawatan kulit yang dianjurkan untuk mengatasi masalah tersebut.

Tanpa disadari, ada kesalahan-kesalahan dalam merawat kulit yang justru bisa membuat Anda berjerawat. Apa saja? Melansir dari Brightside, ini dia.

1. Menggunakan tisu makeup

 

Tips Memilih Eye Makeup Remover
Perbesar
Membersihkan mata dengan tisu basah. (via: istimewa)

Meskipun tisu tersebut tidak mungkin menyebabkan jerawat, ini dapat meninggalkan kotoran dan residu riasan yang dapat menyebabkan jerawat. Tisu mengandung alkohol, wewangian, dan bahan lain yang bisa mengeringkan kulit.

Jika kulit Anda sensitif, ada kemungkinan menggosok akan mengiritasi dan menyebabkan pembengkakan dan peradangan yang dapat menyumbat pori-pori Anda.

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

2. Menggunakan tabir surya yang salah

ilustrasi tabir surya/pixabay
Perbesar
ilustrasi tabir surya/pixabay

Meskipun penting untuk melindungi kulit Anda dari sinar matahari, beberapa jenis tabir surya dapat menyebabkan timbulnya jerawat. Beberapa formula tabir surya menggunakan filter organik berbahan dasar minyak yang dapat mengiritasi kulit dan menyebabkan munculnya jerawat.

Tabir surya lain yang harus dihindari adalah produk berat dan komedogenik yang dapat menyumbat pori-pori dan menimbulkan noda serta komedo. Cara terbaik untuk melindungi kulit Anda adalah dengan memilih pelembab siang hari yang mengandung SPF dengan spektrum luas dan selalu mengaplikasikannya pada kulit yang bersih.

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

3. Tidak membersihkan kacamata Anda

perempuan berkacamata
Perbesar
ilustrasi perempuan berkacamata/Photo by Marcelo Chagas from Pexels

Jika Anda sering mendapatkan jerawat di sekitar kacamata, kemungkinan besar Anda lupa membersihkan bingkai kacamata. Dokter merekomendasikan untuk mengidentifikasi area masalah Anda untuk jerawat, seperti pangkal hidung, dan membersihkan bagian bingkai Anda sekali sehari.

Kacamata Anda juga mungkin terlalu ketat dan bisa menghalangi pori-pori Anda dengan mendorong sel kulit mati kembali ke dalam pori-pori. Menyesuaikan ukuran kacamata Anda dapat membantu mencegah pori-pori tersumbat.

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

4. Terlalu sering mencuci muka

Terlalu Sering Mencuci Muka
Perbesar
Ilustrasi Mencuci Wajah Credit: unsplash.com/Kat

Membersihkan kulit Anda adalah langkah penting dalam melawan dan mencegah jerawat, tetapi mencucinya berlebihan bisa berakibat sebaliknya. Ahli kulit percaya bahwa terlalu banyak membersihkan kulit dapat mengganggu keseimbangan pH di kulit wajah.

Menggunakan terlalu banyak produk yang dirancang untuk membantu mengeringkan minyak berlebih justru dapat membuat kulit Anda kering secara berlebihan dan menyebabkan kelenjar minyak menghasilkan lebih banyak minyak dan lebih banyak jerawat.

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

5. Menggunakan terlalu banyak macam produk rambut

Nggak Perlu ke Salon, Rambut Lepek Teratasi dengan Racikan Alami
Perbesar
Ilustrasi rambut lepek. (Sumber: skincareof.com)

Beberapa produk perawatan rambut yang membantu Anda menghaluskan rambut juga dapat menyebabkan Anda berjerawat. Sampo, kondisioner, dan produk penata rambut dapat menyebabkan berbagai jenis jerawat di sepanjang garis rambut dan di dahi.

Jika produk ini mengenai wajah Anda, produk tersebut dapat menyumbat pori-pori dan mengiritasi kulit Anda.

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

6. Membasuh wajah saat mandi

Ilustrasi Mandi
Perbesar
Ilustrasi mandi (dok. Pixabay.com/Putu Elmira)

Saat mandi, orang biasanya menggunakan air yang terlalu panas untuk kulitnya. Air panas sangat mengiritasi kulit kita dan dapat merusak pelindung kulit.

Itu juga dapat melarutkan dan membersihkan minyak alami pada kulit sehingga membuatnya kering dan teriritasi.

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

7. Tidak bersih-bersih setelah berolahraga

[Fimela] olahtraga
Perbesar
ilustrasi olahraga di gym | unsplash.com/@yellowteapot

Melewatkan mandi secara teratur setelah berolahraga dapat membuat Anda berjerawat. Bakteri di kulit akibat keringat dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan munculnya jerawat.

Dokter kulit merekomendasikan untuk mandi segera setelah berolahraga untuk menghilangkan keringat, minyak, dan kotoran yang mungkin menumpuk.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓