10 Besar Negara Kepulauan di Dunia, Indonesia Peringkat ke Berapa?

Oleh Tanti Yulianingsih pada 08 Okt 2020, 06:01 WIB
Diperbarui 08 Okt 2020, 06:01 WIB
Ilustrasi Pulau dan Negara Kepulauan. (Foto: © Pexels/Pixabay)
Perbesar
Ilustrasi Pulau dan Negara Kepulauan. (Foto: © Pexels/Pixabay)

Liputan6.com, Jakarta - Ada ratusan ribu pulau di seantero dunia. Pulau dapat diiklasifikasikan sebagai daratan secara permanen di atas air, namun tak diidentifikasi sebagai benua seperti Australia.

Pulau terbesar di dunia adalah Greenland. Kendati demikian, ada negara yang sebagian besar atau seluruhnya terdiri dari kepulauan — rantai, gugusan, atau kumpulan pulau.

Dalam beberapa kasus, seperti Norwegia dan Swedia, jumlah pulaunya bisa mencapai lebih dari 200.000 di dalam perbatasan negara.

Siapakah pemilik pulau terbanyak di dunia? Sejumlah di antaranya berasal dari Asia, termasuk Indonesia. Berikut daftar selengkapnya seperti dikutip dari WorldsAtlas, Rabu 7 Oktober 2020:

1. Swedia - 267.570 Pulau

Ilustrasi Bendera Swedia (iStockphoto via Google Images)

Satu di antara negara paling utara di Bumi, Swedia memiliki 221.831 pulau, sekitar 24.000 di antaranya terbuka untuk umum melalui kebijakan Hak Akses Publik negara, yang memungkinkan siapa saja untuk mendaki melalui hutan dan ladang yang subur, dan mencari makan buah beri atau jamur tanpa bertanya kepada pemilik tanah. Izin, selama mereka menunjukkan rasa hormat terhadap lingkungan alam dan properti pribadi.

Swedia memang negara dengan pulau terbanyak di dunia. Hanya saja, kurang dari 1.000 di antaranya yang berpenghuni.

Ribuan pulau di negara ini dapat ditemukan sebagian besar di sepanjang garis pantai timurnya dari ujung utara ke selatan, dengan beberapa juga terletak di lepas pantai barat Swedia. Yang paling terkenal adalah Kepulauan Stockholm. Terdiri dari hampir 30.000 pulau, pulau kecil, dan bebatuan antara Öregrund di utara dan Landsort di selatan.

Kepulauan Gothenburg berbaris di pantai barat bersama dengan Kepulauan Bohuslän, yang terdiri dari lebih dari 8.000 pulau dan pulau kecil dan telah digolongkan sebagai kawasan hutan belantara alam terindah ketujuh di dunia oleh CNN Travel.

 

2 dari 12 halaman

2. Norwegia - 239.057 Pulau

Bendera Norwegia.
Perbesar
Bendera Norwegia. (Pixabay)

Norwegia terkenal dengan ratusan ribu pulau, yang paling terkenal di antaranya adalah Kepulauan Lofoten yang bertebaran di Laut Norwegia, di atas Lingkaran Arktik.

Kepulauan Lofoten telah disertifikasi sebagai destinasi berkelanjutan, yaitu sebutan yang diberikan kepada tempat-tempat yang mengurangi dampak negatif pariwisata dengan melestarikan lingkungan alam dan budaya, memperkuat nilai-nilai sosial dan vitalitas ekonomi.

Kepulauan Lofoten memiliki iklim yang lebih sejuk daripada daerah lain yang masuk ke Lingkaran Arktik, meskipun perairan laut bergolak yang mereka tinggali, karena Arus Teluk. Dikenal karena peluang memancing yang luas, matahari tengah malam selama musim panas dan cahaya utara selama bulan-bulan musim dingin, Kepulauan Lofoten telah menjadi daya tarik bagi wisatawan dan seniman, membawa inspirasi bagi para pelancong, pelukis, penyair, fotografer, dan penulis. 

Banyak pulau juga ditemukan di Fyord Barat, wilayah Norwegia yang ditandai dengan lembah yang dalam, bukit curam, sungai, air terjun, dan pulau yang tak terhitung jumlahnya dengan fitur topografi yang terjal. Begitu pula dataran rendah Norwegia yang dikenal sebagai Pantai Selatan, juga merupakan rumah bagi beberapa pulau kecil.

3 dari 12 halaman

3. Finlandia - 178.947 Pulau

Ilustrasi bendera Finlandia (AFP Photo)
Perbesar
Ilustrasi bendera Finlandia (AFP Photo)

Seperti negara tetangganya Swedia dan Norwegia, Finlandia terdiri dari sejumlah besar pulau berbatu di lepas pantainya, dengan total 178.947, dengan banyak di wilayah Kepulauan Finlandia membentang dari pantai barat daya negara itu ke Laut Baltik.

Kepulauan Finlandia termasuk Kepulauan Aland, di pintu masuk ke Teluk Bothnia. Kepemilikan pulau-pulau itu dipertanyakan setelah Perang Dunia Pertama, ketika Finlandia dan Swedia mengklaim Alands, dengan Swedia mengklaim bahwa pulau-pulau itu secara budaya lebih Swedia daripada Finlandia.

Namun, Liga Bangsa-Bangsa menyatakan Kepulauan Aland sebagai bagian dari Finlandia pada tahun 1921, menyatakan bahwa pulau-pulau itu secara fisik terkait dengan Finlandia pada bulan-bulan musim dingin oleh air laut yang membeku dan dengan demikian penting untuk garis pertahanan negara.

4 dari 12 halaman

4. Kanada - 52.455 Pulau

Ilustrasi bendera Kanada (AFP/Geoff Robins)
Perbesar
Ilustrasi bendera Kanada (AFP/Geoff Robins)

Sebagai negara terbesar kedua berdasarkan luas daratan di hanya di bawah 3.860.000 mil persegi (10 juta km persegi), Kanada menawarkan total 52.455 pulau di Samudra Arktik, Pasifik dan Atlantik, yang membantu mempertanggungjawabkan statusnya sebagai negara dengan wilayah terpanjang. garis pantai di dunia. Dari pulau-pulaunya, tiga peringkat dalam 10 besar terbesar di dunia: Pulau Baffin, Pulau Ellesmere, dan Pulau Victoria, semuanya merupakan bagian dari Kepulauan Arktik.

Kepulauan Arktik terletak di utara negara itu, di Samudra Arktik, dan terdiri dari area seluas lebih dari 550.000 mil persegi (1,4 juta km persegi). Di sebelah tenggara, daratan ini merupakan perpanjangan dari Perisai Kanada, salah satu perisai benua terbesar di dunia; di selatan mereka adalah bagian dari dataran rendah Arktik dan di utara pulau-pulau itu merupakan bagian dari Pegunungan Innuitian.

5 dari 12 halaman

5. Amerika Serikat - 18.617 Pulau

Ilustrasi Amerika Serikat
Perbesar
Ilustrasi Amerika Serikat (AP)

Amerika Serikat mengklaim kepemilikan atas 18.617 pulau, termasuk lokal terkenal seperti Kepulauan Hawaii, dan data sensus dikumpulkan dari beberapa wilayah pulau tersebut serta 50 negara bagiannya dan District of Columbia.

Pulau-pulau ini termasuk Puerto Rico, Kepulauan Virgin AS, Guam, Samoa Amerika, dan Persemakmuran Kepulauan Mariana Utara. Beberapa wilayah pulau yang lebih kecil juga termasuk, seperti Kepulauan Corn, Pulau Navassa, Bank Quita Sueño, Roncador Cay, dan Serrana Bank, Pulau Baker, Howland, dan Jarvis, Kepulauan Canton dan Enderbury, Atol Johnston, Kingman Reef, The Midway Islands , Palmyra Atoll, dan Pulau Wake.

Alaska sendiri mencakup lebih dari 2.600 pulau.

Puerto Rico pertama kali dihitung pada tahun 1899, diikuti oleh Kepulauan Virgin pada tahun 1917, dengan program sensus ekonomi yang dilaksanakan masing-masing pada tahun 1963 dan 1958. Pulau Wake memiliki sejarah yang terkenal, menjadi bagian integral dari peran yang dimainkannya selama Perang Dunia II. Itu berada di bawah kepemilikan Amerika pada tahun 1898, dilaporkan dihuni dalam sensus AS tahun 1950 dan telah dikelola oleh Angkatan Udara AS sejak 1962.

 

6 dari 12 halaman

6. Indonesia - 17.504 Pulau

[Fimela] Ilustrasi Bendera Indonesia
Perbesar
Ilustrasi Bendera Indonesia | dok. pexels.com/@diohasbi

Indonesia, yang dikenal sebagai negara terpadat keempat di dunia, memiliki sekitar 17.504 pulau di tempat yang dikenal sebagai negara kepulauan tunggal terbesar di dunia. Kepulauan Indonesia terdiri dari lima pulau besar dan 30 kelompok pulau dan pulau kecil, dengan sekitar 6.000 pulau dihuni.

Pulau-pulau di Indonesia terletak di garis khatulistiwa dan menjadi persimpangan antara Samudra Pasifik dan Hindia.

Pulau yang paling padat penduduknya adalah Jawa, yang ukurannya kira-kira sama dengan Negara Bagian New York dan terdiri dari sekitar 130 juta orang, 60% dari populasi Indonesia. Pulau Sumatera jauh lebih besar tetapi hanya berisi sekitar sepertiga dari populasi negara. Pulau utama lainnya termasuk Kalimantan (Borneo Indonesia), Sulawesi, dan bagian Indonesia dari New Guinea — dikenal sebagai Papua atau Irian Jaya.

Pulau-pulau tersebut sebagian besar bergunung-gunung dan mencakup sekitar 400 gunung berapi yang diketahui, di mana sekitar 100 di antaranya aktif.

 

7 dari 12 halaman

7. Australia - 8.222 Pulau

Bendera negara Australia - AFP
Perbesar
Bendera negara Australia - AFP

Meskipun secara teknis merupakan sebuah benua dan tidak dianggap sebagai pulau itu sendiri, namun Australia dan wilayah sekitarnya terdiri dari sekitar 8.222 pulau di Samudra Pasifik. Australia sendiri mendominasi pulau-pulau di sekitar pinggiran pantainya, yang ukurannya bervariasi mulai dari bebatuan kecil yang tidak tertutup air saat air pasang hingga beberapa yang berukuran dua kali Wilayah Ibu Kota Australia, yang terdiri dari Canberra dan kota-kota sekitarnya.

Salah satu pulau tersebut adalah Pulau Fraser, 124 mil (200 km) utara Brisbane di Queensland, yang merupakan pulau pasir terbesar di dunia.

Di wilayah eksternalnya, Australia mengklaim banyak pulau besar di Pasifik, Hindia, dan Samudra Selatan serta Laut Koral dan Timor. Di antara pulau-pulau samudra adalah Pulau Christmas yang terkenal, terisolasi di Samudra Hindia, di mana daratan terdekatnya adalah Jawa, Indonesia, 217 mil (350 km) ke utara.

8 dari 12 halaman

8. Filipina - 7.641 Pulau

Ilustrasi bendera Filipina (AFP/Noel Cells)
Perbesar
Ilustrasi bendera Filipina (AFP/Noel Cells)

Filipina adalah salah satu negara kepulauan paling terkenal, terdiri dari 7.641 pulau di tenggara daratan Asia antara Taiwan dan Kalimantan. Pulau-pulau tersebut dibagi menjadi tiga zona: Luzon di utara, Visayas di wilayah tengah, dan Mindanao di selatan.

Luzon adalah pulau terbesar dan mengklaim ibu kotanya, Manila, sedangkan Visayas lebih dikenal karena pantai dan teluknya, dan Mindanao ditutupi hutan yang rimbun. Bersama-sama, Filipina membentuk luas daratan sekitar 115.830 mil persegi (300.000 km persegi), di mana sekitar 772 mil persegi (2.000 km persegi) terdiri dari air.

 

9 dari 12 halaman

9. Jepang - 6.852 Pulau

Ilustrasi bendera Jepang (AFP/Toru Yamanaka)
Perbesar
Ilustrasi bendera Jepang (AFP/Toru Yamanaka)

Seperti Filipina dan Indonesia, negara Jepang adalah negara kepulauan, terdiri dari 6.852 pulau di Samudra Pasifik dengan empat daratan utama adalah Hokkaido, Honshu, Shikoku, dan Kyushu. Hampir empat perlima dari topografi pulau adalah pegunungan, dengan Pegunungan Alpen Jepang mengalir di tengah Honshu termasuk Gunung Fuji yang terkenal, gunung berapi berbentuk kerucut yang dianggap sakral oleh banyak orang Jepang.

Kepulauan Ryukyu membentang sekitar 603 mil (970 km) selatan Kyushu dan terdiri dari lebih dari 200 pulau kecil yang hampir mencapai Taiwan. Jauh di tenggara ada Iwo Jima dan kelompok yang disebut sebagai Kepulauan Bonin (atau Kepulauan Ogasawara).

 

10 dari 12 halaman

10. Chili - 5.000 Pulau

Chili, negara dengan kesenjangan ekonomi terparah di dunia 4
Perbesar
Chili, negara dengan kesenjangan ekonomi terparah di dunia (Foto: the-dissentient.com)

Rumah bagi setidaknya 5.000 pulau, Chile dikenal dengan Pulau Robinson Crusoe, satu-satunya pulau berpenghuni di Kepulauan Juan Fernández dengan populasi sekitar 700. Sebagian besar nusantara dipenuhi dengan flora dan fauna yang kaya daripada orang, yang meminjamkan pulau-pulau itu kepada spesies tumbuhan yang jarang ada di tempat lain. Pulau Chile, seperti Chiloé, terkenal dengan perikanan dan pertanian yang kaya.

Tierra del Fuego (Tanah Api), dinamai demikian oleh Magellan karena banyaknya api yang dinyalakan oleh penduduk pulau saat ia mendekat pada tahun 1520, terdiri dari ribuan pulau, dan Islas Desventuradas adalah sekelompok kecil pulau samudra sekitar 530 mil (850 km) dari daratan Chile, dicirikan sebagai daerah vulkanik.

Pulau biasanya mengadopsi budaya dan keanekaragaman hayati yang berbeda, yang mengarah pada variasi eksotis baik dalam masyarakat manusia maupun flora dan fauna yang mengelilinginya. Satu pulau dapat terlihat dan terasa sangat berbeda dari tetangganya! Keragaman ini berkontribusi pada eklektisisme kehidupan manusia yang dapat ditemukan dengan menjelajahi planet yang luas dan indah ini.

11 dari 12 halaman

Daftar 50 Negara Pemilik Pulau Terbanyak

Wakatobi
Perbesar
Sejumlah spot wisata pantai menarik di Wakatobi, banyak diantaranya terdapat di Pulau Wangi-wangi dan Kaledupa. Foto: (Akbar Fua/Liputan6.com)

1. Swedia 267.570 pulau

2. Norwegia 239.057 pulau

3. Finlandia 178.947 pulau

4. Kanada 52.455 pulau

5. Amerika Serikat 18.6176 pulau

6. Indonesia 17.5047 pulau

7. Australia 8,2228 pulau

8. Filipina 7.6.419 pulau

9. Jepang 6.852 pulau

10. Chili 5.000 pulau

11. Cina 5.000 pulau

12 Korea Selatan 4.400 pulau

13. Kuba 4.195 pulau

14. Vietnam 4.000 pulau

15. Korea Utara 3.579 pulau

16. Yunani 3.054 pulau

17. Estonia 1.520 pulau

18. Thailand 1.430 pulau

19. Denmark 1.419 pulau

20. Papua Nugini 1.400 pulau

21. Arab Saudi 1.285 pulau

22. Kroasia 1.246 pulau

23. India 1.200 pulau

24. Maladewa 1.196 pulau

25. Kepulauan Marshall 1.156 pulau

26. Inggris Raya 1.000 pulau

27. Burma 1.000 pulau

28. Kepulauan Solomon 900 pulau

29. Malaysia 878 pulau

30. Greenland 800 pulau

31. Kepulauan Falkland 778 pulau

32. Uni Emirat Arab 700 pulau

33. Bahamas 700 pulau

34. Mikronesia 607 pulau

35. Selandia Baru 600 pulau

36. Turki 50 pulau

37. Belize 450 pulau

38. Venezuela 418 pulau

39. Svalbard 400 pulau

40. Eritrea 354 pulau

41. Palau 340 pulau

42. Fiji 330 pulau

43. Turks dan Caicos 307 pulau

44. Irlandia 270 pulau

45. Kolombia 270 pulau

46. ​​Hong Kong 263 pulau

47. Yaman 220 pulau

48. Italia 210 pulau

49. Bermuda 181 pulau

50. Tonga 169 pulau

 

Reporter : Romanauli Debora

12 dari 12 halaman

Video Pilihan

Lanjutkan Membaca ↓